Apa Itu Jatah Mantan? Viral Marak Dilakukan Sebelum Hari Pernikahan, Ini Kumpulan Cerita Meresahkan dari Warganet
Ilustrasi menerapkan 'jatah mantan'. [Freepik]
13:17
15 Mei 2024

Apa Itu Jatah Mantan? Viral Marak Dilakukan Sebelum Hari Pernikahan, Ini Kumpulan Cerita Meresahkan dari Warganet

Seiring berkembangnya zaman, beragam istilah baru pun muncul. Salah satunya, 'jatah mantan' yang saat ini viral di media sosial. Hal itu diketahui tengah marak dilakukan jelang pernikahan.

Melihat dari kata dan waktu penerapannya, 'jatah mantan' seperti berkonotasi negatif. Terlebih, banyak yang mengecam hal ini tak wajar untuk dilakukan. Lantas, apa artinya? Berikut informasi sekaligus cerita-cerita viral dari warganet.

Arti Jatah Mantan 

Ilustrasi jatah mantan

Jatah mantan adalah memberi kesempatan terakhir kalinya kepada bekas pacar untuk berhubungan intim. Hal ini dilakukan para penganutnya jelang pernikahan.

Biasanya, mereka yang melakukan ini karena belum bisa move on atau masih memiliki perasaan dengan sang mantan. Perpisahannya juga disebut-sebut bukan keinginan mereka sendiri.

Oleh karena itu, diberikan jatah mantan karena setelah menikah tidak akan bisa lagi. Padahal, meski dapat memuaskan hati, tindakan tersebut memiliki risiko. Apalagi dilakukan saat akan menikah. 

Jatah mantan bisa berakhir kecolongan hingga perempuan yang akan menikah menjadi hamil. Hal ini tentu dapat merusak rencana pernikahan karena menyakiti perasaan sang calon suami.

Parahnya lagi, ada kemungkinan si mantan tidak mau bertanggung jawab karena menganggap hal itu hanya senang-senang. Lalu, calon suami juga memutuskan tak mau melanjutkan pernikahan.

Jika sudah dihadapkan dengan situasi seperti itu, perempuan lah yang merugi. Oleh karenanya, saat akan menikah, hindari komunikasi dengan mantan. Terlebih jika obrolannya sudah intens.

Sebelum menikahi seseorang, pastikan pula sudah selesai dengan masa lalu. Jangan pernah jadikan orang lain sebagai pelarian untuk melupakan mantan dan kebahagiaan pribadi.

Cerita Viral Warganet Soal Jatah Mantan

Ilustrasi seks saat menstruasi. (Shutterstock)Ilustrasi jatah mantan. (Shutterstock)

Perihal 'jatah mantan' pertama kali digaungkan oleh akun X @/briankhrisna pada tahun 2022 lalu. Ia mengatakan ada banyak pihak yang melakukan hal itu beberapa hari sebelum menikah.

"Setelah mewawancara beberapa pihak, ternyata banyak juga ya kejadian 'jatah mantan' beberapa hari sebelum pernikahan. Dan di atas setengahnya, pada keluar di dalem. Kaya investasi jangka panjang jatuhnya tapi gak tahu investor aslinya yang mana," tulis dia.

Cuitannya itu ditanggapi puluhan ribu warganet yang sebagian ikut menceritakan soal adanya jatah mantan. Topik ini pun kembali dibahas hingga platform media sosial lain dan kini sedang viral.

Seorang warganet mengungkapkan temannya yang menerapkan jatah mantan. Bahkan, kata dia, hal ini masih terus dilakukan sampai keduanya sama-sama sudah mempunyai anak.

"Pernah seorang teman cerita kalau dia pun masih sering ketemu sama mantan yang sebenernya mereka udah sama-sama punya anak istri bahkan saling berteman di antara mereka tapi masih dapet 'jatah mantan'," tulis warganet itu.

Selanjutnya, ada warganet yang dikecam karena membagikan pengalamannya terkait jatah mantan. Ia diberikan hal itu oleh mantannya yang akan menikah dan merasa senang usai diminta penetrasi di dalam.

"Wkwkwkwk ini aku pernah ngalamin kek gini, tapi bedanya si mantan yang maksa crot di dalam karena ngga suka sama calon suaminya. Dapet dijodohin ortunya dan pemaksaan. Akhirnya aku bisa crot di dalam dengan dia. Terimakasih initial i**," cerita seorang warganet.

Lalu, warganet lainnya ikut membagikan kisahnya yang menjadi korban 'jatah mantan'. Ia mengatakan bahwa istrinya masih belum move on dari teman dekatnya. Padahal ia dan sang istri sudah pacaran 5 tahun sebelum menikah.

"Bikin akun cuman buat cerita. Soalnya kejadian sama diri sendiri ahahaha. Gue nikah sama istri gue dengan keadaan dia masih stuck sama 'fwb' annya. Padahal kita udah pacaran selama 5 tahun dan mutusin buat nikah secara mufakat," curhat warganet.

Warganet lain berbagai cerita menarik soal teman suaminya yang akan menikah, namun malah berhubungan intim dengan janda. Usai mengaku hamil, janda itu tidak mau diperiksa.

"Ada. Salah satu pelakunya: temennya suami. Seragam coklat (oknum). Ceweknya di luar kota. Sudah daftar untuk nikah. Tapi dia malah tidur sama janda. Dan sekarang si janda ‘ngaku’ hamil. Diajak USG dia gak mau. Si coklat mau gak mau cerita sama cowoknya. Dan si cewek tetap mau bertahan. Drama," tambah yang lain.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #jatah #mantan #viral #marak #dilakukan #sebelum #hari #pernikahan #kumpulan #cerita #meresahkan #dari #warganet

KOMENTAR