8 Etiket Makan dan Tata Krama Meja Untuk Wanita Anggun dan Berkelas, Salah Satunya Mematikan Ponsel
Ilustrasi wanita anggun dan berkelas (tengah) tidak mendominasi dalam percakapan namun semua orang dalam satu meja ikut terlibat merupakan salah satu etiket tata krama saat di meja makan (pexels)
12:14
12 April 2024

8 Etiket Makan dan Tata Krama Meja Untuk Wanita Anggun dan Berkelas, Salah Satunya Mematikan Ponsel

– Kepribadian diri bisa diungkapkan oleh banyak hal, salah satunya saat berperilaku di meja makan. Tata krama meja yang baik serta etika makan adalah kualitas yang wajib dimiliki setiap wanita anggun dan berkelas.

Etiket dan tata krama makan merupakan aturan dasar perilaku di meja makan mulai dari cara kita makan, cara kita duduk, cara memperlakukan orang lain hingga percakapan.

Banyak orang beranggapan bahwa tata krama saat makan hanya digunakan untuk acara formal saja tidak untuk acara santai. Pasalnya, tata krama di meja makan tidak lekang oleh waktu dan berguna untuk acara sosial atau bisnis apapun.

Ada beberapa manfaat dari tata krama ini, antara lain membuat membuat orang di sekitar merasa nyaman dan membuat mereka menetapkan aturan dasar. Misalnya mengunyah dengan mulut tidak tertutup tentu ini membuat orang lain tidak nyaman.

Manfaat lain adalah membuat kita merasa lebih percaya diri dan memungkinkan kita fokus dengan hal-hal yang lebih berharga. 

Misalnya pertemuan formal yang memungkinkan Anda akan melakukan percakapan dan interaksi lebih baik jika Anda mencoba mencari tahu garpu mana yang dibutuhkan.

Dilansir dalam laman Simplify Elegance, terdapat beberapa etiket dan tata krama di meja makan yang perlu Anda ketahui:

  1. Mematikan ponsel

Saat Anda makan malam bersama orang lain, perlu digaris bawahi Anda harus selalu fokus pada komunikasi dan percakapan. 

Artinya mengecek ponsel secara terus-menerus dapat menyiratkan bahwa Anda lebih tertarik pada perangkat Anda daripada orang-orang di sekitar Anda.

Anda perlu menghormati secara layak kepada lawan bicara dengan mengalihkan ponsel Anda ke mode senyap. Namun apabila ada panggilan darurat maka Anda harus tetap sopan meninggalkan meja dan angkat panggilan ke ruang lain.

  1. Meletakkan serbet di pangkuan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah duduk adalah meletakkan serbet di pangkuan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa setelah serbet berada di pangkuan Anda maka tidak boleh diletakkan di atas meja lagi.

Apabila Anda ingin meninggalkan meja makan sebentar maka Anda bisa meletakkan serbet di kursi Anda sampai Anda kembali. Sebelum Anda meninggalkan meja setelah makan selesai Anda perlu meletakkan serbet dengan hati-hati di sebelah kiri piring Anda.

 

  1. Tunggu sampai semua orang disajikan sebelum mulai makan

Etiket dan tata krama yang tidak kalah penting adalah tidak memakan makanan apapun sampai semua hidangan setiap orang disajikan. 

Hal ini berlaku untuk acara makan baik untuk keluarga, rekan kerja, pasangan dan sebagainya.

  1. Etiket melewati yang benar

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang etiket “melewati” yang benar dalam meja makan diantaranya :

  1. Jangan menggapai sesuatu yang terlalu jauh ke seberang meja sehingga menyilangkan tangan orang lain.
  2. Garam dan merica harus selalu menyatu, artinya saat seseorang meminta Anda untuk memberikan garam selalu berikan merica juga begitu sebaliknya.

 

  1. Mengunyah dengan mulut tertutup

Aturan dasar etiket makan dengan benar adalah mengunyah dengan mulut tertutup. Tak sedikit orang yang berbicara sebelum menelan bahkan mengunyah dengan mulut terbuka.

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan adalah dengan mengambil gigitan kecil saat Anda makan. Artinya saat ada seseorang memanggil Anda, Anda bisa dengan cepat menyelesaikan gigitannya dan merespons. 

  1. Memperhatikan postur tubuh

Saat duduk di meja, postur tubuh Anda harus selalu tinggi dan tegak. Jangan membungkuk atau memutar bahu Anda ke belakang dan luruskan punggung Anda. Selain itu, Anda juga tidak boleh bersandar pada sandaran kursi.

Selain menjaga postur tubuh tetap lurus, Anda perlu menjauhkan siku dari meja saat makan. Artinya Anda bisa meletakkan pergelangan tangan Anda di meja atau meletakkan tangan Anda di pangkuan Anda.

  1. Selalu minum dari gelas

Wanita yang anggun dan berkelas harus selalu minum dari gelas, bukan dari botol atau kaleng. Kalaupun minuman dari botol, Anda harus menuangkan minuman Anda ke dalam gelas.

  1. Memahami percakapan di meja

Sebagai wanita anggun dan berkelas perlu yang namanya menjaga interaksi dengan orang di sekitar Anda setiap saat. 

Pada intinya jangan terlalu mendominasi pembicaraan, Anda perlu memastikan bahwa semua orang dalam 1 meja ikut terlibat dalam percakapan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #etiket #makan #tata #krama #meja #untuk #wanita #anggun #berkelas #salah #satunya #mematikan #ponsel

KOMENTAR