6 Kebiasaan Menumbuhkan Hubungan Sehat dan Positif dengan Media Sosial, Salah Satunya Membatasi Notifikasi
Ilustrasi perempuan yang scroll media sosial. (freepik/stok hidup)
11:04
18 Mei 2024

6 Kebiasaan Menumbuhkan Hubungan Sehat dan Positif dengan Media Sosial, Salah Satunya Membatasi Notifikasi

 – Di era serba digital memang tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua sulit untuk menolak godaan scroll feed, menyukai postingan dan tetap terhubung dengan media sosial.

Namun, sebenarnya hubungan kita di media sosial bisa terkadang membuat gembira dan menguras secara emosional. Tak sedikit pengguna media sosial bisa menumbuhkan hubungan yang positif. Pasalnya mereka terkadang sudah terjebak kecanduan hingga berujung tak produktif.

Artikel kali ini akan mengeksplorasi tujuh kebiasaan yang bisa membantu Anda membangun hubungan yang sehat dengan media sosial agar Anda bisa memperoleh dampak yang positif.

Dilansir dari laman The Minds Journal, Sabtu (18/5), berikut tujuh kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk menumbuhkan hubungan positif dengan media sosial.

1. Tidak mengecek media sosial terlebih dahulu di pagi hari

Kebiasaan pertama yang perlu Anda lakukan untuk menumbuhkan hubungan positif dengan media sosial adalah tidak scroll media sosial di pagi hari terlebih saat bangun tidur. 

Seharusnya saat di pagi hari, Anda fokus dengan diri sendiri bukan feed media sosial Anda. Anda bisa lebih fokus pada kehidupan nyata bukan kehidupan virtual.

Untuk mengatasi kegiatan scroll media sosial di pagi hari bisa Anda ganti dengan membuat secangkir kopi untuk diri sendiri, melakukan peregangan otot lalu menikmati hangatnya sinar matahari.

2. Mematikan atau membatasi notifikasi Anda.

Salah satu hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membangun hubungan yang sehat dengan media sosial adalah mematikan atau membatasi notifikasi Anda. Anda bisa membuka ponsel dan buka pengaturan lalu mematikan semua notifikasi media sosial beberapa waktu tertentu.

Mematikan notifikasi tidak hanya terasa membebaskan tetapi juga membantu Anda menjadi lebih produktif dan efisien dalam melakukan tugas sehari-hari.

3. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Media sosial dikenal sebagai wadah sorotan masa terbaik orang lain. Artinya tidak ada seorang pun yang membagikan momen-momen buruk atau kegagalan mereka secara online.

Sehingga ini sudah waktunya untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang-orang online yang tampaknya selalu indah, bahagia dan tidak ada kejelekan sama sekali.

Faktanya, kita semua tidak bisa memonitor lengkap kehidupan asli pengguna media sosial hanya dari postingan yang mereka unggah. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk merangkul dan mencintai kehidupan Anda.

4. Tidak terobsesi dengan siapa atau berapa banyak orang yang melihat story Instagram Anda

Terobsesi dengan siapa yang membaca cerita Anda atau siapa yang menyukai bahkan mengomentari maka bisa membuat Anda stress hingga depresi beberapa saat. Anda bisa menghilangkan kebiasaan toxic ini jika Anda ingin membangun hubungan yang lebih sehat dengan media sosial.

5. Tidak sering posting

Media sosial terkadang memberikan tekanan yang terlalu besar pada Anda, sehingga Anda merasa tidak perlu untuk sering memposting. Jika Anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan media sosial coba tanyakan pada diri Anda sebelum memposting soal perlu tidaknya diunggah.

6. Berhenti mengikuti semua akun dan halaman yang membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri

Kebiasaan terakhir yang bisa menumbuhkan hubungan sehat dengan media sosial yaitu berhenti mengikuti semua akun dan halaman yang membuat Anda merasa buruk.

Jika scroll feed Anda bisa membuat Anda merasa cemas, sedih atau tertekan maka sudah waktunya Anda untuk menghapus beberapa akun tersebut.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kebiasaan #menumbuhkan #hubungan #sehat #positif #dengan #media #sosial #salah #satunya #membatasi #notifikasi

KOMENTAR