Tes Kepribadian Berdasarkan Tipe Tubuh, Ternyata Kecerdasan Seseorang Juga Bisa Dinilai dari Sini
Ilustrasi tipe tubuh (Jagranjosh.com)
20:14
12 April 2024

Tes Kepribadian Berdasarkan Tipe Tubuh, Ternyata Kecerdasan Seseorang Juga Bisa Dinilai dari Sini

 Penelitian telah mengungkapkan bahwa tes kepribadian berdasarkan ciri-ciri tubuh dan cara seseorang duduk, berdiri, berjalan, berbicara, makan, atau bahkan menyilangkan tangan membantu menguraikan ciri-ciri kepribadiannya.

Dalam artikel ini, akan dibahas terkait Teori Kepribadian Sheldon yang dikaitkan dengan tipe tubuh yang berbeda untuk mengeksplorasi ciri-ciri kepribadian dan tipe temperamen manusia.

Pada tahun 1940-an, William Herbert Sheldon mengaitkan tipe tubuh dengan ciri kepribadian seseorang.

William Herbert Sheldon mengategorikan setiap tubuh sebagai somatotipe serta merangkum ciri-ciri fisik dan psikologisnya.

Berikut tes kepribadian berdasarkan tipe tubuh Ectomorph (Ektomorf), Mesomorph (Mesomorf), dan Endomorph (Endomorf), dikutip dari Jagranjosh.com, Jumat (12/4).  



1. Ectomorph (Ektomorf)


Sheldon menyatakan bahwa tipe tubuh Ektomorf ditandai dengan kurus dan biasanya tinggi.

Orang dengan tipe tubuh ini memiliki bahu sempit, wajah sempit, dan dada sempit, dengan kaki dan lengan kurus.

Mereka mungkin makan makanan yang sehat dan dalam jumlah yang cukup, tetapi berat badan mereka tampaknya sulit untuk bertambah.

Selain itu, orang dengan tipe tubuh ini biasanya introvert, lembut, tenang, cerdas, tetapi sangat pemalu.

Terkadang mereka juga merasa cemas dalam lingkungan sosial. Mereka adalah orang yang sangat tertutup dan cenderung menyendiri.

Mereka merasa kesulitan berinteraksi secara cepat dengan orang lain. Biasanya, mereka memiliki sifat pendiam, bijaksana, dan artistik.  



2. Mesomorph (Mesomorf)

Jika tipe tubuh seseorang Mesomorf, Sheldon menyatakan bahwa tipe tubuh mereka biasanya diinginkan dan menarik.

Biasanya, mereka mempunyai kepala besar dan bahu lebar dengan pinggang sempit. Tak hanya itu, mereka juga memiliki otot yang kuat dengan lengan dan kaki yang kuat serta menarik.

Mereka biasanya memiliki sedikit lemak di tubuhnya, meskipun hal itu hanya menambah pesona. Orang dengan tipe tubuh seperti itu biasanya berolahraga untuk menjaga bentuk tubuhnya.

Di sisi lain, mereka juga berani dan suka berpetualang. Mereka pun dianggap tegas dan tidak takut menghadapi tantangan baru atau mencoba hal baru.

Mereka mempunyai sifat kompetitif, mungkin diam-diam atau terang-terangan menginginkan kekuasaan. Kemungkinan besar mereka juga akan cukup dominan. Perlu diketahui, mereka menyukai sensasi mengambil risiko dan meraih peluang dalam hidup.

3. Endomorph (Endomorf)  



Sheldon menyatakan tipe tubuh seorang Endomorf secara fisik bulat dengan pinggul lebar dan bahu sempit. Bisa dibilang tubuhnya berbentuk buah pir.

Mereka biasanya memiliki lemak di lengan dan paha, tetapi kurus di pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Kepribadian mereka dinilai mudah bergaul, nyaman, toleran, dan santai.

Tak hanya itu, mereka juga suka bersenang-senang dan pemarah. Kendati demikian, mereka biasanya memiliki selera humor yang bagus. Biasanya, mereka suka makan banyak. Terakhir, mereka sangat membutuhkan kasih sayang.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kepribadian #berdasarkan #tipe #tubuh #ternyata #kecerdasan #seseorang #juga #bisa #dinilai #dari #sini

KOMENTAR