Anies Baswedan Belum Tentukan Sikap Politik di Pilkada DKI: Nanti Kita Lihat
Anies Baswedan saat memberi keterangan pada wartawan di UGM, DIY, Senin (9/9/2024). [Suarajogja.id/Hiskia]
18:32
9 September 2024

Anies Baswedan Belum Tentukan Sikap Politik di Pilkada DKI: Nanti Kita Lihat

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui belum menentukan pilihan atau sikap politik dalam Pilkada Jakarta mendatang. Keputusan itu masih menjadi pertanyaan publik mengingat kepercayaan publik khususnya Jakarta yang masih tinggi kepada Anies.

Ditanyai terkait hal itu, Anies pun belum menjawab secara gamblang. Dia memilih untuk menunggu terlebih dulu semua pasangan calon (paslon) itu resmi ditetapkan.

"Emang sudah ditetapin calonnya? belum kan, ditetapkan calon aja belum, sekarang kan baru pendaftaran to," katanya ditemui usai acara Talk Show Interaktif BPM FEB UGM x Swaragama bersama mahasiswa di Wisma Kagama, Senin (9/9/2024).

Anies pun masih bungkam terkait dengan rencana pertemuan dengan salah satu bakal paslon di Pilkada Jakarta mendatang.

Baca Juga: Gerakan Anak Abah Coblos Tiga Paslon di Pilkada Jakarta, Anies: Itu Hak Konstitusi

"Belum tahu nanti kita lihat," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, dia turut merespons soal munculnya gerakan tusuk tiga pasangan calon yang berlaga di Pilkada Jakarta 2024. Anies menilai gerakan itu merupakan hak konstitusi setiap warga negara.

"Sebenarnya semua adalah hak konstitusi. Jadi kita hormati, kita hargai setiap pilihan," ujarnya.

Disampaikan Anies, gerakan ini muncul sebagai tanggapan atas kondisi yang tengah terjadi sekarang. Pihaknya memilih untuk menghormati gerakan itu sebagai kebebasan berekspresi masyarakat.

"Dan ini semua adalah ungkapan rasa, pikiran, atas kondisi yang sekarang terjadi. Jadi kita hormati itu, kita hargai sebagai bagian dari kebebasan berekspresi," ungkapnya.

Baca Juga: Ketua KPURI : Batas Tipis Antara Sosialisasi dan Kampanye, Masyarakat Harus Jeli

Rencana Pramono Anung Ketemu Anies

Bakal calon gubernur Jakarta Pramono Anung mengatakan dalam waktu dekat akan menemui Anies Baswedan sebagai pendahulunya. Hal itu dilakukan usai sebelumnya Pramono dan Rano Karno bertemu dengan Sutiyoso hingga Fauzi Bowo.

"Memang kami berdua merencanakan setelah bertemu dengan Bang Foke, Bang Yos. Kami akan bertemu dengan Mas Anies dalam waktu dekat itu," ujar Pramono dalam acara media gathering di Kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2024).

Dalam pertemuannya nanti, kata dia, pihaknya akan menyampaikan sejumlah hal, terutama meminta masukan Anies.

"Kami akan menawarkan, menyampaikan, dan sekaligus meminta apa yang bisa Mas Anies sampaikan kepada kami. Karena semua orang mempunyai kelebihan ketika membangun Jakarta ini," ujarnya.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #anies #baswedan #belum #tentukan #sikap #politik #pilkada #nanti #kita #lihat

KOMENTAR