Berjiwa Sosial Namun Suka Menyendiri, Ini 2 Tipe Kepribadian Ekstrovert MBTI yang Memiliki Sifat Layaknya Seorang Introvert
2 tipe kepribadian ekstrovert MBTI ini sangat suka menyendiri (astrotalk.com)
19:38
5 Mei 2024

Berjiwa Sosial Namun Suka Menyendiri, Ini 2 Tipe Kepribadian Ekstrovert MBTI yang Memiliki Sifat Layaknya Seorang Introvert

 Dalam tes kepribadian berdasarkan Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI), beberapa tipe kepribadian yang memiliki sifat bawaan ekstrovert ternyata juga memiliki kecenderungan lebih pendiam dan suka menyendiri.   Karena fakta ini, beberapa kepribadian ekstrovert MBTI tersebut mungkin seringkali disebut-sebut sebagai seorang yang Ambivert. Selain memiliki sifat-sifat ekstroversi, mereka juga terkadang bisa sangat individualis dan senang menyendiri layaknya seorang introvert.

Dilansir dari quora, Minggu (5/5), berikut 2 tipe kepribadian MBTI ekstrovert yang paling penyendiri dan seringkali disebut-sebut memiliki kecenderungan seorang introvert juga didalam dirinya.

1. ENTP

Kepribadian ENTP merupakan salah satu tipe kepribadian MBTI yang memiliki sifat ekstrovert sekaligus juga menjadi yang paling introvert diantara tipe ekstrovert.

Fakta ini membuat orang-orang ENTP selalu bisa memilih kapan mereka ingin bersosialisasi dan kapan mereka ingin menyendiri atau hanya ditemani satu atau dua teman dekatnya daripada kelompok yang lebih besar.

Mereka berkembang dalam tantangan intelektual dan sangat senang berdebat tentang beragam topik, mulai dari sains hingga filsafat. Selain itu, orang-orang ENTP juga terkenal sangat inventif.

Pikiran mereka memunculkan ide-ide baru dan kemungkinan-kemungkinan yang tampak mustahil bagi orang lain. Karena kecenderungan introvertnya, ENTP biasanya membutuhkan waktu untuk berpikir lebih lama untuk mendapatkan inspirasi dan kreatif.

2. ENFP

ENFP adalah tipe kepribadian paling ekstrover ketujuh. Yang menarik dari tipe ENFP ini adalah, mereka bisa bersifat introvert sekaligus juga ekstrovert. Dunia batin mereka yang sangat kaya, memungkinkan mereka memiliki beragam minat dan pendapat.

ENFP secara alami memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang mengeksplorasi ide serta konsep baru. Mereka juga mampu beradaptasi dengan cepat terhadap segala situasi dan orang yang berbeda.

Kualitas ini menjadikan mereka komunikator hebat yang dapat terhubung dengan siapa pun. Selain kemampuan komunikasinya, mereka juga memiliki antusiasme yang menular terhadap hidup dan cenderung suka berpesta.

Tapi dibalik semua itu, mereka juga senang mengeksplorasi pikiran batin mereka dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diri mereka menyendiri.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #berjiwa #sosial #namun #suka #menyendiri #tipe #kepribadian #ekstrovert #mbti #yang #memiliki #sifat #layaknya #seorang #introvert

KOMENTAR