Sosok Yuli Hastuti, Bupati Termiskin di Indonesia: Tak Punya Tanah dan Rumah Pribadi, Total Kekayaan Cuma Rp 367 Juta
Yuli Hastuti. [Dok.Istimewa]
15:08
26 September 2024

Sosok Yuli Hastuti, Bupati Termiskin di Indonesia: Tak Punya Tanah dan Rumah Pribadi, Total Kekayaan Cuma Rp 367 Juta

Nama Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, tengah menjadi sorotan setelah disebut sebagai bupati termiskin di Indonesia. Berdasarkan laporan harta kekayaannya yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 31 Januari 2024, Yuli hanya memiliki kekayaan sebesar Rp 367 juta.

Menariknya lagi, Yuli tidak memiliki tanah atau rumah pribadi atas namanya sendiri. "Jabatan bupati bagi saya adalah untuk mengabdi, seperti pesan dari almarhum suami saya," ujar Yuli, dikutip dari sumber pemberitaan media online.

Yuli merupakan istri dari mantan Bupati Purworejo, Kelik Sumrahadi. Dia resmi dilantik sebagai Bupati Purworejo pada 13 Desember 2023. Dia mengaku tidak pernah merasa minder dengan kondisi tersebut. Ia menegaskan bahwa pengabdian lebih penting daripada kekayaan.

Yuli Hastuti juga menegaskan bahwa keberhasilan dalam memimpin tidak ditentukan oleh kekayaan. Ia mengaku tinggal di rumah keluarga suaminya di Desa Grabag, rumah yang dibangun sejak tahun 1800-an.

“Rumah itu adalah warisan keluarga almarhum, dulunya beratap damen, sekarang sudah genteng," jelasnya.

Dalam kehidupan sehari-harinya, Yuli sering meminjam mobil anaknya ketika tidak menggunakan mobil dinas. Berdasarkan laporan kekayaannya, Yuli hanya memiliki satu motor Suzuki Skywave 2010 senilai Rp 3 juta dan sebuah Toyota Innova 2018 seharga Rp 250 juta. Kondisi ini membuatnya disebut sebagai bupati termiskin di Indonesia.

Selain kendaraan, harta kekayaan Yuli Hastuti juga mencakup kas dan setara kas sebesar Rp 49 juta serta harta bergerak lainnya senilai Rp 26,3 juta. Yuli juga tidak memiliki hutang yang tercatat dalam laporan kekayaannya.

Sebelum menjadi bupati, Yuli menjabat sebagai Ketua DPRD Purworejo periode 1999-2014 dan Wakil Bupati Purworejo selama dua periode dari 2016 hingga 2023.

Meskipun dikenal sebagai bupati termiskin, Yuli tetap yakin bahwa pengabdiannya kepada masyarakat adalah hal terpenting dalam hidupnya. Yuli juga diketahui akan mengambil cuti dari jabatannya sebagai bupati pada 25 September 2024 untuk fokus pada Pilkada Purworejo 2024. Selama cuti, ia akan kembali ke rumah keluarganya di Grabag.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #sosok #yuli #hastuti #bupati #termiskin #indonesia #punya #tanah #rumah #pribadi #total #kekayaan #cuma #juta

KOMENTAR