Siapa Singgih Sahara? Trending di X Diduga Lakukan Penipuan Modus Open Donasi Pengobatan Ibu
Komika Singgih Sahara diduga melakukan penipuan. (Twitter)
16:41
20 Maret 2024

Siapa Singgih Sahara? Trending di X Diduga Lakukan Penipuan Modus Open Donasi Pengobatan Ibu

Singgih Sahara trending di platform X setelah santer disebut-sebut melakukan penipuan dengan modus membuka donasi online untuk pengobatan ibu dan anaknya. 

KitaBisa sebagai platform yang digunakan Singgih untuk mengumpulkan donasi langsung merespons terkait dengan adanya penyalahgunaan uang yang diberikan masyarakat kepada Singgih Sahara.

"Seperti yang kami sudah verifikasi sebelumnya di galang dana ybs, benar bahwa ibu dan anak Singgih dalam kondisi sakit dan perlu pengobatan," tulis akun Kitabisa di X seperti dikutip Rabu (20/8). 

Warganet mulai curiga dengan aksi Singgih karena ia membuka open donasi sejak tahun 2022 dan masih ia terus lakukan sampai saat ini. Pada kolom deskripsi open donasinya, Singgih menyebutkan bahwa biaya untuk cuci darah sang ibunda tidak ditanggung oleh BPJS.

Lantas, seperti apakah profil Singgih Sahara yang diduga melakukan penipuan donasi online?

Profil Singgih Sahara

Singgih Sahara dikenal sebagai seorang pembaca acara atau MC dan stand up comedy asal Semarang. Ia pernah beberapa kali ikut open mic stand up comedy. Bahkan ada juga video yang memperlihatkan Singgih tengah melakukan open mic di salah satu televisi swasta.

Dalam akun media sosial X miliknya, Singgih menuliskan dalam bio bahwa ia berprofesi sebagai sales toko mainan anak-anak dan juga tukang service mainan anak-anak.

Satu per satu aksi Singgih melancarkan dugaan penipuan dengan banyak cara dan cerita, salah satunya menuduh sang ayah yang terjerat judi online. Namun, dari penelusuran beberapa pihak, ayah dari Singgih diketahui masih bertanggung jawab untuk membiayai pengobatan.

Hal tersebut terkuak berdasarkan penelusuran langsung oleh akun X @BlytheEverwhe1 dan @Widino pada hari Selasa (18/3/2024) kemarin pada saat mendatangi langsung rumah orang tua dari Singgih.

"Saya sarankan Mas @singgihsahara dibuka saja dgn jelas kemana saja uang donasi digunakan. Hari ini jadwal Ibu cuci darah kan di RS Roemani. Selama 5th ini sudah dicover BPJS. Agar kegiatan MC dan standup jenengan lancar ayo buka sejelas jelasnya," cuit akun @BlytheEverywhe1.

Usut punya usut, uang hasil donasi yang telah dikumpulkan tersebut jumlahnya telah mencapai Rp250 juta.Hal itu diungkap oleh akun X @bangwildds yang merinci Singgih mendapatkan donasi Rp250 juta. Namun, Singgih mengaku hanya Rp50 juta yang digunakan untuk pengobatan ibu dan anaknya sementara sisanya untuk kebutuhan hidup.

"Pelaku mengaku uang yang di dapatkan 250jt, untuk kebutuhan ibunya dan anaknya hanya 50jt, uang yang 200jt digunakan untuk kontrakan sekitar 10jt/tahun, dalam 3 tahun 30jt, melunasi pinjol," tulis akun @bangwilddss

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #siapa #singgih #sahara #trending #diduga #lakukan #penipuan #modus #open #donasi #pengobatan

KOMENTAR