Suruh Santri Mandi dan Sholat Duha, Tak Dihiraukan, Oknum Lempar Kayu, Santrinya Meninggal
Ilustrasi mayat (Dimas Pradipta/JawaPos.com)
10:08
28 September 2024

Suruh Santri Mandi dan Sholat Duha, Tak Dihiraukan, Oknum Lempar Kayu, Santrinya Meninggal

 - Kekerasan di sebuah pondok pesantren (ponpes) kembali terjadi. Kali ini seorang santri yang masih di bawah umur di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, harus kehilangan nyawa. Diduga, anak itu meninggal setelah dilempar kayu berpaku oleh ustadnya.

Plt Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Blitar Syaikhul Munib menyatakan, pihaknya meminta keterangan pihak ponpes terkait. Diketahui, peristiwa nahas tersebut terjadi sekitar pukul 06.00, Minggu (15/9) lalu.

Insiden tersebut terjadi di lingkungan salah satu ponpes dan di luar jam sekolah. Saat itu, santri berinisial K bersama temannya diminta untuk mandi dan salat Duha, tapi korban tidak menghiraukan arahan tersebut.

Pengajar tampaknya emosi, yang membuat dia melempar kayu ke arah santri. Tak disangka, ternyata pada kayu itu tertancap paku yang diduga mengenai kepala belakang korban. "Tindakan ustad atau pengajar melempar kayu kepada santri itu tidak dibenarkan. Kami harap kejadian ini tidak terjadi lagi," ujar Munib saat ditemui Radar Blitar (27/9).

Kasihumas Polres Blitar Kota Iptu Samsul Anwar mengatakan, korban sempat dibawa ke RSKK untuk dilakukan tindakan medis. Namun, pihak rumah sakit tidak berani melakukan operasi karena kepala korban mengalami pendarahan hebat. Korban pun meninggal dunia.

Polres Blitar Kota kini tengah melakukan penyelidikan terhadap terduga pelaku dan saksi. Termasuk masih menunggu pihak keluarga korban. Belum ada perwakilan yang hadir. ’’Korban hanya tinggal dengan neneknya karena bapak dan ibunya bekerja di luar negeri dan tidak bisa dihubungi,’’ ujar Samsul. (jar/ady/c6/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #suruh #santri #mandi #sholat #duha #dihiraukan #oknum #lempar #kayu #santrinya #meninggal

KOMENTAR