Beri Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, Mendagri Dorong Penguatan Desa sebagai Sentra Ekonomi Baru
Mendagri Beri penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dalam acara Temu Karya dan Penghargaan Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi di Denpasar, Bali, Selasa (8/10). (Istimewa)
00:16
9 Oktober 2024

Beri Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, Mendagri Dorong Penguatan Desa sebagai Sentra Ekonomi Baru

–Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha kepada gubernur, bupati/wali kota yang dinilai komitmen memajukan desa dan kelurahan. Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada tujuh gubernur, tiga bupati, dan lima wali kota.

Upakarya Wanua Nugraha sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada gubernur, bupati dan wali kota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional.

”Ini adalah momen kita berkontemplasi, melakukan perenungan dan evaluasi tentang hasil kerja khususnya di tingkat desa dan kelurahan. Sesuai dengan prinsip manajemen yang baik bahwa memberikan reward dan punishment yang merupakan prinsip dasar,” kata Tito seperti dilansir dari Antara.

Mendagri menegaskan, penguatan desa perlu dilakukan untuk mencegah urbanisasi. Pasalnya, ketika terjadi urbanisasi akan menimbulkan permasalahan lain yang lebih berat seperti demografi penduduk yang tak seimbang.

”Bukan bupati, bukan wali kota, bukan gubernur, bukan Menteri Dalam Negeri, tapi kepala desa dan lurah yang berhadapan langsung dengan masyarakat, di garis depan yang bertemu langsung, dan mengetahui persoalan,” ujar Tito.

Dengan berbagai dukungan pemerintah, Mendagri berharap desa tidak hanya menjadi sentra ekonomi baru. Namun, desa juga mampu menciptakan lapangan kerja, berkontribusi dalam pembangunan, dan mendukung visi Indonesia Emas 2045. Untuk mewujudkannya, kepala desa perlu memiliki kemampuan, termasuk wirausaha (entrepreneurship) yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Tito Karnavian mengajak para kepala daerah untuk berpikir jauh lebih besar lebih dari sekadar acara seremonial penghargaan tersebut yakni strategi menuju Indonesia Emas 2045. Indonesia Emas tidak hanya sekadar jargon, tetapi sesuatu yang sangat mungkin terjadi di Indonesia.

Gubernur yang mendapatkan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha yakni Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Gubernur Provinsi Lampung, Gubernur Provinsi Banten, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Dalam kategori Bupati/Wali Kota, penghargaan diberikan kepada Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Kotawaringin Barat, Bupati Lombok Tengah, Wali Kota Metro, Wali Kota Tangerang, Wali Kota Batu, Wali Kota Makassar, dan Wali Kota Mataram.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #beri #penghargaan #upakarya #wanua #nugraha #mendagri #dorong #penguatan #desa #sebagai #sentra #ekonomi #baru

KOMENTAR