Hasil Klarifikasi Kaesang Numpang Jet Pribadi, Ketua KPK: Nggak Penting Amat Pimpinan Umumkan Itu
Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango. (Suara.com/Dea)
18:56
25 September 2024

Hasil Klarifikasi Kaesang Numpang Jet Pribadi, Ketua KPK: Nggak Penting Amat Pimpinan Umumkan Itu

Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyebut pimpinan tak perlu menyampaikan hasil analisis Direktorat Gratifikasi KPK terhadap klarifikasi dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi Kaesang Pangarep.

Dia menyatakan hasil klarifikasi tersebut sebaiknya disampaikan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

"Biarlah deputi pencegahan, biar menjadi pekerjaan Pak Deputi Pencegahan yang memang meng-handle urusan itu,” katanya di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2024).

Dia juga menyebut bahwa hasil analisis terhadap klarifikasi Kaesang itu tidak penting untuk disampaikan pimpinan KPK.

Baca Juga: KPK Rampungkan Analisis Klarifikasi Kasus Jet Pribadi Kaesang, Apa Hasilnya?

"Pimpinan nggak penting-penting amat lah harus mengumumkan yang seperti itu, di Kedeputian Pencegahan saja, sebelumnya kan beliau sering ngomong ini,” katanya.

Alih-alih menjawab pertanyaan publik soal dugaan gratifikasi putra bungsu Presiden Joko Widodo, KPK justru saling melempar tanggung jawab untuk bicara tentang hasil analisis dari klarifikasi Kaesang.

Sebelumnya, Nawawi menyebut belum ada rencana mengumumkan hasil analisa pengunaan jet pribadi Kaesang.

"Siapa yang beritahu akan diumumkan? Coba kroscek aja langsung ke deputi pencegahannya gitu," kata Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).

Dia justru menyerahkan kesempatan bicara kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Baca Juga: KPK Bantah Ada Konflik Internal soal Penyampaian Hasil Analisis Klarifikasi Jet Pribadi Kaesang

"Dari pencegahan aja, dia yang bikin, ya dia yang umumkan," ujar Nawawi.

Padahal, Pahala menyatakan sudah melaporkan hasil analisis dari klarifikasi yang disampaikan Kaesang kepada pimpinan KPK. Menurut Pahala, hasil analisis tersebut akan diumumkan oleh pimpinan KPK.

“Sudah selesai analisanya. Sudah dikirimkan ke pimpinan untuk diputuskan dan diumumkan,” kata Pahala kepada Suara.com, Senin (23/9/2024).

Sebelumnya, Kaesang mengklaim kehadirannya di KPK atas inisiatif sendiri untuk melakukan klarifikasi dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi.

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," tambah dia.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #hasil #klarifikasi #kaesang #numpang #pribadi #ketua #nggak #penting #amat #pimpinan #umumkan

KOMENTAR