8 Kebiasaan dan Bahasa Tubuh yang Membuat Anda Terlihat Lebih Cerdas Menurut Psikologi, Bicara dengan Pelan dan Jelas
ilustrasi - kebiasaan dan bahasa tubuh yang membuatnya terlihat lebih cerdas (freepik/nensuria)
13:32
10 Mei 2024

8 Kebiasaan dan Bahasa Tubuh yang Membuat Anda Terlihat Lebih Cerdas Menurut Psikologi, Bicara dengan Pelan dan Jelas

 

 – Menurut para ahli, cara kita bergerak dan bertindak bisa menunjukkan kecerdasan kita bahkan sebelum kita berbicara. Hal ini biasa dikenal dengan bahasa tubuh.

Salah satunya bahasa tubuh yang bisa membuat Anda terlihat lebih cerdas. Artinya Anda bisa tampil lebih pintar tanpa mengucapkan sepatah katapun.

Bahasa tubuh ini sangat penting untuk persiapan Anda menghadapi wawancara kerja, tampil mengesankan saat berkencan atau sekadar meningkatkan kepercayaan diri dalam agenda penting Anda.

Dilansir dari laman Global English Editing, Jumat (10/5), beberapa kebiasaan bahasa tubuh yang membuat Anda terlihat lebih cerdas diantaranya:

  1. Berdiri tegak

Berdiri tegak merupakan salah satu bahasa tubuh yang tidak hanya membuat Anda terlihat lebih cerdas namun juga merasa lebih percaya diri.

Hal ini erat kaitannya dengan psikologi yang menyatakan bahwa ketika Anda merasa rendah diri atau kurang cerdas maka Anda cenderung terpuruk sehingga membuat diri Anda lebih kecil secara fisik.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin terlihat lebih cerdas maka belajar untuk membiasakan berdiri tegak saat berinteraksi dengan orang lain.

  1. Mempertahankan kontak mata

Mempertahankan pandangan tetap saat berbicara adalah tanda kecerdasan dan kepercayaan diri. Hal ini menunjukkan bahwa Anda terlibat aktif dan tertarik dengan percakapan tersebut.

Namun Anda tetap berhati-hati karena jika terlalu banyak kontak mata bisa terkesan agresif atau tidak nyaman.

Sehingga, Anda perlu keseimbangan dengan menahan selama beberapa detik lalu alihkan pandangan sebentar sebelum menjalin kembali kontak mata.

  1. Tersenyum dengan tulus

Senyuman yang tulus lebih dari sekadar sikap sopan melainkan alat yang ampuh untuk membuat Anda tampil tidak hanya ramah tetapi juga cerdas.

Ketika Anda tersenyum dengan tulus, wajah Anda akan bersinar dan membuat Anda lebih menarik. Selain itu, dengan tersenyum tulus bisa langsung menciptakan rasa percaya dan hubungan dengan orang lain.

  1. Membatasi kegelisahan

Ada beberapa bahasa tubuh yang menunjukkan kegelisahan seperti teru-menerus menghentakkan kaki atau memutar-mutar pena saat berbicara dengan orang lain.

Hal ini tidak hanya mengganggu orang lain tapi juga memberikan kesan bahwa Anda gugup atau tidak yakin.

Pada intinya, dengan menjaga gerakan tubuh Anda tetap tenang dan terkendali maka Anda terlihat lebih percaya diri dan cerdas pula.

  1. Menghindari menyilangkan tangan

Bahasa tubuh dengan menyilangkan tangan mempunyai arti bahwa Anda merasa sedikit defensif atau tidak aman. 

Menyilangkan tangan juga menandakan Anda membangun penghalang fisik antara diri Anda dengan orang yang berinteraksi dengan Anda.

Ketika Anda menunjukkan bahasa tubuh ini, Anda sama halnya terlihat tertutup dan menolak ide-ide baru. Hal ini sudah jelas bukanlah gambaran kecerdasan yang ingin Anda wujudkan.

  1. Bicara dengan pelan dan jelas

Berbicara dengan pelan dan jelas tidak hanya menunjukkan rasa percaya diri namun juga membuat kata-kata Anda lebih berkelas dan berbobot sehingga terlihat lebih cerdas.

Jadi, jika Anda ingin terlihat lebih cerdas maka Anda perlu membiasakan diri untuk berbicara dengan nada pelan dan artikulasi yang jelas.

  1. Menjauhkan ponsel saat berbicara

Ketika Anda terus-menerus menerus memeriksa ponsel Anda selama percakapan maka tidak hanya terlihat tidak sopan tetapi juga membuat Anda terlihat kurang pintar.

Selain itu, bahasa tubuh ini juga memberikan kesan bahwa Anda tidak sepenuhnya terlibat dan lebih suka berada di tempat lain. Jadi, mulai sekarang biasakan tidak memeriksa ponsel saat percakapan berlangsung.

  1. Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara

Kebiasaan terakhir yang mampu membantu Anda agar terlihat lebih cerdas adalah lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. 

Sebab, mendengarkan menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk mempelajari  hal-hal baru dan menghargai sudut pandang orang lain.

Selain itu, ketika Anda lebih banyak mendengarkan maka ketika Anda berbicara, perkataan Anda akan lebih berbobot karena orang tahu Anda telah meluangkan waktu untuk memikirkan tanggapan Anda.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kebiasaan #bahasa #tubuh #yang #membuat #anda #terlihat #lebih #cerdas #menurut #psikologi #bicara #dengan #pelan #jelas

KOMENTAR