Orang yang Tidak Populer saat Di Sekolah Biasanya Memiliki 8 Ciri Ini dalam Dirinya, Sosoknya Justru Lebih Akademis
Ilustrasi orang yang tidak populer saat di sekolah, dimana sosoknya justru lebih akademis./freepik/prostooleh
14:06
14 Mei 2024

Orang yang Tidak Populer saat Di Sekolah Biasanya Memiliki 8 Ciri Ini dalam Dirinya, Sosoknya Justru Lebih Akademis

Orang yang tidak populer saat di sekolah sering kali menunjukkan serangkaian ciri yang mencerminkan dampak pengalaman sosial mereka.

Pengalaman ini dapat membentuk pola perilaku dan pola pikir yang berlangsung lama, bahkan hingga mereka memasuki masa dewasa.

Dilansir dari Hack Spirit pada Selasa (14/5), inilah 8 ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang tidak populer saat di sekolah.

1. Mandiri dan tak bergantung pada orang lain

Orang yang tidak populer saat masih di sekolah cenderung menjadi mandiri saat ia dewasa. Hal ini karena pengalaman tidak populer di sekolah dapat mengajarkan mereka untuk bergantung pada diri sendiri dan memperhatikan kebutuhan diri mereka sendiri.

Ketidakpopuleran di sekolah dapat mengarah pada seseorang yang hanya memiliki sedikit teman atau bahkan tidak memiliki teman sama sekali, sehingga menjadikan mereka untuk terbiasa melakukan hal-hal sendiri dan untuk diri mereka sendiri.

2. Cenderung lebih akademis

Ini berarti bahwa Anda cenderung lebih gemar untuk belajar dan fokus pada pelajaran daripada bersosialisasi atau berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di sekolah.

Orang yang fokus pada pembelajaran dianggap kurang populer karena mereka lebih memilih belajar daripada bersosialisasi.

Selain itu, mereka yang tidak populer saat di sekolah cenderung lebih mencurahkan diri pada studi mereka sebagai jalan keluar untuk energi mereka yang tidak terpenuhi di kehidupan sosial mereka.

3. Anda introvert

Orang yang introvert cenderung menghadapi kesulitan dalam bersosialisasi di sekolah. Ini disebabkan oleh kecenderungan introvert untuk merasa tidak nyaman dalam situasi sosial dan kebutuhan mereka terhadap waktu menyendiri untuk mengisi ulang energi.

Sebagai seorang siswa, mereka sering kali dipaksa ke dalam situasi sosial seperti kelas, proyek kelompok, dan kegiatan wajib yang mungkin tidak sesuai dengan preferensi mereka.

Karena itu, mereka mungkin merasa tidak nyaman dan kurang populer di antara teman sebayanya.

4. Rendahnya harga diri

Seseorang yang tidak populer di sekolah cenderung memiliki harga diri rendah saat ia dewasa. Hal ini karena harga diri adalah kombinasi dari berbagai faktor, termasuk pengalaman masa kecil, pola pikir, dan dukungan sosial.

Pengalaman tidak populer di sekolah bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi harga diri seseorang, terutama jika pengalaman itu memengaruhi persepsi diri dan kepercayaan diri mereka.

5. Takut mengalami penolakan

Orang yang tidak populer di sekolah cenderung takut mengalami penolakan. Ini bisa terjadi karena mereka telah mengalami penolakan.

Sebagai hasilnya, mereka cenderung mengembangkan ketakutan yang kuat terhadap pengalaman serupa di masa depan.

Selain itu, orang-orang dengan harga diri rendah cenderung memperkuat ketakutan ini karena pola pikir mereka akan penolakan tersebut sebagai bagian dari penilaian nilai diri mereka.

Ini membuat mereka cenderung cemas ketika bertemu dengan orang baru dan takut untuk menunjukkan diri sendiri yang sebenarnya karena takut akan ditolak lagi.

6. Lebih memilih untuk bergaul dengan orang yang lebih dewasa

Ini bisa terjadi karena pengalaman tidak populer di sekolah membuat seseorang merasa sulit untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, sehingga mereka lebih memilih untuk bergaul dengan orang yang lebih tua yang diharapkan lebih dewasa dan menerima mereka apa adanya.

Namun, tidak semua orang yang tidak populer di sekolah akan mengalami ini. Beberapa mungkin tetap memiliki hubungan yang kuat dengan teman sebayanya atau mungkin menemukan kelompok sosial yang sesuai dan sefrekuensi dengan mereka di masa dewasa.

Tetapi, bagi beberapa orang, pengalaman tidak populer di sekolah dapat memengaruhi cara mereka memilih teman dan lingkungan sosial mereka di masa dewasa, termasuk cenderung bergaul dengan orang yang lebih dewasa.

7. Kesulitan dalam bersosialisasi

Orang yang tidak populer saat di sekolah cenderung memiliki keterampilan sosial yang kurang karena kurangnya pengalaman dalam berinteraksi dengan orang lain atau karena mereka tidak memiliki kemampuan empati yang kuat.

Selain itu, mereka juga bisa merasa canggung atau tidak nyaman dalam situasi sosial karena pengalaman negatif atau penolakan yang mereka alami di masa lalu.

Kurangnya pengalaman dalam memahami tindakan, emosi, dan niat orang lain juga dapat membuat mereka kesulitan membaca situasi sosial dengan baik.

Akibatnya, mereka mungkin merasa kesulitan untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang lain, membuat hubungan dengan teman baru, atau menjaga hubungan interpersonal yang sehat.

8. Anda mengalami kesulitan keuangan

Orang yang tidak populer di sekolah cenderung menghadapi kesulitan dengan uang. Hal ini disebabkan oleh hubungan antara popularitas di sekolah dan pendapatan di masa depan.

Penelitian menunjukkan bahwa popularitas di sekolah dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalin jaringan dan bersosialisasi, yang pada akhirnya dapat memengaruhi peluang kerja dan pendapatan di masa dewasa.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #orang #yang #tidak #populer #saat #sekolah #biasanya #memiliki #ciri #dalam #dirinya #sosoknya #justru #lebih #akademis

KOMENTAR