Usia Tak Jadi Halangan, Ini Kisah Jatuh Bangun Pemuda 20 Tahun Raup Rp500 Juta Lewat Ekspor
Kisah Jatuh Bangun Pemuda 20 Tahun Raup Rp500 Juta Lewat Ekspor. (Dok Pribadi)
16:34
14 Agustus 2024

Usia Tak Jadi Halangan, Ini Kisah Jatuh Bangun Pemuda 20 Tahun Raup Rp500 Juta Lewat Ekspor

Banyak orang masih menilai seseorang hanya dari usianya. Namun, M Rafi Alfiansyah Sondakh, atau Rafi Sondakh, telah membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk sukses.

Lahir pada 24 Maret 2004, Rafi, di usianya yang baru 20 tahun, sudah berhasil mengekspor produk Indonesia ke berbagai negara. Tahun ini saja, ia telah melakukan tiga kali ekspor dan mendapatkan kontrak senilai Rp500 juta per bulan ke Saudi Arabia.

Selain itu, ia juga mengirimkan sampel ke Jerman, Saudi, dan Yaman. Perjalanan Rafi tidak selalu mulus. Pada 2022, ia memulai bisnis ekspor serabut kelapa, tetapi gagal karena kurangnya pemahaman pasar.

Belajar dari kegagalannya, ia beralih ke bisnis arang briket kelapa, yang kini menjadi fokus utamanya. Setelah 1,5 tahun perjuangan, Rafi akhirnya sukses mendapatkan ekspor pertamanya ke Saudi Arabia.

Baca Juga: Kibarkan Bendera ISIS Sembari Serukan Angkat Senjata di Medsos, 2 Pemuda di Jakarta Barat Ditangkap Densus

Keberhasilan Rafi tak lepas dari sikapnya yang komunikatif, inovatif, dan menjaga nama baik. Ia percaya bahwa menjaga sikap dan membangun kepercayaan adalah fondasi bisnis yang kuat.

Rafi juga memiliki visi untuk memperkenalkan produk Indonesia ke dunia, dengan prinsip keterbukaan dan konsistensi dalam kualitas dan layanan.

“Saya bermimpi menjadikan Indonesia sebagai negara yang terpercaya di dunia, seperti Singapura, dengan berbisnis secara terbuka dan konsisten memberikan yang terbaik,” ujar Rafi.

Kisah Rafi Sondakh menjadi bukti bahwa ketekunan dan keberanian mencoba adalah kunci membuka pintu kesuksesan, bahkan di usia muda.

Baca Juga: Indeks Pembangunan Pemuda Meningkat Jadi 56,33, Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #usia #jadi #halangan #kisah #jatuh #bangun #pemuda #tahun #raup #rp500 #juta #lewat #ekspor

KOMENTAR