Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI Besok, Mabes TNI Pastikan Masyarakat Boleh Saksikan dari Dekat
Ribuan pasukan TNI berjejer rapi dalam gladi bersih jelang acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu (5/10). (Puspen TNI)
09:24
4 Oktober 2024

Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI Besok, Mabes TNI Pastikan Masyarakat Boleh Saksikan dari Dekat

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI. Baik secara langsung maupun melalui layar kaca. Khusus yang datang secara langsung ke Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Mabes TNI menyiapkan tempat khusus untuk masyarakat di sebelah kanan pasukan. 

Hariyanto menegaskan bahwa TNI tidak berdiri sendiri. Karena itu, acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI pada Sabtu, 5 Oktober 2024, boleh disaksikan oleh masyarakat dari jarak dekat. ”TNI tidak berdiri sendiri, TNI bersama masyarakat. Ini adalah pesta TNI dan masyarakat,” kata jenderal bintang dua TNI AD itu.

Dia mengungkapkan bahwa unjuk kemampuan dan kekuatan TNI dalam acara tersebut juga merupakan wujud tanggung jawab mereka kepada masyarakat Indonesia. 

Bahwa TNI bekerja keras untuk menjaga kedaulatan bangsa, negara, dan seluruh tumpah darah Indonesia. Hariyanto menyampaikan bahwa sejak awal, TNI sudah membolehkan masyarakat datang langsung ke Lapangan Silang Monas. Melihat gladi kotor, gladi bersih, bahkan menaiki alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. ”Jadi sudah dilihatkan bahwa demonstrasi (alutsista), masyarakat ikut bersama-sama, dadah dadah, masyarakat semua boleh masuk,” kata dia. 

Bahkan ketika pemeriksaan pasukan nanti dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Hariyanto menyatakan bahwa masyarakat yang datang secara langsung ke Lapangan Silang Monas boleh melambaikan tangan kepada Presiden Jokowi.

”Pada saat pemeriksaan pasukan, pasukan ini tergelar di seluruh Bundaran Monas. Itu di sebelah kanannya masyarakat boleh mendekat. Boleh dadah-dadah sama Pak Presiden. Semua keliling di sini adalah masyarakat,” terang dia. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #acara #puncak #peringatan #besok #mabes #pastikan #masyarakat #boleh #saksikan #dari #dekat

KOMENTAR