Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Mulai Proposal TPNPB-OPM sampai Tudingan Egianus Kogoya Terima Suap
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens ketika tiba di Timika setelah dibebaskan dari tangan OPM. (Dispenad)
12:56
23 September 2024

Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Mulai Proposal TPNPB-OPM sampai Tudingan Egianus Kogoya Terima Suap

 

- Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sudah bebas dari tangan Organisasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Egianus Kogoya. Dia dijemput dari Nduga kemudian diterbangkan ke Timika dan Jakarta pada Sabtu lalu (21/9).

Sebelum Philip bebas, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambon sempat mengungkap proposal dan surat terbuka. Kini dia menuding Egianus menerima suap.

Pada Selasa (17/9) Egianus mengungkap proposal yang dibuat oleh TPNPB-OPM untuk membebaskan Philip. Dalam proposal tersebut turut disertakan simulasi proses pembebasan dan penyerahan pilot.

Lewat proposal yang sama, mereka mengajukan beberapa syarat. Total ada delapan poin syarat yang diajukan oleh OPM. Belakangan, Sebby menyatakan bahwa pembebasan Philip tidak sesuai dengan proposal yang mereka tawarkan.

”Dan itu kebodohan dan kesalahan Egianus Kogoya dan kelompoknya. Maka kami TPNPB Markas Pusat tidak tertarik dan tidak akan mengakui kepada TPNBP yang terima uang suap kepentingan politik pilkada Nduga,” tuding Sebby.

Beberapa jam sebelum Philip bebas pada Sabtu (21/9), kepada publik Sebby mengungkap surat terbuka. Menurut dia, surat terbuka itu dibuat dalam rangka meminta dukungan untuk membebaskan Philip. Surat itu ditujukan kepada Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

”Permohonan dukungan dan fasilitasi dalam proses pembebasan dan serah terima pilot (asal) Selandia Baru, tuan Phillip Mehrtens,” tulis Sebby.

Melalui surat tersebut, TPNPB-OPM menyatakan bahwa membebaskan Philip sudah menjadi komitmen mereka. Keinginan itu muncul setelah Philip menjadi sandera mereka sejak 7 Februari 2023. Lebih kurang satu tahun tujuh bulan pilot Susi Air itu berada di hutan bersama Egianus Kogoya dan anak buanya.

”Seperti yang anda ingat, pada 17 September 2024, TPNPB menerbitkan proposal terperinci untuk pembebasan dan penyerahan Mehrtens,” kata dia.

Hari itu, Philip bebas. Berdasar keterangan dari Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Letjen TNI Bambang Trisnohadi, Philip mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Timika pada pukul 11.36 WIT.

Setelah melalui rangkaian protokol pemeriksaan kesehatan, Philip langsung diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat angkut milik TNI AU. Sabtu malam, dia sudah diserahkan oleh Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Selandia Baru. 

Tudingan Egianus Kogoya dan kelompoknya menerima suap disampaikan oleh juru bicara TPNPB-OPM di hari yang sama. ”Egianus Kogoya dan kelompoknya mengkhianati TPNPB Komando Nasional,” ujar Sebby. 

Keterangan itu disampaikan oleh Sebby beberapa jam setelah Philip dinyatakan bebas dari tangan OPM.

”Egianus Kogeya dan kelompoknya terima uang suap dari TNI-Polri dan mengkhianati TPNPB Komando Nasional di 35 Komando Wilayah Pertahanan,” ungkap dia. Tindakan Egianus, kata Sebby, menunjukkan bahwa kelompok yang biasa beroperasi di wilayah Nduga itu merupakan kelompok kriminal.

Menurut Sebby, Egianus memanfaatkan Philip untuk mencari uang. Bukan demi kepentingan lainnya.

”Mereka adalah benar-benar kelompok kriminal yang Sandera pilot hanya demi uang. Itu sangat kurang ajar. Jadi, mereka tidak jauh beda dengan pengecut atau bencong,” terangnya. Menurut dia, tidak ada alasan lain selain uang yang membuat Egianus bersedia melepas Philip. 

Sebby pun menyebut ada tiga orang kelompok Egianus yang menerima uang untuk membebaskan Philip. ”Mereka serahkan diri kepada TNI-Polri dan menyerah, itu kurang ajar. Akibat sandera pilot, banyak rakyat jadi korban, tapi mereka tidak bertanggung jawab dan menyerah ke NKRI,” bebernya. Keterangan tersebut dibantah oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. 

Tudingan itu dipatahkan oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Dengan tegas Hadi menyampaikan bahwa yang dilakukan oleh TNI, Polri, bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh gereja, dan instansi lainnya adalah pendekatan persuasif. Menurut dia, tidak ada permintaan lainnya dari OPM dan Egianus Kogoya. 

”Tidak ada yang mereka minta, kita hanya pendekatan secara persuasif,” ucap mantan panglima TNI itu usai menerima dan menyerahkan Philip kepada Pemerintah Selandia Baru. 

Meski begitu, Sebby bersikeras bahwa ada motif lain dari Egianus Kogoya dan kelompoknya. Motif itu tidak sesuai dengan sikap dan proposal yang ditawarkan oleh TPNPB-OPM untuk membebaskan Philip. Sebby mengklaim, Philip dibebaskan oleh TPNPB-OPM dengan alasan kemanusiaan, bukan motif lain seperti yang dia tudingkan kepada Egianus. 

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kronologi #bebasnya #pilot #susi #philip #mark #mehrtens #mulai #proposal #tpnpb #sampai #tudingan #egianus #kogoya #terima #suap

KOMENTAR