Tidak Butuh Validasi, Ini 8 Tanda Kamu Adalah Orang yang Tidak Mementingkan Diri Sendiri Menurut Psikologi
Ilustrasi wanita yang memakai masker wajah ./(freepik/KamranAydinov)
06:34
24 April 2024

Tidak Butuh Validasi, Ini 8 Tanda Kamu Adalah Orang yang Tidak Mementingkan Diri Sendiri Menurut Psikologi

– Memiliki sifat tidak mementingkan diri sendiri adalah salah satu sifat yang positif namun perlu disikapi secara bijak agar tetap memperhatikan kesehatan mental dalam diri sendiri.

Tak sedikit orang yang terlalu mementingkan orang lain hingga lupa dengan diri sendiri tentu akan berbahaya untuk kesehatan mental.

Sehingga perlu ada keseimbangan antara selektif memilih hal apa saja yang perlu diprioritaskan dan mana yang tidak.

Apakah Anda sudah menyadari bahwa dalam diri Anda memiliki sifat yang tidak mementingkan diri sendiri?

Jika belum, Anda perlu menyimak artikel ini hingga tuntas karena akan dibagikan ilmu penting terkait tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tidak egois.

Dilansir dari laman The Vessel, berikut tanda-tanda yang menunjukan Anda adalah orang yang tidak mementingkan diri sendiri diantaranya :

1. Anda selalu mengutamakan orang lain sebelum diri Anda sendiri

Oran yang benar-benar tidak mementingkan diri sendiri sering kali memprioritaskan orang lain daripada dirinya sendiri.

Mungkin Anda mendapati diri Anda selalu menjadi orang terakhir yang makan di sebuah pertemanan karena memastikan semua orang sudah kenyang dulu.

Inilah yang dimaksud dengan tidak mementingkan diri sendiri. Anda selalu berusaha sekuat tenaga untuk memastikan kebahagiaan dan kesejahteraan orang di sekitar Anda.

2. Memiliki empati yang tinggi

Empati adalah komponen inti sebuah kecerdasan emosional yang memungkinkan Anda untuk merespons emosi orang lain dengan tepat yang sering kali menghasilkan tindakan kebaikan dan kasih sayang.

Jika Anda merupakan orang yang benar-benar tidak mementingkan diri sendiri maka Anda mudah memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain.

Hal ini bukan hanya tentang kasihan terhadap orang lain namun tentang memahami perasaan dan sudut pandang mereka.

3. Anda murah hati dengan waktu Anda

Waktu adalah salah satu aset Anda yang paling berharga dan Anda rela membaginya dengan orang lain. Baik itu membantu teman pindah atau menjadi sukarelawan di badan amal setempat.

Hal ini merupakan tindakan Anda yang menunjukkan kesediaan Anda untuk mendedikasikan waktu Anda demi kepentingan orang lain.

4. Anda tidak mudah mengatakan “tidak”

Hal yang membuat menarik dari orang-orang yang benar tidak mementingkan diri mereka sendiri adalah sering kali merasa kesulitan untuk menolak permintaan atau bantuan.

Meskipun sifat ini mencerminkan keinginan bawaan mereka untuk membantu namun terkadang hal ini dapat menyebabkan komitmen berlebihan dan stress.

5. Anda tidak mencari validasi

Jika Anda adalah orang yang benar-benar tidak mementingkan diri Anda sendiri tentu Anda melakukan sesuatu benar karena kebaikan bukan karena tepuk tangan atau pengakuan orang lain.

Tindakan Anda ini didorong oleh kepedulian yang tulus terhadap orang lain bukan keinginan untuk mendapatkan pujian atau penghargaan di depan umum.

6. Anda lebih sering mendengarkan

Dalam percakapan, Anda lebih cenderung mendengarkan daripada berbicara. Hal ini didasarkan Anda yang memiliki minat yang tulus pada cerita, kekhawatiran, dan pengalaman orang lain.

Anda memang tidak menunggu giliran untuk berbicara tetapi hadir sepenuhnya dan memperhatikan apa yang dikatakan orang lain.

7. Anda suka berbagi kebaikan kecil

Apabila Anda adalah orang yang benar-benar tidak mementingkan diri Anda sendiri tentu Anda sangat meyakini bahwa kekuatan tindakan kebaikan kecil dan melakukannya secara alami.

Mulai dari memberi makan hewan yang tersesat hingga berbagi senyuman dengan orang tidak dikenal.

8. Anda selalu mengingat perawatan diri

Orang yang benar-benar tidak mementingkan diri Anda sendiri tentu memahami jika perawatan diri bukanlah hal yang egois namun itu kebutuhan yang penting.

Bagi Anda, menjaga kesejahteraan diri sendiri memungkinkan Anda menjadi pendukung yang lebih baik bagi orang di sekitar Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #butuh #validasi #tanda #kamu #adalah #orang #yang #tidak #mementingkan #diri #sendiri #menurut #psikologi

KOMENTAR