Perempuan yang Sering Merubah Penampilan dan Hobinya, Biasanya Menunjukkan 8 Perilaku Ini Menurut Psikologi
Ilustrasi perempuan yang mengubah penampilannya. (freepik.com/freepik) (Photographer:ManuReyes)
14:54
26 Oktober 2024

Perempuan yang Sering Merubah Penampilan dan Hobinya, Biasanya Menunjukkan 8 Perilaku Ini Menurut Psikologi

 

 - Perempuan adalah makhluk yang selalu memerhatikan penampilannya dari atas sampai bawah, serta hobi mereka yang terkadang membingungkan karena berubah-ubah. Terlebih saat semuanya telah dipengaruhi oleh lingkungan sosial.

Misalnya saat penampilan korean style sedang trend, para perempuan langsung mengikutinya. Selanjutnya ketika olahraga pound fit sedang trend, mereka juga langsung memiliki hobi olahraga tersebut.

Melansir dari laman Ge Editing pada (26/10) perempuan yang sering merubah penampilan dan hobinya, biaanya menunjukkan 8 perilaku ini menurut psikologi :

1. Mencari Validasi


Salah satu perilaku paling umum yang ditunjukkan oleh perempuan yang sering mengubah penampilan dan hobinya, karena ingin mencari validasi. Dalam hal ini, setiap gaya rambut atau hobi olahraga baru menjadi cara untuk mendapatkan validasi.

Psikologi menunjukkan bahwa perilaku tersebut mungkin terkait dengan masalah mendasar seperti rendahnya harga diri dan krisis identitas diri.

2. Menunjukkan Kemampuan Beradaptasi


Seringnya berubah penampilan dan hobi, juga merupakan suatu kemampuan adaptasi yang tinggi. Para perempuan ini tidak takut akan perubahan dan bisa keluar dari zona nyaman.

Perilaku ini juga bisa muncul dalam berbagai aspek, mulai dari berpindah karier, pindah ke kota atau negara baru, serta mampu mengadopsi gaya yang benar-benar baru untuk menunjang penampilan serta hobi mereka.

3. Mengekspresikan Kreativitas

Gaya penampilan dan hobi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Bagi para perempuan ini, kedua hal tersebut sebagai bentuk seni karena di sana mereka mampu mengekspresikan pikiran, perasaan, dan gagasan.

Perubahan tersebut dipandang sebagai proses kreativitas para perempuan dan mencerminkan sifat inovatif dan keinginan untuk eksperimen hal-hal baru.

4. Menavigasi Perubahan Hidup


Sejatinya bahwa hidup adalah penuh dengan transisi dan penyesuaian, seringkali keadaan memaksa kita untuk mengikuti perubahan tersebut. Bagi perempuan seperti ini, mengubah penampilan serta hobi mereka merupakan cara nyata untuk menghadapi perubahan.

Ini bukan tentang melupakan masa lalu, tapi mengakui akhir dari masa lalu dan memberikan ruang untuk masa depan.

5. Mencerminkan Pertumbuhan Pribadi

Seiring bertambahnya usia akan merubah perilaku seseorang seperti dalam hal selera, preferensi, penampilan, serta hobi secara alami. Gaya penampilan gotik yang mungkin dulu kamu sukai, tapi sekarang terasa berlebihan.

Kemudian hobimu terhadap olahraga ekstrem, mungkin sekarang terlihat sangat mengerikan. Semua itu lahir dari proses satu ke proses lainnya. Tapi selayaknya manusia adalah seperti ini, selalu berkembang dan tumbuh.

6. Mengeksplorasi Identitas Diri


Contohnya seperti perempuan yang berusia 20-an, adalah hobi mendengar musik hardcore dan memiliki penampilan seperti rocker. Tapi begitu maju ke usia 30 tahun-an, dia telah mengembangkan kecintaannya terhadap penampilan yang berwarna nude, serta senang mendengar musik jazz.

Evaluasi penampilan dan minat ini bukanlah sebuah tanda keragu-raguan, melainkan sebuah perjalanan penemuan diri. Setiap fase kehidupannya membawa pengalaman serta pandangan baru sehingga membentuk identitas diri yang terus berkembang.

7. Menghindari Masalah yang Lebih Dalam


Meskipun penting untuk menghormati dan memahami alasan di balik seringnya perubahan penampilan dan minat seorang perempuan, penting juga untuk mengetahui alasan perilaku tersebut bisa menutupi permasalahan yang lebih dalam.

Terkadang, penemuan kembali secara terus-menerus dapat menjadi taktik pengalihan perhatian, serta menjadi sebuah cara menghadapi emosi yang belum terselesaikan.

Misalnya saat perempuan memiliki penampilan dan hobi tertentu, ia kerap dibully oleh teman atau keluarganya. Sehingga dengan emosi tersebut, ia harus mengalihkan semuanya agar tidak mengalami hal yang sama.

Ini bukan tentang mental yang lemah, tapi seseorang berhak untuk menghadapi ketakutan hingga bisa menyembuhkannya.

8. Merangkul Individualitas


Pada akhirnya, perempuan yang sering mengubah penampilan dan hobinya, memperlihatkan bahwa kepribadian mereka sangat beragam. Mereka tidak dibatasi oleh norma-norma atau ekspektasi masyarakat, tapi memilih jalan hidup yang diinginkan.

Mengutip dari laman Acuity Hub, wajar saja bahwa perempuan sering mengubah penampilan serta hobinya, karena itulah yang menjadi daya tarik mereka dan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perempuan #yang #sering #merubah #penampilan #hobinya #biasanya #menunjukkan #perilaku #menurut #psikologi

KOMENTAR