5 Langkah Meningkatkan Percaya Diri Menjadi Pribadi yang Luar Biasa, Kritikan Tak Selamanya Penting Didengar
ilustrasi orang lebih percaya diri. (jcomp/freepik)
11:20
25 Maret 2024

5 Langkah Meningkatkan Percaya Diri Menjadi Pribadi yang Luar Biasa, Kritikan Tak Selamanya Penting Didengar

 

 - Rasa percaya diri merupakan nilai seseorang yang berharga. Hal ini bahkan berkaitan dengan relasi yang baik, komunikasi efektif hingga prestasi.

Akan tetapi, tak sedikit juga orang yang memiliki rasa percaya diri rendah. Akibatnya, orang akan mudah menjadi depresi, gagal mencapai potensi, atau mentolerir perilaku kasar.

Peningkatan rasa percaya diri pun sebaiknya tidak melampaui batas. Terlalu mencintai diri sendiri juga dapat menyebabkan perasaan berhak yang berlebihan.

Selebihnya, terlalu percaya diri membuat seseorang menjadi merendahkan orang lain. Lebih jauh lagi, seseorang bahkan tidak mau menerima kekalahan yang berujung pada mental manipulatif.

Percaya Diri VS Ekspektasi Tinggi

Dilansir dari kepercayaan diri pada dasarnya terkait dengan perasaan nyaman dengan diri sendiri. Merasa lebih seperti pemenang daripada pecundang.

Meski demikian, tak jarang orang memiliki ekspektasi tinggi terkait kepercayaan diri. Orang menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri.

Hal yang mejadi penyebabnya adalah kemungkinan besar karena adanya orang-orang yang kritis di sekitar Anda.

Kritikan yang terus-menerus dan bahkan terlalu tajam membuat seseorang tidak pernah istirahat upaya dari meningkatkan kapasitas diri. Sayangnya, tolok ukur yang dipakai adalah ucapan orang lain.

Kesalahan sekecil kurang pandai memasak pun bisa dianggap sebagai kelemahan dan ketidakmampuan. Padahal, hal semacam itu adalah sesuatu yang sangat wajar.

Ketika menggunakan penilaian orang lain sebagai tolok ukur, seseorang akan cenderung menyerah pada diri sendiri.

Ia tidak lagi mencoba sesuatu yang baru karena tahu hal itu akan sia-sia. Seketika ia akan merasa menjadi pecundang, hanya karena tidak mampu memenuhi ekspektasi yang terlalu tinggi.

Tips Meningkatkan Percaya Diri

Saatnya untuk membuat perubahan. Percaya diri adalah harga diri yang perlu anda tetapkan sendiri. Tolok ukurnya adalah diri anda sendiri.

Satu hal yang penting adalah, percaya diri harus dibangun dengan pembanding diri sendiri di masa lalu. Jika merasa sudah melakukan perubahan, meskipun kecil, maka sangat pantas untuk merasa percaya pada diri sendiri.

Berikut beberapa tips agar percaya diri meningkat dengan luar biasa:

  1. Tuliskan Target dan Tantangan

Tentu seseorang harus tahu hal yang ingin diubah dalam dirinya. Hal itu bisa berupa kesehatan, tampilan fisik, pendidikan, karir, spiritual, finansial dan sebagainya.

Setelah mengetahui hal tersebut, tuliskan target yang ingin dicapai beserta tantangannya. Tidak perlu banyak atau ekstrem, tetapi harus konsisten.

Dalam hal kesehatan misalnya, seseorang memiliki target ingin lebih sehat dengan menantang dirinya berolahraga 30 menit setiap hari.

Di tempat lain, seorang mahasiswa yang ingin mencapai nilai tertentu atau ingin segera lulus kuliah, menantang dirinya untuk membaca dan memahami materi selama 2 jam per hari.

Tolok ukurnya adalah diri sendiri. Dari orang yang tidak pernah berolahraga atau membaca, berubah menjadi memiliki kebiasaan olahraga dan membaca.

  1. Lakukan Progres Kecil

Progres sekecil apapun patut dihargai. Tak sedikit orang yang berhenti berproses karena menetapkan target yang terlalu tinggi.

Itulah sebabnya, hal yang penting dalam menentukan target bukan soal banyak atau intensitasnya yang tinggi. Namun konsistensinya.

Seseorang yang jarang atau tidak pernah berolahraga akan kelelahan jika mendadak harus berlari 5 km sehari.

Jika target-target kecil sudah tercapai, orang akan cenderung terpantik rasa bahagia. Dengan demikian, rasa percaya diri juga akan meningkat.

  1. Fokus pada Usaha, Bukan pada Hasil

Adakalanya setelah melakukan banyak usaha, tidak ada perubahan dalam diri. Padahal, dengan berusaha pun seseorang sudah berubah.

Perubahan itu adalah, dari orang yang tidak pernah melakukan menjadi melakukan sesuatu.

Jangan mengukur kesuksesan dari apa yang terjadi selanjutnya, tetapi dengan konsistensi usahanya.

Pada akhirnya, tujuannya bukanlah hasil-apakah telah mencapai yang diperjuangkan-tetapi mau menjalani prosesnya.

Berani melangkah keluar dari zona nyaman adalah sebuah bentuk percaya diri, karena tidak semua orang mau dan mampu.

Anda tidak lagi menjadi pecundang. Anda yang sekarang menjadi berani, percaya diri, dan kompeten.

  1. Hentikan Suara Orang Lain

Siapapun berhak bicara, tapi anda juga boleh tidak mendengar.

Adakalanya kritik orang lain mengganggu. Namun bisa juga kritikan datang dari orang yang bijak untuk membantu Anda melesat lebih jauh. Pilih salah satu.

Jika kritikan itu pengganggu, abaikan. Mulailah dengan fokus kembali kepada target dan tantangan yang sudah dibuat.

Akan tetapi, jika kritikan disampaikan dengan bijaksana, tak ada salahnya untuk mendengarkan dengan kepala dingin.

  1. Cari Circle Positif

Melakukan perubahan akan terasa ringan dengan lingkungan yang mendukung.

Temukan teman atau lingkungan yang selalu memberi semangat atas hal positif yang Anda lakukan sekecil apapun.

Seperti hal baru lainnya, semua akan menjadi lebih mudah dengan latihan.

Turunkan ekspektasi Anda dan mulailah menentukan target diri sendiri bahwa Anda dapat melakukan lebih dari yang Anda kira.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #langkah #meningkatkan #percaya #diri #menjadi #pribadi #yang #luar #biasa #kritikan #selamanya #penting #didengar

KOMENTAR