Orang Malaysia Akui Kehebatan STY Latih Timnas Indonesia U-23, Netizen: Beda Sama yang Katanya Pengamat
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Instagram/@shintaeyong7777)
12:10
27 April 2024

Orang Malaysia Akui Kehebatan STY Latih Timnas Indonesia U-23, Netizen: Beda Sama yang Katanya Pengamat

Keberhasilan Shin Tae-yong alias STY membawa Timnas Indonesia U-23 melaju hingga semifinal Piala Asia U-23 menuai sorotan dari banyak pihak, tak terkecuali orang-orang Malaysia.

Seperti mengutip dari unggahan kanal YouTube Astro Arena, tampak dua orang asal Malaysia yang menyoroti bagaimana perkembangan Timnas Indonesia U-23 di bawah kepelatihan STY.

Disebutkan apabila STY berhasil meramu pemain-pemain untuk skuad berjuluk Garuda Muda tersebut. Mulai dari pemain yang bermain di liga 1 di Indonesia hingga liga di Eropa.

"Sekarang masa untuk Indonesia. Ada campuran beberapa pemain, ada yang dari Liga 1 misalnya Ernando Ari, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta," ujar orang Malaysia, dikutip Sabtu (27/4/2024).

"Pemain-pemain yang bermain di Eropa, ada Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan ada beberapa nama lain yang seperti Justin Hubner. Jadi blend," imbuhnya.

Orang Malaysia tersebut juga memuji STY yang berhasil membuat para pemain Timnas Indonesia U-23 tak merasakan inferiority complex ketika menghadapi tim-tim raksasa di Piala Asia U-23 2024.

Sebagai informasi, inferiority complex merupakan istilah psikologi untuk menggambarkan karakter seseorang yang merasakan rendah diri dan merasa tidak mampu secara terus-menerus.

"Di Asia Tenggara ini bagi aku ada satu wabah yang akan selalu membelenggu di dunia sepak bola, wabah inferiority complex. Karena sebagai sebuah negara, kawasan kita sering dilihat sebagai wilayah kecil," ujar orang Malaysia.

"Tapi kalau aku lihat di Piala Asia enggak ada rasa takut dari Indonesia. Main lawan Australia, lawan Jordania di Piala Asia, mereka bermain tanpa rasa takut atau gusar. Bagi aku ini adalah berkat kontribusi Shin Tae-yong," lanjutnya.

Pernyataan orang-orang Malaysia yang mengakui kehebatan STY ini sontak saja menuai sorotan dari netizen di Indonesia. Hal ini terlihat dari unggahan akun X @/FaktaSepakBola yang mengunggah potongan video dua orang Malaysia tersebut.

"Mereka rival tapi berani mengakui. Lha ini yang katanya pengamat tapi gengsi banget buat ngakuin," komentar netizen.

"Omongan si orgil itu aja diketawain sama orang Malaysia yang kagum sama STY," timpal netizen.

"Bahkan negara tetanga juga ingin pelatih timnasnya didukung penuh oleh ketua umumnya, tapi di sini aja aja yang nyinyir dengan STY yang didukung penuh," ujar netizen.

"Bedanya orang berilmu sama bertowel ini," imbuh netizen.

"Towel itu bukan enggak paham ginian, cuma pengin aja dia gitu. Ya kalau orang sengaja begitu pasti lah ada tujuan tersendiri," komentar netizen lainnya lagi.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #orang #malaysia #akui #kehebatan #latih #timnas #indonesia #netizen #beda #sama #yang #katanya #pengamat

KOMENTAR