Ramai Baby Sitter Aniaya Anak Majikan, Ini Pesan Habib Jafar: Jika Terjadi Apa-apa Orangtua Akan Berdosa
Potret Habib Jafar. (Instagram/ husein_hadar)
02:15
6 April 2024

Ramai Baby Sitter Aniaya Anak Majikan, Ini Pesan Habib Jafar: Jika Terjadi Apa-apa Orangtua Akan Berdosa

Kasus penganiayaan anak selebgram Aghnia Punjabi oleh baby sitternya masih menjadi perbincangan di media sosial hingga saat ini. Meski banyak yang bersimpati, namun tak sedikit netizen yang menyalahkan kedua orangtua karena meninggalkan si anak hanya dengan pengasuh. 

Hal ini juga dibahas dalam acara Login bersama Deddy Corbuzier, Habib Jafar dan Onad. Awalnya, suami Sabrina Chairunnisa tersebut membandingkan seorang anak dengan benda berharga yang tak akan ditinggalkan seseorang pada orang asing yang baru ditemuinya.

"Dapet pembantu baru, ini jam tangan 200 juta lu tinggal di meja. Kayaknya nggak percaya deh. Tapi kalau ninggalin anak sama baby sitter baru kok mau ya? Tapi gua nggak nyalahin ya karena mungkin ada alasan kerja dan sebagainya. Cuma bukankah anak kita lebih berharga dibandingkan itu," kata Deddy Corbuzier.

Menjawab hal tersebut, Habib Jafar mengingatkan pentingnya berbagi peran untuk suami istri yang memutuskan untuk memiliki anak. Karena sebaiknya, apapun yang terjadi anak tetap harus ada orangtua atau keluarga yang mendampingi.

"Ketika lu memutuskan punya anak, maka lu harus berbagi peran, mana yang ninggalin untuk kerja, mana yang enggak. Kecuali dalam kondisi-kondisi yang darurat. Tapi kalau kondisi tidak darurat, sebaiknya tetep harus ada yang mendampingi anak itu," jawabnya.

Sebab menurut Habib Jafar, mungkin secara fisik, anak memang tidak mengalami apa-apa, tapi bagaimana dengan mentalnya yang ditinggalkan kedua orangtua secara bersamaan, terlebih dalam kondisi lebih dari satu hari.

"Mungkin dia tidak kenapa-kenapa secara fisik, tapi secara mental? Mungkin dia tidak kenapa-kenapa secara mental, tapi pendidikannya. Secara emosi apakah bisa baby sitter menggantikan emosi seorang ibu?," tambah dia.

Sehingga ia berpesan agar orangtua tidak lagi benar-benar meninggalkan anak dengan pengasuh, terutama yang baru saja dikenalnya. Sebab jika terjadi apa-apa dengan anak, orangtua akan berdosa karena anak adalah amanah tuhan bagi diri manusia.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #ramai #baby #sitter #aniaya #anak #majikan #pesan #habib #jafar #jika #terjadi #orangtua #akan #berdosa

KOMENTAR