Adu Pendidikan Kaesang vs Mangkunegara X: Anak Presiden dan Raja Duel Jadi Calon Wali Kota Solo ?
Kolase Kaesang dan Mangkunegara X. (Istimewa)
20:13
14 Maret 2024

Adu Pendidikan Kaesang vs Mangkunegara X: Anak Presiden dan Raja Duel Jadi Calon Wali Kota Solo ?

Duo politisi muda Kaesang Pangarep dan Mangkunegara X Gusti Bhre kini turut meramaikan kontestasi Pemilihan umum Wali Kota Surakarta 2024 sebagai dua calon terkuat.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut akan berduel dengan sang 'Raja Muda' dari Praja Mangkunegaran itu untuk saling memperebutkan 'takhta' Wali Kota Solo yang ditinggalkan sosok Gibran Rakabuming Raka.

Soal pendidikan Kaesang dan pendidikan Mangkunegara X, sudah tidak diragukan lagi kalibernya.

Kedua politisi muda tersebut terbukti berprestasi dalam bidangnya masing-masing.

Lantas, seperti apa adu pendidikan Kaesang dan Mangkunegara X?

Pendidikan Kaesang Pangarep: Lulusan luar negeri, pilih tekuni bisnis, hingga jadi politisi

Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]

Kaesang Pangarep menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya, Solo dan belajar di sana.

Ia mengenyam pendidikan tingkat SD di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan bersama sang kakak, Gibran yang akan 'turun takhta' dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta.

Akhirnya, Jokowi rela melepas Kaesang untuk menempuh pendidikan di negeri seberang. Saat masuk usia SMA, Kaesang berani merantau ke Singapura untuk bersekolah di Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat.

Kaesang memilih untuk menetap di Singapura dan berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi di Singapore University of Social Sciences.

Selepas lulus S1, Kaesang akhirnya memilih untuk menekuni dunia bisnis. Ia mengikuti jejak ayah dan kakaknya sebagai pebisnis dan mendirikan gerai oleh-oleh berbahan dasar pisang yang ia beri nama Sang Pisang.

Kaesang akhirnya memenuhi panggilannya untuk menjadi politisi dan memperoleh kesempatan didapuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

Pendidikan Mangkunegara X: Aktif sumbang piala untuk kampus

KGPAA Mangkunegara X. (Suara.com/Ari Welianto)KGPAA Mangkunegara X. (Suara.com/Ari Welianto)

Selain sebagai seorang berdarah biru, Mangkunegara X alias Mas Bhre juga merupakan seorang yang terdidik.

Ia merupakan tamatan salah satu universitas terbaik di Indonesia, yakni Universitas Indonesia.

Mas Bhre memilih jurusan Ilmu Hukum dan akhirnya lulus pada tahun 2019.

Semasa kuliah, Mas Bhre banyak menyumbang piala untuk kampusnya. Ia berhasil membawa pulang piala Juara 2 Lomba Debat Konstitusi Nasional (LDK-Nas) di Universitas Gadjah Mada tahun 2019.

Lalu di tahun yang sama, putra Mangkunegara IX ini juga menyabet piala Juara 3 Lomba Debat Hukum Internasional di Universitas Indonesia tahun 2019.

Bukan cuma kejuaraan, Mas Bhre juga sempat menjadi perwakilan Indonesia dalam Program Pertukaran Mahasiswa ke Jepang pada tahun 2018.

Kendati lulusan hukum, Mas Bhre tidak memilih jalan karier sebagai praktisi hukum lantaran terpilih untuk melanjutkan kekuasaan Adipati Mangkunegaran.

Ia banyak berkontribusi dalam kebudayaan baik sebelum maupun sesudah naik takhta, seperti terlibat langsung dalam Mangkunegaran Jazz Festival 2019.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #kaesang #mangkunegara #anak #presiden #raja #duel #jadi #calon #wali #kota #solo

KOMENTAR