Kapan Terakhir Potong Kuku Sebelum Kurban Idul Adha? Catat, Jangan Melewati Tanggal Ini!
kapan terakhir potong kuku sebelum kurban 2024 (Freepik)
16:43
13 Juni 2024

Kapan Terakhir Potong Kuku Sebelum Kurban Idul Adha? Catat, Jangan Melewati Tanggal Ini!

Umat Muslim sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban. Saat Hari Raya Qurban, dianjurkan untuk tidak potong kuku. Lantas, kapan terakhir potong kuku sebelum kurban 2024? Berikut ini ulasannya.

Diketahui bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban dilangsungkan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Tahun ini, Hari Raya Idul Qurban 10 Dzulhijjah 1445 H bertepatan dengan tanggal 17 Juni 2024 (Hari Senin).

Saat memasuki hari raya kurban ada sunnah yang menyebutkan agar tidak potong kuku. Hal ini pun lantas memunculkan pertanyaan, kapan terakhir potong kuku sebelum kurban 2024? Simak berikut ini penjelasannya.

Hukum Potong Kuku Jelang Idul Adha

Mengenai hukum potong kuku sebelum Hari Raya Qurban, ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Ibnu Majah dan Imam Ahmad menyebutkan bahwa disunnahkan untuk tidak potong kuku saat berqurban. 

"Apabila sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban," (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

Dalam hadis di atas menyebutkan bahwa Rasullulah SAW melarang untuk potong kuku dan potong rambut pada 10 Hari Pertama bulan Dzulhijjah.

Dalam hadis lainnya juga disebutkan bahwa sebelum Idul Qurban dilarang untuk potong kuku dan potong rambut. Dalam hadis tersebut menyebutkan bahwa potong kuku dimulai dari tanggal  8 Juni 2024. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

"Barangsiapa yang berniat untuk berkurban, ketika sudah memasuki awal bulan Zulhijah (1 Zulhijah), hendaknya ia tidak memotong rambut dan kukunya hingga ia menyembelih kurbannya." (HR Muslim).

Sedangkan pendapat lainnya menyebutkan bahwa maksud dari hadis Rasulullah SAW tentang larangan poton kuku dan potong rambut itu maksudnya potong kuku dan bulu hewan kurban. Karena di akhirat kelak, kuku, bulu, kulit hewan kurban tersebut akan jadi saksi.

Namun Mula Al-Qari dalam kitab Mirqatul Mafatih menyebutkan bahwa tersebut Gharib (aneh/unik/asing).

“Ada pendapat gharib dari Ibnul Malak. Menurutnya, hadits tersebut berarti tidak boleh mengambil (memotong) bulu dan kuku hewan yang dikurbankan.”

Demikian ulasan mengenai kapan terakhir potong kuku sebelum kurban 2024 yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kapan #terakhir #potong #kuku #sebelum #kurban #idul #adha #catat #jangan #melewati #tanggal

KOMENTAR