Simak 6 Cara Membersihkan Oven Tangkring dengan Bahan Sederhana, Karat dan Noda Membandel Bisa Hilang Seperti Baru Beli
Ilustrasi Memanggang Menggunakan Oven./ Freepik
05:28
6 April 2024

Simak 6 Cara Membersihkan Oven Tangkring dengan Bahan Sederhana, Karat dan Noda Membandel Bisa Hilang Seperti Baru Beli

Membuat kue kering atau kue bolu untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri merupakan kesenangan tersendiri, apalagi kue akan disajikan untuk keluarga dan saudara.

Alat dapur yang sering digunakan untuk membuat kue adalah oven yang berfungsi untuk memanggang.

Oven yang sering digunakan untuk kalangan rumahan adalah oven listrik dan oven tangkring.

Oven tangkring sering dipilih oleh pengguna rumah tangga karena lebih hemat dari segi listrik dan dari segi harga oven ini lebih murah daripada oven listrik.

Setelah membuat kue jangan lupa untuk menjaga kebersihan oven tangkring yang digunakan, karena jika dibiarkan begitu saja oven akan mudah berkerak.

Berikut cara membersihkan oven tangkring yang bisa dicoba, pastikan terlebih dahulu oven tangkring dalam keadaan dingin:

1. Membersihkan bagian rak oven tangkring

Dilansir dari kanal YouTube vikanomia, untuk membersihkan rak oven yang noda tidak terlalu ‘bandel’, cukup dengan cara menyikat rak oven tanpa air, bila di lap basah gunakan air sedikit lalu keringkan, karena oven tangkring dengan bahan besi mudah berkarat.

Jika berbahan galvalum maka resiko oven terkena karat lebih kecil.

2. Membersihkan bagian dalam oven tangkring

Sebelum membersihkan oven bagian dalam, jangan lupa gunakan sarung tangan karena bagian penyangga rak oven tangkring tajam,

Membersihkan kotoran seperti remahan-remahan kue, serpihan maka cukup disapu, kemudian bilas dengan lap basah dan keringkan dengan lap kering.

Sedangkan untuk membersihkan noda karena tumpahan adonan kue bolu yang mulai mengering, caranya dengan meletakkan kain basah di atas noda kering, kikis noda menggunakan alat scraper/ spatula untuk mengangkat noda tebal.

Ketika noda mulai menipis, sikat dengan sikat gigi/ spons kasar cuci piring, kemudian keringkan menggunakan lap kering.

3. Membersihkan bagian luar oven tangkring

Dilansir dari kanal YouTube Genuk Bolu, membersihkan kotoran atau noda membandel pada luar oven tangkring bisa menggunakan soda kue.

Caranya dengan membasahi oven bagian luar dahulu, kemudian taburkan soda kue pada bagian oven tangkring yang ingin dibersihkan, sikat menggunakan spons kasar cuci piring. Jangan lupa keringkan menggunakan lap kering

4. Membersihkan kerak pada oven

Membersihkan menggunakan campuran dari cola dan pasta gigi juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kerak pada oven, dilansir dari kanal YouTube Fim2 Channel, siapkan oven yang ingin dibersihkan, tutup menggunakan kain.

Siapkan campuran cola dengan pasta gigi sekitar 20 persen pada wadah botol kecap, aduk rata sampai benar-benar tercampur.

Kemudian semprotkan campuran cola ke kain yang menutupi oven, tujuan diberi lap agar cairan meresap ke kain, tidak tumpah.

Diamkan selama 5-10 menit, setelah itu gosokkan kain tersebut ke noda yang ingin dihilangkan atau bisa menggunakan sikat gigi dan spons kawat sambil menyemprotkan larutan campuran cola. Jangan lupa setelah selesai, keringkan oven menggunakan lap kering

5. Membersihkan oven yang gosong

Dilansir dari kanal YouTube Siti Taqein Channel, membersihkan oven tangkring yang gosong bisa menggunakan campuran 1 sdt baking soda, 2 sdm cuka dan 1 sdm sabun cuci piring yang sudah dilarutkan dengan air.

Kemudian gunakan spons atau sikat untuk membersihkan oven yang gosong tersebut.

6. Membersihkan oven baru

Kannal YouTube vikanomia juga membagikan tips untuk menghilangkan bau cat atau bau kimia pada oven baru, caranya bisa menggunakan daun pisang.

Daun pisang dipanggang dalam oven hingga daun menjadi layu.

Membersihkan oven baru bisa menggunakan sedikit sabun, spons dan lap basah, jangan lupa untuk mengeringkan oven agar tidak berkarat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #cara #membersihkan #oven #tangkring #dengan #bahan #sederhana #karat #noda #membandel #bisa #hilang #seperti #baru #beli

KOMENTAR