Biaya Fantastis Kuliah Zahwa Massaid di Amerika, Kakak Aaliyah Bisa Nangis Kalau IPK Tak Capai 3,90
Potret Zahwa Massaid dan Aaliyah Massaid berkebaya. [Instagram/@aaliyah.massaid]
20:21
5 Juli 2024

Biaya Fantastis Kuliah Zahwa Massaid di Amerika, Kakak Aaliyah Bisa Nangis Kalau IPK Tak Capai 3,90

Berbeda dari Aaliyah Massaid yang aktif di dunia hiburan Tanah Air, Zahwa Massaid memilih untuk fokus menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Bahkan Zahwa dikabarkan sudah lulus dari salah satu kampus fashion design di New York.

Dilihat dari vlog lawasnya dengan Angelina Sondakh, Zahwa sempat mengungkap institusi tempatnya menuntut ilmu. “(Ambil jurusan) Fashion Bisnis di FIT, Fashion Institute of Technology,” ungkap Zahwa dalam bahasa Inggris, seperti dikutip dari akun TikTok @inilahakuu91, Jumat (5/7/2024).

Saat video tersebut direkam, Zahwa sudah mendapatkan gelar Diploma di bidang Fashion Business Management. Namun Zahwa masih melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sarjana.

“Aku udah punya, kalau di sini apa ya namanya? D3 ya? Terus sekarang aku lanjut satu tahun lagi buat S1 aku,” ucap Zahwa.

Baca Juga: Jejak Digital Aaliyah Massaid Terkuak Jelang Menikah, Pernah Bergabung di Anggota Girlband Ini

Zahwa sendiri tidak main-main dengan pendidikannya, termasuk selalu berjuang untuk mendapatkan IPK yang tinggi. Calon kakak ipar Thariq Halilintar itu bahkan bisa menangis apabila IPK-nya di bawah 3,90.

“Mom tahu enggak Zahwa tuh kalau IPK-nya 3,8 dia nangis, IPK-nya dia itu selalu 3,9 ke atas,” kata Aaliyah saat menceritakan kakaknya yang berada di Amerika Serikat kepada Angelina Sondakh.

Tentu saja Zahwa berniat untuk membanggakan keluarganya dengan mengukir prestasi yang baik selama berkuliah di Amerika Serikat. Apalagi karena biaya pendidikannya di kampus FIT tidak main-main.

Aaliyah Massaid dan Zahwa Massaid - Zahwa Rezi Massaid Kuliah Dimana? (Instagram/zahwamassaid)Aaliyah Massaid dan Zahwa Massaid. (Instagram/zahwamassaid)

Dilansir dari situs resminya, biaya kuliah di FIT bisa mencapai ribuan dolar per semester. Secara garis besar, FIT membagi dalam dua kategori, yakni untuk mahasiswa tingkat Associate alias diploma, dan tingkat Baccalaureate alias sarjana. Biaya kuliahnya juga dibagi untuk mahasiswa yang bertempat tinggal di New York dan di luar wilayah tersebut.

Lantaran Zahwa adalah mahasiswa internasional, maka bisa diasumsikan putri sulung almarhum Adjie Massaid dan Reza Artamevia itu diharuskan membayar biaya non-residen New York.

Baca Juga: Kenangan Aaliyah dan Zahwa Saat Adjie Massaid Masih Hidup Bikin Merinding: Family Man Banget

Untuk program Associate, biaya kuliahnya adalah sebesar USD 7.935 per semester, atau kurang lebih setara Rp129,19 juta ($1 = Rp16.282). Sedangkan untuk program Baccalaureate, biaya kuliahnya adalah senilai USD 10.846 per semester, yang setara dengan Rp176,6 juta.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #biaya #fantastis #kuliah #zahwa #massaid #amerika #kakak #aaliyah #bisa #nangis #kalau #capai

KOMENTAR