Rabu Pon Pilihan Presiden Jokowi Untuk Reshuffle Menteri Ternyata Sama Seperti Tanggal Lahirnya, Apa Sih Maknanya?
Presiden Jokowi saat melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR/BPN. (Suara.com/Novian)
12:22
21 Februari 2024

Rabu Pon Pilihan Presiden Jokowi Untuk Reshuffle Menteri Ternyata Sama Seperti Tanggal Lahirnya, Apa Sih Maknanya?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri baru di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Rabu (21/2/2024). Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) juga Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Salah satu yang mencuri perhatian dari proses reshuffle kali ini juga pemilihan hari pelantikan. Jokowi kembali memilih hari Rabu Pon sebagai waktu pelantikan hari ini, dilihat berdasarkan kalender Jawa. Selama dua periode menjabat sebagai Presiden, Jokowi telah melakukan reshuffle sebanyak sebelas kali hingga hari ini. Dalam catatan, sepuluh reshuffle di antaranya dilakukan pada Rabu Pon.

Jokowi sendiri sebenarnya tak pernah mengungkap secara gamblang alasan dirinya hampir selalu memilih hari Rabu Pon. Namun, bila dilihat kembali rupanya Rabu Pon sama dengan weton hari kelahiran Jokowi. 

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jelang dilantik jadi Menteri ATR di Istana, Rabu (21/2/2024). (Foto: Istimewa)Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jelang dilantik jadi Menteri ATR di Istana, Rabu (21/2/2024). (Foto: Istimewa)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diketahui lahir pada 21 Juni 1961 yang dalam kalender Jawa kelahirannya itu tepat pada Rabu Pon.

Sistem penanggalan Jawa dipercaya memiliki magisnya sendiri untuk masing-masing hari dan ‘pasaran’. Kombinasinya menjadikan sebuah hari memiliki makna tertentu dan bisa terwujud dalam pesona orang yang lahir di hari itu.

Watak Orang yang Lahir Ketika Rabu Pon

Orang yang lahir pada hari Rabu Pon disebut memiliki watak seperti Lakuning Rembulan. Orang ini dapat menerangi hati orang lain, menenangkan, dan memotivasi orang di sekitarnya untuk melakukan hal yang lebih baik.

Dikenal memiliki sifat yang santun dan pandai beradaptasi dengan lingkungan sekitar, menjadikan orang yang lahir di hari ini tidak menemukan banyak masalah dalam menghadapi lingkungan baru. Kecerdasannya juga tinggi dan memiliki wawasan luas.

Tak heran jika orang yang memiliki weton ini mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Namun di waktu yang sama, sifat posesif, tidak disiplin, suka dipuji, menjadi kekurangan dari orang yang lahir di hari ini.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #rabu #pilihan #presiden #jokowi #untuk #reshuffle #menteri #ternyata #sama #seperti #tanggal #lahirnya #maknanya

KOMENTAR