Selebgram Chandrika Chika Pakai Narkoba di Usia 21 Tahun, 5 Efeknya Hilang Ingatan hingga Gangguan Otak!
Chandrika Chika. [Instagram]
09:39
24 April 2024

Selebgram Chandrika Chika Pakai Narkoba di Usia 21 Tahun, 5 Efeknya Hilang Ingatan hingga Gangguan Otak!

Heboh selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi di salah satu hotel kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2024) karena kasus penyalahgunaan narkoba. Peristiwa ini membuat publik menyayangkan karena Chika masih berusia belia.

Chika ditangkap tidak seorang diri, melainkan bersama 5 selebgram muda lainnya. Wakasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Reska Anugrah mengatakan penangkapan karena adanya laporan masyarakat.

"Penangkapan dilakukan berdasar laporan masyarakat," ujar Reska.

Selain Chika, lima selebgram lainnya yang ikut ditangkap yaitu AMO, BB, HJ, AT, dan NJ. Dari penangkapan, turut diamankan barang bukti 1 pod atau vape yang berisi liquid atau cairan dengan campuran ganja.

"Sudah diuji, dan positif mengandung ganja," terang Reska.

Selebgram Chandrika Chika (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]Selebgram Chandrika Chika (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Akibatnya kini Chika dan 5 selebgram lainnya sudah berstatus tersangka yang seluruhnya dikenakan Pasal 127 UU Narkotika dengan ancaman 4 tahun penjara.

Chika sebagai perempuan kelahiran 2003 artinya ia masih berusia 21 tahun. Sedangkan ada ancaman kesehatan serius yang siap mengintai jika di usia muda sudah menyentuh barang haram tersebut.

Melansir situs resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan ada tiga jenis narkoba yaitu alami yang berasal dari tanaman seperti  ganja, koka, tembakau, hingga mushroom.

Lalu narkoba semi sintetis, seperti morfin, heroin, kodein, dan alkohol. Terakhir narkoba sintetis yaitu amfetamin, metadon, deksamfetamin, dan ekstasi atau obat inex.

Berikut ini efek kesehatan karena narkoba pada anak muda yang harus dicegah:

1. Terinfeksi penyakit menular

Anak remaja yang menggunakan narkoba dengan jarum suntik juga berisiko tinggi mengidap penyakit yang bisa menular melalui darah. Contohnya seperti HIV, AIDS, dan Hepatitis B dan C.

Beberapa jenis narkoba juga bisa merusak organ dalam tubuh, seperti ekstasi yang bisa menyebabkan gagal jantung dan gagal hati.

2. Dehidrasi

Dampak narkoba bagi kesehatan selanjutnya adalah menyebabkan dehidrasi, terutama jenis narkoba ekstasi. Jika kamu membiarkannya tanpa penanganan serius, kondisi tersebut dapat menyebabkan remaja mengalami kejang, serangan panik, halusinasi, nyeri dada, dan perilaku agresif.

3. Kebingungan dan hilang ingatan

Narkoba mengandung zat gamma-hidroksibutirat dan rohypnol. Zat tersebut dapat menimbulkan efek bingung dan hilang ingatan. Akibatnya, pengguna dapat mengalami gangguan koordinasi gerakan tubuh dan kesadaran pun menurun.

4. Gangguan otak

Narkoba juga bisa mengganggu perkembangan otak anak remaja. Otak anak-anak yang masih muda masih bertumbuh dan berkembang hingga mereka berusia pertengahan 20-

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #selebgram #chandrika #chika #pakai #narkoba #usia #tahun #efeknya #hilang #ingatan #hingga #gangguan #otak

KOMENTAR