Pentingnya Pilihan Ikan yang Baik Saat MPASI, Berikut Jenis Ikan untuk Makanan Pendamping ASI Anak-Anak
Ilustrasi Ibu memberi asupan MPASI untuk bayi (Sumber foto : Freepik)
18:36
19 Maret 2024

Pentingnya Pilihan Ikan yang Baik Saat MPASI, Berikut Jenis Ikan untuk Makanan Pendamping ASI Anak-Anak

Jawapos.comMPASI adalah singkatan dari 'Makanan Pendamping ASI' yang berarti makanan pelengkap ASI untuk bayi.

Saat memasukkan ikan ke dalam menu makanan anak sebagai bagian dari makanan pelengkap, penting untuk memilih ikan yang rendah merkuri dan umumnya aman untuk anak-anak.

Ikan merupakan makanan yang baik untuk diperkenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI) bayi.

Jenis ikan tertentu seperti salmon, tuna, dan kakap mengandung banyak nutrisi, antara lain asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D yang penting untuk tumbuh kembang bayi.

Berbagai jenis MPASI harus mengandung semua nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Salah satu sumber protein yang bisa diberikan kepada bayi kita adalah ikan.

Dilansir Jawapos.com dari komira.co.id Senin (18/3), Berikut ini beberapa jenis ikan yang bergizi tinggi dan bisa dijadikan menu MPASI anak-anak, yaitu :

1. Ikan Salmon
Ikan jenis ini populer di kalangan ibu-ibu yang memberikan diet MPASI. Memang benar adanya kandungan omega-3 pada ikan salmon. Satu porsi menu MPASI Salmon memenuhi hampir 80% kebutuhan protein bayi.

2. Ikan Kakap
Ikan kakap juga bisa menjadi salah satu menu MPASI. Ikan ini bisa diolah dengan cara dikukus atau langsung dicampurkan ke dalam bubur beras merah yang sudah disaring.

Selain mengandung tinggi protein, jenis ikan ini memiliki duri halus dan juga dagingnya yang tebal.

3. Ikan Tuna
Sumber omega-3 dan protein. Pilih ikan tuna yang rendah merkuri, seperti tuna cakalang untuk menghindari dampak negatif merkuri terhadap tumbuh kembang bayi. Omega-3 pada tuna juga berperan dalam perkembangan otak bayi Anda.

4. Ikan Kembung
Ikan ini tergolong ikan dengan harga terjangkau dibandingkan ikan kakap dan salmon. Pasalnya, ikan kembung juga kaya akan DHA, asam lemak omega-3 yang baik untuk tumbuh kembang otak bayi.

Bahkan kandungan Omega-3 pada ikan tenggiri jauh lebih tinggi dibandingkan ikan salmon yang mencapai 2,6 gram per 1 ons nya, sedangkan ikan salmon hanya 1,6 gram.

5. Ikan Sarden
Sarden kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan kalsium. Pilih ikan sarden tanpa tulang dan tanpa kulit untuk bayi.

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi akan memulai tahap baru dalam hal makan. Pada tahap ini, bayi menerima makanan yang lebih padat dari susu. Ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang terus meningkat.

Air Susu Ibu (ASI) dapat memberikan energi bagi bayi, namun bayi juga membutuhkan nutrisi lain pada tahap ini. Suplemen ASI (MPASI), seperti susu dewasa sebaiknya diberikan dengan makanan bervariasi dan bertekstur halus.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #pentingnya #pilihan #ikan #yang #baik #saat #mpasi #berikut #jenis #ikan #untuk #makanan #pendamping #anak #anak

KOMENTAR