7 Cara Atasi Bad Mood Saat Bekerja, Jaga Profesionalitas untuk Karier Cemerlang
Ilustrasi: kerja sama bisnis.
19:52
16 Januari 2024

7 Cara Atasi Bad Mood Saat Bekerja, Jaga Profesionalitas untuk Karier Cemerlang

- Bad mood atau suasana hati lagi tidak baik-baik saja saat bekerja bisa mengganggu produktivitas. Kondisi bad mood dapat membuat seseorang mengalami kesulitan mempertahankan sikap saat bertemu rekan kerja. Tidak hanya itu, bad mood seorang karyawan bisa membuat atasan jadi terganggu.

Lebih bahaya lagi, bad mood dapat menular kepada orang lain, sehingga dapat memperburuk suasana di tempat kerja. Oleh karena itu, untuk menjaga karier agar tetap cemerlang dan terhindari dari bad mood, ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 cara mudah untuk mengatasi bad mood.

1. Cari Tahu Penyebab Bad Mood

Perasaan bad mood tidak terjadi begitu saja, melainkan muncul karena beberapa hal. Misalnya, pada saat menuju ke kantor tidak ada ojek online yang menerima pesanan. Hal itu membuat datang terlambat ke kantor. Kejadian itu dapat menimbulkan rasa bad mood dalam sehari dan membuat tidak fokus saat bekerja.

Oleh karena itu, setelah mengetahui penyebab bad mood dapat berdamai dengan diri sendiri atas kejadian yang telah berlalu.

2. Istirahat

Istirahat sejenak dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi bad mood. Waktu istirahat yang terbatas pada saat bekerja dapat dimanfaatkan dengan maksimal, seperti dengan sekadar tiduran atau rebahan.

Selain itu, dapat menerapkan teknik meditasi singkat. Cara itu bisa membantu memberikan ketenangan dan menambah energi.

3. Mencari Kegiatan yang Memicu Rasa Senang

Mengatasi bad mood dengan cara melihat unggahan lucu di sosial media, membaca, dan masih banyak cara lainnya.

4. Melakukan Kegiatan Selain Pekerjaan

Melakukan kegiatan selain pekerjaan dapat menjadi solusi untuk mengatasi bad mood saat bekerja. Kegiatan di luar pekerjaan dapat membantu untuk mendistraksi rasa kesalahan yang sebelumnya terjadi.

Misalnya, berbagi cerita kepada rekan kerja akan membuat seseorang yang mengalami bad mood sedikit merasa lega.

5. Olah Pernapasan

Dilansir dari forbes.com, menarik napas yang dalam dapat membantu rasa bad mood agar tidak menjadi nada suara yang meninggi.

Melakukan olah pernapasan dengan cara yang dalam, lambat, dan berirama, dapat menghilangkan bad mood, khususnya pada saat bekerja.

Selain itu, melakukan olah pernapasan usahakan di tempat yang nyaman dan tenang, untuk lebih mudah konsentrasi.

6. Olahraga Ringan

Olahraga pada saat bekerja di kantor dengan cara berjalan kaki atau sekadar berpegangan pada benda yang kokoh, dapat menjadi solusi untuk meredakan bad mood.

Selain itu, melakukan olahraga dengan cara seperti melakukan gerakan tubuh atau peregangan sederhana di sela-sela pekerjaan.

7. Makanan dan Minuman Kesukaan

Makanan kesukaan dapat membantu keadaan bad mood, misalnya coklat, permen, buah, dan masih banyak makanan-makan lainnya.

Selain makanan, beberapa jenis minuman dapat meredakan bad mood, misalnya jus buah, minuman coklat, dan menu minuman lainnya, yang dapat menyesuaikan dengan kesukaan setiap orang.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #cara #atasi #mood #saat #bekerja #jaga #profesionalitas #untuk #karier #cemerlang

KOMENTAR