Jangan Mudah Tertipu, Kenali 8 Tanda Pria yang Belum Siap Berumah Tangga agar Tidak Menyesal
Ilustrasi pasangan yang sedang diskusi bermakna namun pria selalu beralasan untuk menghindari percakapan. (freepik/foto tekan)
12:52
2 April 2024

Jangan Mudah Tertipu, Kenali 8 Tanda Pria yang Belum Siap Berumah Tangga agar Tidak Menyesal

 – Membangun rumah tangga yang bahagia, harmonis dan langgeng adalah hal yang diharapkan banyak orang. Namun apa jadinya kalau justru sebaliknya yang membuat sedih dan menjadi hal yang rumit.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa penyebab salah satunya tentang kesiapan pria dalam berumah tangga. Ada beberapa pria yang sudah matang dan siap menikah namun ada yang belum sepenuhnya siap.

Meskipun tak sedikit pria yang bilang bahwa “aku siap” namun hal tersebut tidak bisa langsung dibuat acuan kalau dia benar-benar siap dari segala hal dalam berumah tangga.

Baik siap secara pemikiran, emosional, finansial maupun hal lainnya yang seharusnya menjadi pondasi keharmonisan rumah tangga.

Dengan memahami tanda-tanda pria yang belum siap menikah ini bukan membuat permasalahan dan meragukan perkataan namun lebih memahami tindakan, sikap dan perilakunya.

Dilansir dari laman Hackspirit.com, ada 8 tanda bahwa pria belum siap untuk berumah tangga meskipun dia sudah mengatakan “siap” diantaranya :

1. Tindakan yang tidak konsisten

Cara memahami kesiapan seorang pria untuk berumah tangga bisa dilihat dan fokus pada tindakannya daripada kata-kata yang diucapkan.

Disini banyak yang mudah tertipu dengan rayuan kata dan janji manisnya. Kata-kata memang bisa menipu tetapi tindakan jarang sekali berbohong.

Apabila tindakannya tidak sesuai dengan pernyataan kesiapan untuk berkomitmen maka hal itu menunjukkan bahwa dia tidak benar-benar siap dalam berumah tangga.

 

2. Menghindari percakapan yang mendalam

Tanda pria yang belum siap berumah tangga lainnya adalah sering dan enggan terhadap percakapan yang mendalam dan bermakna. Pasalnya hubungan yang solid tumbuh subur melalui dialog terbuka dan kedekatan emosional.

Apabila dia sering menghindari topik seperti perasaan atau rencana masa depan maka mungkin ada keraguan tentang kesiapannya untuk menjalin ikatan yang lebih serius ke jenjang pernikahan.

Menghindari diskusi penting dan bermakna bisa menunjukkan keengganan untuk berinvestasi secara emosional dalam hubungan tersebut.

3. Hidupnya kurang stabil

Parameter tentang stabilitas memiliki arti yang banyak namun berbeda-beda mulai dari pekerjaan atau karir, keamanan finansial, dan tingkat kematangan emosi tertentu.

Apabila ada seorang pria yang salah satu di atas kurang stabil bisa menjadi tanda jika dia belum siap untuk membina rumah tangga. Namun banyak yang salah paham menanggapi hal ini.

Tak sedikit mengira bahwa wanita terlalu menilai keadaannya saat ini, namun pasalnya hal tersebut adalah cara memahami kesiapan dan kapasitas untuk menjalin hubungan yang berkomitmen.

4. Tidak memprioritaskan hubungan Anda

Hubungan pernikahan perlu adanya perawatan agar langgeng dan harmonis yang artinya hubungan menuntut perhatian dan pengasuhan.

Mulai dari waktu, tenaga hingga investasi emosional yang merupakan nutrisi yang mendorong pertumbuhan dalam berumah tangga.

Apabila dia selalu memprioritaskan teman, hobi atau pekerjaan hingga tidak melibatkan Anda dalam kehidupannya maka hal itu bisa menunjukkan bahwa dia kurang komitmen untuk berkorban dalam kemitraan jangka panjang.

5. Tidak terbuka terhadap pertumbuhan pribadi

Apabila ada pasangan Anda yang menolak perubahan atau kurang memiliki keinginan untuk memperbaiki diri maka hal ini bisa menunjukkan bahwa dia belum siap berumah tangga.

Sejatinya hubungan yang berkomitmen melibatkan dua individu yang tumbuh bersama dan terpisah yang berarti bersedia menghadapi ketakutan pribadi dan memupuk rasa welas asih.

6. Terlalu bergantung pada Anda

Apabila ada pria yang sangat bergantung pada Anda untuk mendapatkan dukungan emosional, pengambilan keputusan, atau bahkan kebahagiaan sendiri maka hal ini bisa menunjukkan potensi kekurangan dalam kesiapan membangun rumah tangga.

7. Dia tidak menerima umpan balik

Hubungan yang sehat tumbuh subur jika ada komunikasi terbuka termasuk memberi dan menerima umpan balik.

Jika ada pria yang bersikap defensif maka hal itu bisa menandakan bahwa dia belum siap untuk menikah.

8. Dia tidak mengenalkan Anda pada lingkaran dalamnya

Tanda terakhir yang mudah dikenali adalah dia tidak mengenalkan Anda pada lingkungannya baik di keluarga, teman atau lingkarannya. Sehingga perlu dicek lebih lanjut agar tidak salah pilih dan menyesal nantinya. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jangan #mudah #tertipu #kenali #tanda #pria #yang #belum #siap #berumah #tangga #agar #tidak #menyesal

KOMENTAR