Orang yang Tidak Betah Menjomblo Memiliki 7 Ciri Berikut, Kurang Introspektif Jadi Salah Satunya
Ilustrasi seseorang dalam hubungan romantis karena kecenderungannya yang tidak betah menjomblo. (Sumber foto: freepik/prostooleh)
17:26
9 Mei 2024

Orang yang Tidak Betah Menjomblo Memiliki 7 Ciri Berikut, Kurang Introspektif Jadi Salah Satunya

 - Bagi sebagian orang, kesendirian bukan hanya sekadar momok yang menakutkan, tetapi juga merupakan rasa ketidaknyamanan yang menghantui.

Mereka cenderung merasa lebih aman dan dihargai saat berada dalam lingkaran hubungan yang aktif. Namun, di balik rasa ketidaknyamanan itu, apa yang sebenarnya mendorong seseorang untuk menghindari kesendirian?

Dilansir dari Lessons From The End of A Marriage pada Kamis (9/5), terdapat 7 ciri khas yang sering terlihat pada orang yang tidak betah menjomblo.

1. Memiliki pandangan romantis tentang cinta

Orang-orang yang selalu berada dalam hubungan dan tidak betah saat menjomblo cenderung memiliki pandangan romantis tentang cinta.

Mereka percaya bahwa di dunia ini ada seseorang yang ditakdirkan untuk mereka, yang sering kali disebut sebagai jodoh atau cinta Sejati.

Mereka yakin bahwa untuk menemukan pasangan yang tepat, mereka perlu mencoba-coba dengan beberapa orang sebelum menemukan yang benar-benar cocok dengan diri mereka.

Orang-orang seperti ini cenderung menikmati perasaan gembira di awal hubungan baru dan percaya bahwa setiap kali mereka bertemu dengan seseorang yang baru, itu bisa jadi jodoh mereka yang sejati.

2. Mudah merasa insecure

Orang-orang yang tidak betah menjomblo seringkali merasa tidak percaya diri dsn cenderung insecure. Mereka menilai bahwa keberhasilan mereka berdasarkan status hubungan mereka dsn merasa bahwa memiliki pasangan akan meningkatkan citra diri mereka.

Mereka memiliki keyakinan bahwa mereka tidak cukup mampu atau berharga secara individual, sehingga mereka mencari keberadaan pasangan untuk memberikan arah hidup atau mengisi kekosongan dalam hidup mereka.

Mereka cenderung melihat identitas dan nilai diri mereka tercermin dalam hubungan mereka dengan pasangan, sehingga mereka cenderung mengalami ketidaknyamanan atau kekosongan ketika tidak memiliki pasangan di sisi mereka.

3. Mudah bergantung pada orang lain

Oran-orang yang tidak betah menjomblo  menunjukkan bahwa mereka mudah bergantung pada orang lain. Orang-orang seperti ini sering kali telah terbiasa untuk tidak berpikir secara mandiri karena kebiasaan dan pengaruh dari lingkungan mereka.

Bagi mereka, ketika mereka sendiri tanpa pasangan, ini tidak hanya memicu perasaan kesepian, tetapi juga membawa rasa tidak mampu untuk menghadapi situasi tanpa bantuan orang lain.

Hal ini terjadi karena mereka tidak terbiasa dengan kemandirian dan cenderung mengandalkan orang lain untuk pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah.

4. Ketakutan dan kecemasan

Orang-orang yang tidak betah menjomblo cenderung merasa takut menghadapi tantangan hidup sendirian dan merasa lebih aman ketika ada pasangan di sekitar untuk mendukung mereka.

Mereka juga khawatir bahwa mereka tidak akan pernah menemukan cinta lagi, sehingga ini mendorong mereka untuk melompat ke dalam hubungan baru dengan cepat, karena mereka merasa ini mungkin kesempatan terakhir mereka untuk menemukan cinta atau kebahagiaan.

Ini adalah respons emosional yang kompleks terhadap perasaan ketidakamanan dan kekhawatiran tentang masa depan.

5. Sikap optimis terhadap cinta

Orang-orang yang tidak betah menjomblo cenderung memiliki sikap optimis terhadap cinta. Bagi mereka, hubungan yang gagal di masa lalu bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebagai kesempatan untuk mencobanya kembali.

Mereka tidak memendam rasa pahit terhadap mantan pacar atau perasaan cinta pada umumnya.

Alih-alih merasa kecewa dan terpuruk usai kegagalan cinta, mereka tidak membuang waktu untuk menyalahkan diri sendiri atau mantan pasangan dan memilih untuk melangkah maju dan menerima pengalaman baru dengan tangan terbuka.

6. Kurang instrospektif

Orang-orang yang tidak betah menjomblo cenderung kurang introspektif. Mereka lebih cenderung fokus pada hubungan eksternal daripada meluangkan waktu untuk mengevaluasi diri sendiri secara dalam.

Hal ini dapat membuat mereka kurang sadar terhadap pola pikir, emosi, dan perilaku mereka sendiri, serta kurang mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin timbul dalam hubungan.

Sebagai hasilnya, mereka tidak mampu mengambil pelajaran dari pengalaman sebelumnya atau melakukan pertumbuhan pribadi yang diperlukan sebelum terjun ke hubungan berikutnya.

7. Memberikan segalanya pada hubungan romantis

Orang-orang yang tidak betah menjomblo cenderung bersikap murah hati, baik dalam memberikan waktu maupun perhatian mereka kepada orang yang dicintainya.

Kadang-kadang, mereka bisa sangat melampaui batas dengan memberikan terlalu banyak dan menentukan nilai diri mereka berdasarkan apa yang mereka lakukan untuk orang lain.

Mereka memberikan lebih banyak pada hubungan dengan memberikan materi atau perhatian kepada pasangan sebagai cara untuk mempertahankan ikatan dalam hubungan.

Ini bisa berarti bahwa mereka mengorbankan kebutuhan dan keinginan pribadi mereka demi orang lain, yang pada akhirnya dapat memengaruhi cara mereka memahami diri mereka sendiri dan hubungan mereka dengan orang lain.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #orang #yang #tidak #betah #menjomblo #memiliki #ciri #berikut #kurang #introspektif #jadi #salah #satunya

KOMENTAR