4 Cara Ini akan Membuat Kamu Terlihat Cerdas Tanpa Mengucapkan Apapun Menurut Psikologi, Salah Satunya Pakai Baju Hitam
Ilustrasi orang yang cerdas dengan pakaian hitam. (Freepik)
19:00
26 April 2024

4 Cara Ini akan Membuat Kamu Terlihat Cerdas Tanpa Mengucapkan Apapun Menurut Psikologi, Salah Satunya Pakai Baju Hitam

Setiap orang tentunya ingin terlihat cerdas di hadapan orang lain. Ternyata, untuk bisa terlihat cerdas bisa dilakukan tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Salah satunya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memakai baju hitam. Lalu, apa saja cara lain yang bisa dilakukan agar terlihat cerdas?

Mari cari tahu dalam artikel ini yang dikutip dari Hackspirit.com, Jumat (26/4)

1. Tidak Berlebihan Meniru Bahasa Tubuh Orang Lain

Seperti yang dicatat oleh Dr. Suzanne Degges-White, seorang profesor dan konselor berlisensi, kecerdasan mengacu pada kecenderungan untuk meniru atau mencerminkan ekspresi wajah, perilaku nonverbal, dan ekspresi verbal orang lain. Hal ini juga disebut efek bunglon yang memberikan banyak manfaat.

Di sisi lain, seperti yang disoroti oleh orang-orang di Berkeley Well-Being Institute, sejumlah penelitian telah mendukung bagaimana hal ini dapat membantu kita dalam interaksi sosial, termasuk meningkatkan rasa suka dan percaya serta menciptakan rasa kesamaan dan pengalaman bersama.

Sementara itu, Degges-White dalam postingan Psychology Today mencatat bahwa mencerminkan isyarat verbal dan nonverbal orang lain dapat membangun hubungan baik serta kepercayaan dalam lingkungan profesional yang beragam.

Untuk itu, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut:

- Perhatikan baik-baik bahasa tubuh dan isyarat verbal orang lain tanpa menunjukkan bahwa kamu sedang mempelajarinya.

- Gabungkan gerak tubuh dan pola bicara yang serupa ke dalam interaksimu secara natural dan tidak dipaksakan.

- Jika mereka bersemangat dan memiliki banyak antusiasme, sesuaikan energi tersebut saat diperlukan. Sebaliknya, jika mereka tenang dan bersuara lembut, turunkan tingkat energimu agar sesuai dengan energinya.

Beberapa cara tersebut dilakukan secara natural dan jangan berlebihan. Jika berlebihan, kamu akan terlihat canggung di depan orang lain.

2. Pakai Baju Hitam

Ternyata, warna hitam memiliki hubungan dengan persepsi kecerdasan. Sebuah survei menemukan bahwa orang-orang menganggap mereka yang memakai pakaian hitam lebih cerdas.

Sebanyak 45 persen responden berpendapat bahwa orang cerdas akan mengenakan pakaian berwarna hitam. Sementara itu, warna biru berada di urutan kedua dengan 35 persen. Kemudian, untuk warna pink berada di urutan paling bawah dengan 5 persen.

Meskipun warna pakaian tidak menentukan kecerdasan seseorang, tetapi warna dapat memengaruhi persepsi. Menggunakan pakaian berwarna hitam tampaknya merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin orang menganggap dirimu cerdas.

3. Jadi Pendengar yang Aktif

Seperti yang dikatakan psikoterapis dan pelatih karier Jenny Maenpaa, mereka yang mampu melihat interaksi secara holistik, dibandingkan hanya berada pada saat ini dan merespons hal terakhir yang kamu katakan dengan hal pertama yang mereka pikirkan biasanya adalah orang yang cerdas.

Seperti dicatat oleh British Heart Foundation, mereka menganjurkan kita untuk menghadap orang yang berbicara dan melakukan kontak mata, tidak menyela, mengangguk untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan, dan tidak gelisah.

Keterampilan tersebut tidak hanya membantu kamu memahami apa yang orang tersebut katakan, tetapi juga dapat meningkatkan interaksimu dengan orang lain.

Dengan benar-benar terlibat dalam percakapan dan menunjukkan bahwa kamu menghargai orang yang berbicara kepadamu, hal itu menunjukkan adanya kecerdasan dan perhatian.

Untuk menguasai keterampilan tersebut, kamu bisa melakukan hal berikut:

- Lakukan kontak mata dengan sikap menghormati dan fokus, bukan dengan menatap ke bawah atau ke arah lain. Hal ini menunjukkan bahwa kamu terlibat.

- Mengangguk dan tersenyum yang menunjukkan bahwa kamu memahami apa yang sedang dibicarakan.

- Bersandar sedikit untuk menunjukkan minatmu dan hal itu menunjukkan bahwa kamu terlibat aktif dalam percakapan.

- Biarkan orang yang berbicara kepadamu menyelesaikan perkataannya sebelum kamu memberikan tanggapan. Hal tersebut menunjukkan kamu menghormatinya.

Isyarat tersebut dapat memberikan dampak signifikan terhadap cara orang lain dalam memandang kapasitas intelektual dan keterampilan sosialmu.

4. Pakai Kacamata

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berkacamata dianggap lebih cerdas dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandidat yang berkacamata lebih berpeluang lolos dalam wawancara kerja.

Studi lain pun menyebutkan bahwa memakai kacamata bisa meningkatkan peluang seseorang untuk memenangkan pemilu.

Namun, perlu diingat bahwa memakai kacamata memang tidak selalu menandakan seseorang lebih cerdas.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #akan #membuat #kamu #terlihat #cerdas #tanpa #mengucapkan #apapun #menurut #psikologi #salah #satunya #pakai #baju #hitam

KOMENTAR