Biodata dan Kekayaan Rahayu Saraswati: Keponakan Prabowo Punya 12 Tanah, Diisukan Masuk Kabinet Indonesia Emas
Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Sarawati Djojohadikusumo saat berkunjung ke kantor Suara.com di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024). [Suara.com/Yoga]
16:39
20 Februari 2024

Biodata dan Kekayaan Rahayu Saraswati: Keponakan Prabowo Punya 12 Tanah, Diisukan Masuk Kabinet Indonesia Emas

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati menjadi perbincangan usai namanya diisukan masuk ke dalam kabinet Indonesia Emas milik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Diketahui, poster kabinet Indonesia Emas baru-baru ini viral usai beredar luas di X.

Namun, Rahayu Saraswati langsung memastikan bahwa poster kabinet yang beredar itu adalah hoaks. Perempuan yang akrab disapa Sara ini mengatakan bahwa pihaknya masih fokus mengawal proses perhitungan suara.

Adapun dalam poster yang viral tersebut, Sara disebut-sebut akan menduduki kursi Menteri Sosial, Kesejahteraan Perempuan, dan Anak. Poster berlatang biru terang itu juga hanya mencantumkan foto dua perempuan yang disebut akan menjadi menteri Prabowo-Gibran, yakni Sara dan Grace Natalie.

Lantas, seperti apakah profil, biodata, dan kekayaan Rahayu Saraswati? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Rahayu Saraswati

Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Sarawati Djojohadikusumo saat berkunjung ke kantor Suara.com di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024). (Suara.com/Yoga)Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Sarawati Djojohadikusumo saat berkunjung ke kantor Suara.com di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024). (Suara.com/Yoga)

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo merupakan artis Indonesia yang namanya melambung sejak membintangi film trilogi berjudul Merah Putih.

Sara merupakan putri kedua dari 3 bersaudara pasangan Hashim Djojohadikusumo dan Anie Djojohadikusumo. Ia juga merupakan keponakan dari Prabowo Subianto.

Sejak kecil, Sara memang menaruh minat besar terhadap dunia seni dan akting. Bakat itu yang mendorongnya untuk belajar akting di University of Virginia, Amerika Serikat. Di perguruan tinggi AS itu, ia mengambil jurusan drama dan sejarah.

Namun saat kuliahnya baru menginjak tahun kedua, Sara malah memutuskan keluar dan pindah ke London, Inggris. Di sana Sara masuk ke International School of Screen Acting.

Tak sampai di situ, Sara juga mengikuti sebuah agensi di London, yakni Alexander Personal Management. Melalui agensi tersebut, ia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan insan perfilman internasional, termasuk yang aktif di Hollywood.

Tak berapa lama, Sara memutuskan untuk mengembangkan kariernya di Tanah Air. Ia mengawali debut akting dengan mengikuti audisi film trilogi Merah Putih. Ia berhasil mendapatkan peran sebagai Senja dalam film tersebut.

Biodata Rahayu Saraswati

Wakil Komandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati. [Suara.com/Novian]Wakil Komandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati. [Suara.com/Novian]
  • Nama: Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo
  • Tanggal lahir: Jakarta, 27 Januari 1986 (umur 38)
  • Partai politik: Gerindra (2014—sekarang)
  • Suami: Harwendro Adityo Dewanto
  • Hubungan Keluarga: Prabowo Subianto (paman) dan Aryo Djojohadikusumo (kakak)
  • Anak: 2
  • Orang tua: Hashim Djojohadikusumo
  • Almamater: International School of Screen Acting
  • Pekerjaan: Aktris, politikus, presenter, dan aktivis

Kekayaan Rahayu Saraswati

Keponakan Prabowo, Rahayu Saraswati.Keponakan Prabowo, Rahayu Saraswati.

Melansir dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sara memiliki harta kekayaan total sebesar Rp23,771 miliar.

Dari jumlah tersebut, kekayaan terbesarnya berupa aset tanah dan bangunan senilai Rp19,338 miliar. Ia tercatat memiliki harta berupa 12 tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Kebumen, hingga Wonogiri.

Tak hanya itu, Sara juga melaporkan harta kekayaannya berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp1,3 miliar. Harta ini terdiri dari mobil Toyota Vellvire Minibus keluaran tahun 2019 dan mobil Toyota Voxy Minibus tahun 2019.

Sara juga mempunyai harta bergerak lainnya senilai Rp200 juta. Lalu surat berharga dengan total Rp1,59 miliar. Ditambah harta berupa kas/setara kas senilai Rp3,1 miliar.

Keponakan Prabowo Subianto ini juga mencatatkan utang senilai Rp1,759 miliar.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #kekayaan #rahayu #saraswati #keponakan #prabowo #punya #tanah #diisukan #masuk #kabinet #indonesia #emas

KOMENTAR