Riwayat Pendidikan Rieke Diah Pitaloka, Desak Kejagung Cekal Keluarga Koruptor Timah Termasuk Sandra Dewi
Rieke Diah Pitaloka [Instagram]
10:34
4 April 2024

Riwayat Pendidikan Rieke Diah Pitaloka, Desak Kejagung Cekal Keluarga Koruptor Timah Termasuk Sandra Dewi

Rieke Diah Pitaloka menuai perhatian setelah menyuarakan tindakan tegas untuk koruptor menyusul kasus korupsi PT Timah yang menyeret nama suami Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Rieke selaku Anggota Komisis VI DPR meminta Kejaksaan Agung untuk melakukan pencekalan terhadap pihak keluarga yang terlibat dalam kasus korupsi . Hal itu disampaikannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (2/4/2024).

"Saya mendukung Kejaksaan Agung untuk mengeluarkan surat pencekalan bagi siapa pun yang terindikasi kuat terlibat, termasuk para direksi dan keluarganya," kata Rieke.

Bukan tanpa sebab, Rieke Diah Pitaloka menilai korupsi timah ini bernilai fantastis. Para koruptor dan orang terdekatnya berpotensi menggunakan hartanya untuk melarikan diri ataupun menghilangkan jejak dengan mengubah penampilan sehingga perlu dicegah.

"Karena, ini angkanya fantastis. Dengan kepemilikan uang sebesar itu orang bisa ngilang kemana pun, bisa juga operasi wajah dan sebagainya," ujarnya.

"Sekali lagi saya mendukung Kejaksaan Agung mencekal siapa pun, termasuk keluarganya karena kasus seperti ini suka ada yang titip-titip ke keluarganya dan lainnya," pungkasnya.

Lantang menyuarakan pendapatnya terkait kasus korupsi timah, pendidikan Rieke Diah Pitaloka menarik untuk disimak. Berikut rekam jejak pendidikannya.

Pendidikan Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka melejit lewat perannya sebagai Oneng di situasi komedi Bajaj Bajuri. Rieke merupakan seorang artis serba bisa sekaligus politikus.

Di karier politik, Rieke sudah tiga periode menjabat sebagai DPR RI yakni pada 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024.

Rieke Diah Pitaloka usai menyerahkan 20 karya intelektualnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). [dokumentasi Rieke Diah Pitaloka]Rieke Diah Pitaloka usai menyerahkan 20 karya intelektualnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). [dokumentasi Rieke Diah Pitaloka]

Kesuksesan karier Rieke tak lepas dari latar belakang pendidikannya yang mentereng. Wanita berusia 50 tahun tersebut telah meraih gelar doktor.

Rieke Diah Pitaloka pernah bersekolah di SD Yos Sudarso Garut. Selepas itu, ia melanjutkan sekolah di SMP Negeri 2 Garut. Pada 1990, ia kemudian melanjutkan pendidikan menengah tas di SMA Negeri 1 Garut.

Selanjutnya, ia berkuliah di Universitas Indonesia. Rieke Diah Pitaloka mengambil prodi Sastra Belanda dan dinyatakan lulus pada 2000.

Setelah menjadi sarjana, ia meneruskan pendidikan S2 di universitas yang sama. Namun, Rieke Diah Pitaloka mengambil jurusan filsafat. Rieke menyusun tesis berjudul 'Banalitas Kejahatan: Aku yang tak Mengenal Diriku, Telaah Hannah Arendt Perihal Kekerasan Negara dijadikan buku dengan judul Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat diterbitkan oleh Galang Press' sebagai syarat kelulusannya.

Tak berhenti sampai di situ, Rieke Diah Pitaloka memutuskan untuk mengambil program doktoral. Ibu tiga anak itu meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2022.

Itulah riwayat pendidikan Rieke Diah Pitaloka.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #riwayat #pendidikan #rieke #diah #pitaloka #desak #kejagung #cekal #keluarga #koruptor #timah #termasuk #sandra #dewi

KOMENTAR