Badan Karantina Indonesia Wacanakan Bangun Pelabuhan Swasta di Banyuwangi, Ketua Barantina Beri Penjelasan
Kepala Badan Karantina Indonesia Sahat Manaor Panggabean saat melakukan kunjungan dinas ke Banyuwangi dan bertemu Bupati Ipuk Fiestiandani pada Jumat (26/1). (Humas Badan Karantina Indonesia/ANTARA)
07:56
27 Januari 2024

Badan Karantina Indonesia Wacanakan Bangun Pelabuhan Swasta di Banyuwangi, Ketua Barantina Beri Penjelasan

– Ketua Badan Karantina Indonesia (Barantin) Sahat Manaor Panggabean, memberikan pernyataan bahwa pihaknya akan segera membangun pelabuhan swasta di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pelabuhan swasta itu akan dilengkapi dengan fasilitas Instalasi Karantina Hewan (IKH) ruminansia sebagai bentuk mitigasi penyakit hewan pada saat proses masuk di Indonesia.

Ia menyampaikan pernyataan itu dalam kunjungan kedinasan ke Banyuwangi pada Jumat (26/1).

Dilansir dari Kantor Berita ANTARA, Sabtu (27/1), pembangunan pelabuhan swasta itu dirasa penting karena menurutnya saat ini pemerintah hanya mempunyai satu pelabuhan laut di Pulau Jawa dengan fasilitas IKH ruminansia tempat sandar kapal sapi di Pelabuhan Cilacap, Jawa Tengah.   

“Dalam catatan kami ada sekitar 180.000 ekor sapi yang masuk Pulau Jawa dari luar negeri per tahunnya. Sementara pemerintah hanya memiliki pelabuhan laut berfasilitas IKH ruminansia tempat sandar kapal sapi di Pelabuhan Cilacap” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa proses pembangunan pelabuhan itu akan melibatkan pihak swasta. Menurutnya pihak swasta boleh dilibatkan karena tidak mungkin proses pembangunan nasional hanya dilakukan menggunakan dana APBN.

Selain itu ia menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi pihak swasta yang mau terlibat dan berkontribusi dalam pembangunan sarana dan prasarana sistem perkarantinaan yang sesuai regulasi di Indonesia.  

“Pembangunan nasional akan berjalan cepat ketika pemerintah dan pihak swasta dapat berkolaborasi dengan baik sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku” kata dia.

Sementara itu, dalam kunjungan kedinasan ke Banyuwangi pihak Barantin disambut oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beserta jajarannya.

Mereka bersama meninjau IKH sapi perah milik PT Rojokoyo yang mempunyai kapasitas produksi 12.000 ton per hari.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi menyambut baik usulan dari Ketua Barantin untuk membangun pelabuhan laut swasta di wilayahnya.

Ia sangat mengapresiasi usulan proyek pembangunan yang pasti akan meningkatkan perekonomian nasional tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Banyuwangi siap mendukung pembangunan pelabuhan swasta sekaligus fasilitas IKH ruminansia yang dapat meningkatkan perekonomian nasional khususnya di wilayah Banyuwangi” kata Ipuk.

***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #badan #karantina #indonesia #wacanakan #bangun #pelabuhan #swasta #banyuwangi #ketua #barantina #beri #penjelasan

KOMENTAR