Kaesang Ngaku Tak Diundang KPK untuk Klarifikasi soal Jet Pribadi 
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Selasa (17/9/2024). Kaesang datang mengenakan kemeja putih. Dia tidak menjelaskan alasannya datang ke Gedung Lama KPK. (TRIBUNNEWS/HO/PSI) 
13:16
17 September 2024

Kaesang Ngaku Tak Diundang KPK untuk Klarifikasi soal Jet Pribadi 

Kaesang Pangarep mengaku kehadirannya ke Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK) berdasarkan inisiatif pribadi.

Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu ingin mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat ke Amerika Serikat (AS) bersama sang istri, Erina Gudono, beberapa waktu lalu. 

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan tetapi inisiatif saya sendiri," ucap Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Kaesang menyatakan bukan seorang penyelenggara dan pejabat negara. 

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berkata bahwa jet pribadi yang digunakannya milik temannya. 

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata dia. 

Kaesang meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut. 

"Saya kira itu saja, saya lanjut izin kerja dulu ya," sebut Kaesang.

Didampingi Petinggi PSI

Kaesang hadir ke KPK didampingi Sekjen PSI yang juga Wakil Menteri Agraria/BPN Raja Juli Antoni.

Politikus PSI Isyana Bagoes Eka, menyebutkan putra bungsu Presiden Jokowi itu   mengklarifikasi sejumlah hal kepada KPK.

Salah satunya yang ramai belakangan terkait penggunaan pesawat jet pribadi.

"Betul Mas Ketum Kaesang saat ini sedang di kantor KPK. Secara proaktif, Mas Ketum hadir untuk memberikan klarifikasi atas sejumlah hal, meski tidak diundang," kata Isyana.

Dia menegaskan putra bungsu Presiden Joko Widodo ini secara proaktif mendatangi KPK.

Seperti diketahui, Kaesang sempat dicari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai klarifikasi soal penggunaan jet pribadi saat bepergian ke luar negeri.

Hal itu bermula ketika istri Kaesang, Erina Gudono memamerkan foto jendela pesawat yang merujuk pada jet pribadi jenis Gulfstream G650ER.

Kemudian beredar juga video mengenai Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi Gulfstream dengan nomor registrasi N588SE.

Oleh beberapa pihak hal itu dianggap sebagai gratifikasi.

KPK Rencana Panggil

Sebelumnya, KPK berencana memanggil Kaesang.

Namun saat itu, KPK justru tidak mengetahui keberadaan suami Erina tersebut.

“(Saat ini) surat sedang dikonsep, surat undangan, apakah nanti apa, saya tidak tahu posisi bersangkutan (Kaesang) saat ini ada di mana. Ya-lah, (Kaesang ke KPK), masa kita harus datang ke sana, ngapain gitu?” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8/2024) lalu.

KPK menjelaskan, Kaesang perlu melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi walau statusnya bukan sebagai penyelenggara negara.

Klarifikasi dinilai penting karena Kaesang berasal dari keluarga penyelenggara negara.

Kaesang memiliki keterkaitan dengan Presiden Jokowi yang merupakan ayahnya dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kakak pertamanya.

Kaesang juga memiliki kakak ipar, yaitu Bobby Nasution, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan dan sudah mencalonkan diri sebagai gubernur Sumatera Utara.

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #kaesang #ngaku #diundang #untuk #klarifikasi #soal #pribadi

KOMENTAR