Penyelundup Sabu Berusaha Kabur dengan Menceburkan Diri ke Laut, Panglima Koarmada II Ungkap Peristiwa Penyelundupan di Kaltara
Sabu dan kokain yang berhasil diamankan oleh Koarmada RI dan jajaran di Sumut dan Kaltara. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
19:08
19 September 2024

Penyelundup Sabu Berusaha Kabur dengan Menceburkan Diri ke Laut, Panglima Koarmada II Ungkap Peristiwa Penyelundupan di Kaltara

 

- Panglima Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Muda TNI Ariyanto Condrowibowo mengungkap peristiwa penyelundupan sabu di Nunukan, Kalimantan Utara. Melalui konferensi pers di Markas Koarmada Republik Indonesia, Jakarta Pusat pada Kamis (19/9), Ariyanto menyampaikan bahwa penyelundupan itu dilakukan melalui Pulau Sebatik. 

Perwira tinggi bintang dua TNI AL itu menyampaikan bahwa keberhasilan menggagalkan penyelundupan tersebut berkat kerja sama intelijen Angkatan Laut dengan BNN, BAIS TNI, dan Polri. "Sehingga dari data intelijen tersebut kami melaksanakan aksi preventif yaitu pemeriksaan terhadap penumpang-penumpang yang akan menuju ke Tarakan dari Nunukan dan dari Sebatik," kata dia. 

Saat pemeriksaan berlangsung, petugas mendapati seseorang yang mencurigakan. Sempat berusaha kabur dan lari dari kejaran, petugas berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial T.

"Kami tangkap inisialnya T. Jadi, pada saat pemeriksaan tersebut ada satu penumpang yang akan naik, kemudian dia kabur. Kemudian dikejar, dia menceburkan diri ke laut. Kami amankan, kami selamatkan," jelasnya. 

Berdasar hasil pemeriksaan dan pendalaman, petugas menemukan dua bungkus sabu dari T. Masing-masing dengan berat lebih kurang 500 gram.

"Sehingga totalnya ada 1.065 gram atau satu kilogram 65 gram. Ini adalah hasil tangkap tangan yang kemudian akan kami kembangkan jaringan-jaringannya yang mungkin bisa kami lacak bersama dengan BIN, BNN, maupun BAIS juga," terang dia.

Ariyanto berharap besar peristiwa itu menjadi cambuk dan penyemangat bagi seluruh jajaran aparat keamanan. Baik dari TNI, Polri, maupun BNN. Dengan kerja sama yang baik, mereka berhasil mengamankan kurir narkotika yang berusaha menyelundupkan barang haram ke Indonesia.

"Diharapkan terjadi sinergitas antar instansi di tempat kami dan juga bisa mengurangi, bahkan mungkin kalau bisa meniadakan penyelundupan-penyelundupan narkoba," ujarnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #penyelundup #sabu #berusaha #kabur #dengan #menceburkan #diri #laut #panglima #koarmada #ungkap #peristiwa #penyelundupan #kaltara

KOMENTAR