Khodam Viral di TikTok, Apa Maksudnya? Ramai Banyak Kreator Coba Terawang 'Penjagamu'
Ilustrasi khodam. (Suara.com/Michelle) - Khodam Viral di TikTok, Apa Maksudnya?
18:55
19 Juni 2024

Khodam Viral di TikTok, Apa Maksudnya? Ramai Banyak Kreator Coba Terawang 'Penjagamu'

Pengguna Tiktok ramai-ramai membahas soal khodam sehingga membuat banyak video seputar hal ini menjadi FYP. Lantas khodam yang viral di TikTok ini maksudnya apa?

Khodam menjadi viral dan ramai dibahas pengguna TikTok lantaran ada konten kreator yang berusaha 'menerawang'. Melalui live video, para kreator TikTok berusaha cek khodam pengikutnya.

Dengan cara menuliskan nama pengikut atau penonton di kolom komentar video live tersebut. Kemudian kreator menyebutkan khodam apa yang dimiliki mereka.

Namun sebagian kreator benar-benar serius cek khodam penonton. Sementara sebagian lainnya melakukan hal ini hanya untuk hiburan dan bahan bercandaan.

Baca Juga: Ulasan Buku The Spontaneous Healing of Belief, Bukti Keajaiban Menurut Ilmiah

Pengertian Khodam

Kata 'khodam' berasal dari istilah bahasa Arab yang secara harfiah berarti "pelayan" atau "penjaga". Namun istilah Khodam ini diartikan sebagai sosok penjaga yang berasal dari dunia metafisik dan memiliki kekuatan gaib yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Sebenarnya, konsep khodam ada di setiap kebudayaan dan tradisi spiritual di seluruh dunia. Akan tetapi kata atau istilah penyebutannya berbeda-beda.

Maka tidak heran khodam sangat identik dengan sisi agama dan spiritualitas. Bahkan jika ingin berkomunikasi dengan khodam, seseorang perlu melakukan ritual atau amalan khusus yang melibatkan doa, ibadah, ritual atau meditasi.

Wujud Khodam

Nah, hal yang menjadi daya tarik khodam adalah wujud atau bentuknya. Wujud khodam juga menjadi perbincangan heboh di Tiktok.

Karena khodam adalah entitas spiritual yang tidak terlihat oleh manusia secara kasat mata, maka bentuknya pun tidak mudah dideskripsikan. Khodam dapat memiliki berbagai bentuk dan wujud, seperti energi, cahaya, atau entitas dengan bentuk manusia, hewan, atau makhluk lainnya.

Baca Juga: Link Tes Kepolosan Otak Google Form Terbaru, Cek Penjelasan Hasilnya

Dalam beberapa tradisi dan budaya, khodam juga dikaitkan dengan malaikat, jin, roh leluhur, atau entitas spiritual lainnya.

Kekuatan Khodam

Sama seperti wujudnya, Khodam juga memiliki kekuatan yang tidak sama. Namun khodam selalu berkaitan dengan kemampuan supernatural yang tidak bisa dijelaskan secara sains ataupun medis.

Khodam seringkali dipercaya memiliki pengetahuan yang luas, koneksi dengan alam gaib, kemampuan penyembuhan, atau kemampuan untuk mempengaruhi kejadian di dunia fisik.

Selain itu, Khodam juga dipercaya dapat memberikan perlindungan dari bahaya atau energi negatif, serta membantu seseorang dalam mencapai tujuan spiritual atau material tertentu.

Hubungan Khodam dengan Spiritualitas

Karena asalnya dari dunia metafisika dan supranatural, maka khodam memiliki hubungan yang lekat dengan spiritualitas. Bahkan selalu ada konsep khodam dalam setiap praktik spiritualitas tertentu di setiap tradisi atau kebudayaan.

Banyak yang menyebut jika seseorang mampu berkomunikasi dengan khodam yang dimiliki maka kegiatan spiritual-nya juga lebih tinggi dibandingkan orang lain.

Dalam beberapa tradisi spiritual, seseorang dapat mengembangkan hubungan yang mendalam dengan khodam melalui latihan spiritual, pengabdian, atau pengkhususan dalam praktik tertentu.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas apakah kalian percaya dengan adanya khodam? Atau kamu orang yang skeptis terhadap hal ini?

Demikian informasi tentang khodam yang ramai dan viral di TikTok. Sekarang kalian sudah paham maksudnya?

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #khodam #viral #tiktok #maksudnya #ramai #banyak #kreator #coba #terawang #penjagamu

KOMENTAR