Pemilik Small Business Wajib Merapat, Ini 7 Tips untuk Mengembangkan Bisnis Kecil Jadi Besar!
Ilustrasi bisnis kecil. (Pexels)
22:44
23 Oktober 2024

Pemilik Small Business Wajib Merapat, Ini 7 Tips untuk Mengembangkan Bisnis Kecil Jadi Besar!

- Dalam hidup, setidaknya kamu pernah mengetahui atau mengenal seseorang yang memiliki bisnis kecil-kecilan. Atau mungkin, orang tersebut adalah kamu sendiri yang memiliki bisnis kecil.

Sebagai pemilik bisnis kecil, kamu tentunya memulai bisnis tersebut dengan harapan besar dan juga mengerahkan berbagai upaya dalam menjalankannya. Kamu tentu senang apabila ada pelanggan pertama, kedua dan seterusnya.

Sebagai seorang small business owner atau pemilik bisnis kecil, kamu tentu ingin bisnismu berkembang menjadi besar.Tentunya ada banyak hal yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut.

Mulai dari meluangkan waktu, mengerahkan tenaga sampai mengorbankan beberapa hal dalam kehidupan perlu dilakukan demi bisa mengembangkan sebuah bisnis kecil menjadi besar.

Ada juga beberapa tips yang bisa diterapkan untuk hal ini. Dikutip dari Forbes dan Shopify, berikut ini 7 tips untuk mengembangkan bisnis kecil menjadi besar untuk kamu terapkan:

1. Persempit Fokus Bisnis

Tips pertama untuk mengembangkan bisnis yang bisa kamu terapkan adalah dengan mempersempit fokus bisnismu. Yang dimaksud dengan mempersempit fokus bisnis adalah dengan tidak berjualan segalanya.

Misalnya, kamu memiliki ketertarikan di bidang pakaian. Alih-alih berusaha menjual segala jenis pakaian sekaligus, kamu bisa memulai dengan sebuah tema. Misalnya, pakaian perkantoran untuk wanita dewasa. Hal ini bisa mempermudah dalam menentukan target pasar.

2. Optimalkan Biaya Bisnis

Tips selanjutnya dalam menjalankan bisnis kecil untuk bisa menjadi besar adalah dengan mengoptimalkan biaya bisnis. Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu perlu menghitung segala pengeluaran dan modall untuk bsia berjualan sebuah barang.

Tidak hanya modal utama, kamu juga perlu menghitung uang yang kamu keluarkan dalam prosesnya misal bensin atau listrik. Sebagai pemilik bisnis kecil, kamu juga harus tahu dan bersiasat demi memangkas biaya sekecil mungkin.

3. Mulai Menjalin Relasi

Tips ketiga yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis kecil menjadi besar adalah dengan mulai menjalin relasi. Yang dimaksud dengan menjalin relasi adalah kamu bisa mulai mengikuti kegiatan atau berjejaring dengan orang di industri tempat kamu berbisnis.

Kamu bisa mengikuti pertemuan, seminar dan masih banyak lagi. Tidak hanya orang dalam industri, kamu juga bisa mulai membicarakan bisnsimu di sekitar keluarga atau teman. Tidak ada yang tahu relasi atau kenalan seperti apa dari orang terdekat yang bisa membantumu mengembangkan bisnis lebih baik dari sebelumnya.

4. Analisis Kompetitor Pasar

Tips keempat yang juga bisa kamu aplikasikan apabila ingin bisnis kecilmu berkembang menjadi besar adalah dengan menganalisis kompetitor pasar. Dalam membangun bisnis, kamu tidak bisa hanya fokus pada bisnis yang kamu jalankan saja.

Kamu bisa melihat siapa saja kompetitor dalam bisnis dan apa saja yang menjadi poin positif dan negatif dari mereka. Kamu bisa mengambil dan mengkreasikan poin positif seusia dengan bisnismu dan mengevaluasi poin negatif mereka agar tidak kamu lakukan.

5. Sesuaikan dengan Pembeli

Tips kelima yang juga bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis kecil menjadi besar adalah dengan menyesuaikan diri dengan pembeli. Yang dimaksud dengan menyesuaikan adalah tidak menyulitkan pembeli dan menjadi solusi untuk mereka.

Kamu bisa membuat proses pembelian jadi lebih sederhana sehingga pembeli jadi mudah melakukan transaksi. Produk yang kamu miliki juga tidak hanya sebagai produk, namun hal yang benar-benar memecahkan masalah yang dihadapi oleh para pembeli untuk bisa membeli produkmu.

6. Buat Konten Pemasaran

Tips keenam yang juga bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis kecil jadi besar adalah dengan membuat konten pemasaran yang baik. Kamu bisa membuat foto atau video khusu untuk bisnis yang bisa disebarkan ke banyak orang baik melalui media sosial atau iklan.

Di era sekarang ini, kamu dan pemilik bisnis lain tentu harus selalu mengikuti tren pemasaran yang ada. pastikan untuk melihat inspirasi pemasaran dari kompetitor dan belajar banyak pada ahlinya. Dengan pemasaran yang baik, orang akan tahu dan jadi ingin membeli atau menggunakan jasamu.

7. Gunakan Alat untuk Organisir

Terakhir, tips yang bisa kamu aplikasikan dalam bisnis untuk mengembangkannya jadi bisnis besar adalah dengan menggunakan alat untuk mengorganisir. Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mengorganisir waktu dan pekerjaan mana yang harus kamu selesaikan.

Dengan aplikasi atau alat lain, kamu bisa menyusun jadwal yang maksimal dan efektif untuk bisa mengembangkan bisnsimu. Kamu bisa membuat rencana jadwal yang akan kamu patuhi setiap harinya demi kemajuan bisnis.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa mengembangkan bisnis kecil jadi bisnis besar. Dengan menerapkan berbagai cara ini secara rutin, kamu bisa saja mengembangkan bisnis dalam waktu singkat.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #pemilik #small #business #wajib #merapat #tips #untuk #mengembangkan #bisnis #kecil #jadi #besar

KOMENTAR