Mie Gacoan Punya Siapa? Kedai Kekinian Anti Sepi Dikunjungi Presiden Jokowi hingga Buat Pak Bas Kepedesan
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Basuki makan di Warung Mie Gacoan (Instagram Jokowi)
14:35
2 Mei 2024

Mie Gacoan Punya Siapa? Kedai Kekinian Anti Sepi Dikunjungi Presiden Jokowi hingga Buat Pak Bas Kepedesan

Jokowi membagikan video mini vlog ketika sedang makan di Mie Gacoan. Sontak hal ini menyebabkan Mie Gacoan semakin ramai dan viral dengan orang-orang penasaran mie gacoan punya siapa? 

Menikmati kuliner andalan dan berjumpa masyarakat di Mataram tadi malam. Mari kita dukung pengembangan usaha lokal yang juga meningkatkan perekonomian daerahnya, kata Jokowi dalam caption postingan instagram reels. 

Ayah dari Gibran Rakabuming ini bahkan merekam dirinya sendiri ketika menu yang dipesan telah tersaji di atas meja. Dalam satu meja bersama Jokowi ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

"Saya sekarang ini di Mataram NTB, ingin mencoba Mie Gacoan," kata Jokowi di depan kedai mie kekinian yang tidak pernah sepi pembeli ini.

"Pesanan sudah datang, mie gacoan. Saya mau coba ini. Pedes, pedas sekali," ungkap Jokowi setelah mencobanya.

Jokowi bahkan dianggap layak menjadi seorang food vlogger. Lantaran caranya merekam dan memegang kamera ketika makan di Mie Gacoan sudah piawai.

"Pak Jokowi emang udah bakat jadi food vlogger sejak dahulu," kata kenandgrat.

"Pak jokowi udah kaya vloger food, lucu bapak presiden kita ini," ujar kim_ji_ra02.

Selain itu, banyak yang berkomentar lucu di instagram Presiden Republik Indonesia itu. Salah satu warganet menyoroti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang akrab disapa Pak Bas yang seperti kepedasan.

"Pak Bas kepedasan sambil nuangin kecap," komentar warganet.

Meskipun terlihat kepedesan, Basuki mengaku sudah makan mie Gacoan dengan tingkat level pedas 2. Sementara Andi Amran mengaku sudah makan 1,5 porsi.

"Level 2 tapi saya kira ini sudah top-nya saya. Saya makan sampai level 2 ini, tapi sip," kata Basuki.

"Wah enak banget, hanya saja pedasnya ini level 1 pedas banget tapi karena bapak Presiden makan, aku ikut makan juga. Akhirnya menyerah aku pesan yang kedua. Jadi saya makan 1,5," ungkap Andi Amran.

Profil Pemilik Mie Gacoan

Mie Gacoan yang viral gara-gara aksi Presiden RI ini membuat profil pemilik Mie Gacoan ikut menarik perhatian publik. Bagi yang belum tahu pasti bertanya-tanya, Mie Gacoan itu punya siapa. 

Pemilik Mie Gacoan bernama Harris Kristanto. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber disebutkan bahwa Harris memulai usaha dari nol di Kota Malang, Jawa TImur, pada 2016. 

Di awal bisnis, Mie Gacoan tidak segera populer, tetapi masih harus berjuang dengan sistem marketing yang pas. Promosi terus dilakukan sehingga Mie Gacoan berhasil mendirikan cabang. Daya tarik utama dari Mie Gacoan adalah cita rasa pedas di mana orang-orang bisa menantang diri sendiri untuk mencicipi rasa pedas gurih Mie Gacoan.

Seringkali para Youtuber yang khusus membahas kuliner melakukan challenge di sini. Hal ini membuat Mie Gacoan cepat naik popularitasnya. 

Harris Kristanto (Facebook)Harris Kristanto (Facebook)

Sekarang, Mie Gacoan sudah buka cabang di berbagai daerah, seperti Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Harris bekerja dengan strategi emas, bekerjasama dengan aplikasi Grab, Gojek, dan Shopeefood, mempermudah masyarakat untuk mendapatkan Mie Gacoan.

Dengan layanan delivery, orang-orang yang malas datang ke warung Mie Gacoan secara langsung, tetap bisa menikmati Mie Gacoan dari rumah. Ini membuat keuntungan Mie Gacoan meningkat pesat, sehingga penghasilannya bisa digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan secara luas untuk ribuan orang. 

Memulai Bisnis dari Nol

Proses di balik kesuksesan tersebut tidak mudah. Harris Kristanto memulai bisnis dari nol. Sarjana Ekonomi Lulusan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, tahun 2010 ini memulai Mie Gacoan dari sebuah outlet.

Pada saat itu, untuk mempermudah pengenalan produknya ia bekerjasama dengan Grab Food, Gojek, dan Shopeefood. Pilihan kerjasama strategis tersebut membuahkan hasil, sehingga ia melanjutkan kerjasama tersebut sampai sekarang. 

Latar Belakang Keluarga 

Harris Kristanto berasal dari keluarga kalangan menengah. Sebelum dikenal sebagai pengusaha, ia adalah sarjana muda Ekonomi, putra dari pasangan Rubin Salim dan Agustina. Harris memiliki darah Tionghoa dari garis ayah. Harris saat ini sudah menikah dengan seorang perempuan bernama Fiony Lie. Pernikahan mereka berlangsung di tahun 2016. 

Daya tarik Mie Gacoan

Menu Mie Gacoan (Instagram/mie.gacoan)Menu Mie Gacoan (Instagram/mie.gacoan)

Sebelum membuka bisnis, Harris melakukan analisis terhadap selera pasar masyarakat Indonesia. Ia menemukan mie adalah salah satu sajian favorit, dari anak kecil sampai orang tua. Mereka bisa datang ke warung Mie Gacoan bersama seluruh anggota keluarga. 

Harris mengembangkan inovasinya. Akhirnya ia memutuskan untuk menciptakan Mie Gacoan. Dengan latar belakang sarjana Ekonomi, Harris mempelajari sistem bisnis yang dapat mencapai kesuksesan.

Konsep Mie Gacoan sendiri pada awalnya akan menjadi tempat nongkrong kawula muda dengan musik dan colokan yang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah, tetapi siapa sangka, bahwa perkembangan bisnisnya berbeda dari yang dibayangkan Harris. 

Tempat makan Warung Gacoan tetap menyediakan colokan dan tempat duduk yang nyaman, tetapi umumnya orang-orang datang ke sana untuk makan dan jarang ditemukan ada yang bekerja atau mengerjakan tugas kuliah di sana.

Orang-orang justru datang bersama teman-teman dan anggota keluarga. Menikmati acara makan bersama Mie Gacoan yang pedas. Setelah itu, mereka pulang. 

Hal itu terjadi karena Mie Gacoan menyediakan mie dengan aneka rasa dan level pedas sesuai selera. Dengan level pedas yang bisa pilih, masyarakat Indonesia yang pada umumnya suka masakan pedas gurih akhirnya memilih untuk menikmati cita rasa tersebut bersama teman-teman.

Ramai-ramai makan pedas lebih menyenangkan daripada sendirian. Demikian itu uraian ringkas untuk menjawab Mie Gacoan itu punya siapa.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #gacoan #punya #siapa #kedai #kekinian #anti #sepi #dikunjungi #presiden #jokowi #hingga #buat #kepedesan

KOMENTAR