Pesawat Trigana Air Gagal Lepas Landas di Bandara Serui Papua, Begini Kondisi Penumpangnya
Pesawat Trigana Air PK-YSP jenis ATR 42 seri 500 gagal lepas landas di Bandar Udara (Bandara) Stevanus Rumbewas Serui, Yapen, Papua, saat hendak terbang menuju Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Senin (9/9/2024) pukul 10.40 WIT. (ist/ Foto dok. Kemenhub)
13:36
9 September 2024

Pesawat Trigana Air Gagal Lepas Landas di Bandara Serui Papua, Begini Kondisi Penumpangnya

Pesawat Trigana Air PK-YSP jenis ATR 42 seri 500 gagal lepas landas di Bandar Udara (Bandara) Stevanus Rumbewas Serui, Yapen, Papua. Sedianya pesawat tersebut hendak terbang menuju Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Senin, pukul 10.40 WIT.

Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memstikan seluruh penumpah dalam keadaan selamat.

“Info awal seluruh penumpang dan crew on board dalam keadaan selamat. Beberapa mengalami luka-luka dan saat ini sedang dilakukan evakuasi untuk dibawa ke RSUD Serui,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M Kristi Endah Murni, di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Kristi mengatakan pesawat tersebut membawa 42 penumpang dan enam orang awak (crew on board).

Baca Juga: Jalan Salib di Jakarta dan Jayapura: Pesan Damai Orang Papua untuk Paus Fransiskus

Berdasarkan pernyataan Kemenhub, kronologi kejadian pesawat tersebut adalah setelah mendarat dari Biak pukul 10.19 WIT dan parkir "stand" pukul 10.21 WIT, pada pukul 10.35 WIT pesawat bergerak di darat (taxi) untuk menuju Bandar Udara Sentani, Jayapura.

Hanya berjarak satu menit kemudian pesawat tergelincir ke arah kiri dengan posisi 1.200 meter dari landasan pacu atau dengan keterangan "take off runway in use 28".

Kekinian penyebab kejadian tergelincirnya pesawat tersebut masih dalam penyelidikan.

“Saya telah memerintahkan Kepala Kantor UPBU Kelas III Stevanus Rumbewas Serui untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam proses evakuasi dan penanganan dari dampak insiden ini,” kata Kristi pula.

Baca Juga: Papua Nugini Diguncang Gempa 6,2 Magnitudo, Jelang Kunjungan Paus Fransiskus

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #pesawat #trigana #gagal #lepas #landas #bandara #serui #papua #begini #kondisi #penumpangnya

KOMENTAR