Kebanjiran Follower, Akun IG Wasit Shen Yinhao Ternyata Palsu? Netizen: Di China Kan Instagram Diblokir
Borok wasit Shen Yinhao dibongkar fans fanatik klub China. [X]
13:01
30 April 2024

Kebanjiran Follower, Akun IG Wasit Shen Yinhao Ternyata Palsu? Netizen: Di China Kan Instagram Diblokir

Wasit Shen Yinhao menyita perhatian banyak pihak setelah menjadi pemimpin pertandingan Indonesia vs Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23.

Banyak yang meluapkan rasa kesalnya karena menganggap keputusan-keputusan Shen Yinghao sudah merugikan Indonesia. Salah satunya karena menganulir tembakan Muhammad Ferarri yang sudah berhasil menjebol gawang kiper Uzbekistan, Abduvakhid Nematov.

Tak heran jika kemudian profil Shen Yinhao ramai dicari, salah satunya perihal akun Instagram. Bahkan akun Instagram @yinhao.shen yang diduga dimiliki sang wasit terpantau terus dibanjiri followers, yakni mencapai 162 ribu orang pada Selasa (30/4/2024) siang.

Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Shen Yinhao Punya Jejak Kriminal [Tangkap layar Twitter]Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Shen Yinhao Punya Jejak Kriminal [Tangkap layar Twitter]


Namun tampaknya warganet harus lebih berhati-hati lantaran akun tersebut ternyata bukan milik Shen Yinhao. Hal ini seperti diungkap akun X @kegblgnunfaedh, dengan bukti bahwa akun Instagram tersebut dibuat di Indonesia pada akhir tahun 2021.

Ini akun tadinya cuman 20k an jadi besar sekarang. Tau sih kalian mau melampiaskan emosi kalian tapi jangan follow gaes, ini akun buatan netizen Indonesia entar juga setelah gede dan hype berkurang dia bakalan ubah nama ada open pp/endorse,” cuitnya.

Bukti lain bahwa akun @yinhao.shen bukanlah milik sang wasit asal Cina adalah karena nama akun tersebut telah diganti sebanyak 8 kali. Dengan kata lain, pengelola akunnya memang dengan sengaja langsung mengubah nama akunnya demi mengikuti tingginya sorotan terhadap wasit Shen Yinhao.

FYI instagram diblokir sama negara China itu yang menyebabkan jarang orang china punya akun ig mereka lebih suka pakek weibo aplikasi buatan china. Jadi kalau warga china mau buka ig mereka pakek vpn atau pas di negara lain,” tegas akun @kegblgnunfaedh.

Terpantau ada banyak akun Instagram dengan nama serupa Shen Yinhao yang dapat dijumpai, tetapi semuanya diduga akun palsu yang sengaja dibuat untuk menjaring banyak followers dan engagement.

Termasuk di antaranya adalah akun Instagram @shenyinhao.official. Dikutip dari berbagai sumber, wasit kelahiran 6 November 1986 ini sebenarnya tidak mempunyai media sosial seperti Facebook maupun Instagram.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kebanjiran #follower #akun #wasit #shen #yinhao #ternyata #palsu #netizen #china #instagram #diblokir

KOMENTAR