Kenalkan Anak Berbagai Macam Emosi Lewat Buku Cerita, Psikolog Ungkap Manfaatnya
Buku Cerita Anak Tentang Emosi (Dok. Istimewa)
08:23
30 Juli 2024

Kenalkan Anak Berbagai Macam Emosi Lewat Buku Cerita, Psikolog Ungkap Manfaatnya

Emosi sering disamakan dengan perasaan. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun memiliki keterkaitan.

Ayoe Sutomo M.Psi, Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, menjelaskan bahwa anak-anak sudah memiliki emosi sejak dilahirkan, bahkan sejak 0 bulan. Enam emosi dasar adalah senang, marah, sedih, takut, terkejut, dan jijik.

"Hanya saja saat bayi, belum terlalu mahir mengeskpresikannya. Masuk usia 2-3 tahun, emosinya mulai lebih kompleks. Begitu pula dalam cara mengeskpresikan emosi, sudah lebih berkembang," kata dia.

Selain karena perkembangan kognitifnya, juga sudah dapat banyak input dan paparan dari lingkungan. Perkembangan bahasa juga sudah berkembang, sudah bisa bicara sehingga mengekspresikan emosinya sudah lebih kompleks, tidak hanya menangis seperti saat bayi.

Baca Juga: Khawatir Anak Salah Informasi? Begini Cara Tepat Ibu Bicara Soal Menstruasi

ilustrasi anak yang sedang playdate (pexels/Kindel Media)Ilustrasi anak pelajari emosi (pexels/Kindel Media)

Menurut Ayoe, anak-anak harus dikenalkan dengan emosi sejak kecil. Anak yang memahami emosinya akan lebih mampu untuk mengendalikan cara mengekspresikannya serta memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain. 

"Karena dengan kemampuan ini anak dapat lebih mudah beradaptasi. Salah satu caranya adalah dari buku cerita yang mengajarkan anak mengenal dan mengelola perasaan marah dengan lebih baik," ungkap Ayoe lagi.

Hal inilah yang membuat Teman Bumil, aplikasi yang ditujukan untuk membantu para ibu menjalani perannya dengan lebih mudah dan nyaman meluncurkan serial buku cerita anak dalam ajang Mums Festival 2024, yang digelar di mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada 26-28 Juli 2024 lalu.

Tema buku seri yang diangkat adalah tentang mengajarkan emosi pada anak. Rencananya akan ada empat judul buku, di mana dua buku seri pertama yang diluncurkan bertepatan dengan Mums Festival dan Hari Anak Nasional 2024, adalah "Adek Marah" dan "Adek Takut". Dua buku lainnya, akan diterbitkan pada Oktober 2024, dengan judul, "Adek Sedih" dan "Adek Senang".

Co-founder Teman Bumil, T. Robyn Soetikno, menyambut baik peluncuran serial buku cerita anak Teman Bumil ini.

Baca Juga: Ulasan Buku 'Emotional Healing Therapy', Terapi Mengendalikan Emosi

"Kami tidak berhenti di aplikasi Teman Bumil yang sekarang sudah digunakan lebih dari 4,2 juta Mums di seluruh Indonesia. Inovasi terbaru kami adalah meluncurkan buku seri cerita anak sebagai salah satu dari banyak pintu untuk mengajarkan jenis-jenis emosi untuk si Kecil," jelasnya.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #kenalkan #anak #berbagai #macam #emosi #lewat #buku #cerita #psikolog #ungkap #manfaatnya

KOMENTAR