Bukan Cuma Jokowi! Ini Deretan Rumah Mewah Fasilitas Pensiun Para Mantan Presiden, Ayah Kaesang Paling Luas
Bukan Cuma Jokowi! Ini Deretan Rumah Mewah Fasilitas Pensiun Para Mantan Presiden, Ayah Kaesang Paling Luas (Dok. Youtube)
15:51
28 Juni 2024

Bukan Cuma Jokowi! Ini Deretan Rumah Mewah Fasilitas Pensiun Para Mantan Presiden, Ayah Kaesang Paling Luas

Pembangunan rumah pensiun Presiden Joko Widodo menjelang masa jabatannya berakhir mulai dibangun. Rumah tersebut berada di Jalan Adisucipto, Desa Blulukan, Colomadu, Karangnyar, Jawa Tengah. Jokowi bukan satu–satunya presiden yang mendapatkan rumah saat pensiun. Beberapa presiden pendahulu juga mendapatkan fasilitas serupa.

Bahkan menurut Sekretaris Menteri Sekretariat Negara, Setya Utama, pemilihan lokasi rumah pensiun sesuai permintaan Jokowi langsung kendati hal tersebut merupakan fasilitas negara. "Presiden sendiri yang meminta dan memilih lokasi rumah kediaman beliau. Pertimbangannya beliau sendiri dan keluarga tentunya yang mengetahui," ucapnya, dikutip Jumat (28/6/2024).

Rumah tersebut akan dibangun di lahan seluas 12.000 meter persegi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 km dari rumah pribadinya di kawasan Sumber, Solo. Jokowi bukan satu – satunya presiden yang mendapatkan fasilitas rumah selepas pensiun. Para presiden terdahulu juga memperoleh fasilitas serupa sebagai berikut.

1. Megawati Soekarnoputri

Presiden perempuan pertama Indonesia ini memilih rumah pensiun di Jalan Teuku Umar No.27 dan 27A, Menteng, Jakarta Pusat. Apabila dilihat dari luar, rumah Megawati Soekarnoputri itu sangat ketat dijaga anggota kepolisian di satu pos jaga samping rumahnya di nomor 27A. Sedangkan rumah nomor 27, ada dua polisi berjaga di tenda depan.  Tampak pagar rumahnya dominan berwarna putih dan pohon besar di halaman depannya.

Baca Juga: Jokowi Pilih Sendiri, Intip Lokasi Pembangunan Rumah Selepas Pensiun dari Presiden

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mendapat rumah pensiun dari negara. Rumah itu terletak di Jalan Mega Kuningan Timur VII No.26, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Adapun luasnya mencapai 4.000 meter persegi. Rumah Presiden ke-6 itu sangat kental ornamen kayu dengan warna coklat yang mendominasi. Rumah SBY tepat di belakang kantor Kedutaan Besar Qatar. Tak aja penjagaan ketat. Lingkungan sekitar tergolong sunyi. Meski sudah punya rumah pensiun, ternyata SBY kerap menempati rumah miliknya di Kompleks Puri Cikeas, Nagrak, Gunung Putri, Bogor.

Sementara itu, mantan Presiden ke-3 B.J. Habibie selama masa hidupnya menempati sebuah rumah dinas sejak menjadi direktur utama di PT Pertamina (Persero) pada 1975. Rumah tersebut terletak di kawasan Patra Jasa, Kuningan. Namun, karena Habibie sangat mencintai rumah tersebut, maka dia diberikan fasilitas cicilan oleh Pertamina.

Rumah tersebut pun menjelma seperti hari ini. Salah satu ruangan yang paling ikonik adalah ruangan perpustakaan. Sang istri, Ainun punya peranan mendesain rumah mewah ini. Usut punya usut, rumah yang memiliki perpustakaan besar dan Taman IPTEK ini, dicicil selama 20 tahun.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Rumah Pensiun Jokowi Berstatus Hak Milik, Bisa Diwariskan Ke Anak Cucu

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bukan #cuma #jokowi #deretan #rumah #mewah #fasilitas #pensiun #para #mantan #presiden #ayah #kaesang #paling #luas

KOMENTAR