Profil dan Rekam Jejak Rasyid Rajasa, Anak Hatta Rajasa Jadi Gunjingan Karena Berpotensi Lolos ke Senayan
Rasyid Rajasa (rasyidrajasa)
11:06
19 Pebruari 2024

Profil dan Rekam Jejak Rasyid Rajasa, Anak Hatta Rajasa Jadi Gunjingan Karena Berpotensi Lolos ke Senayan

Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 ini diramaikan dengan banyaknya artis dan pesohor lain yang ikut berkompetisi demi merebut kursi wakil rakyat. Para artis, anak pejabat, hingga pebisnis pun berbondong-bondong mencalonkan diri sebagai anggota DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, hingga DPR RI dari dapil masing-masing.

Salah satu nama pesohor yang ramai diperbincangkan publik ialah Muhammad Rasyid Rajasa, putra dari politisi Hatta Rajasa yang kini ikut mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Jawa Barat I.

Rasyid sendiri pun diketahui sempat menjabat sebagai Ketua DPP PAN Cabang Bandung tahun 2022 lalu.

Baliho pencalonan Rasyid pun ikut diperbincangkan publik sejak akhir tahun lalu. Rasyid pun bersanding dengan para pesohor lain yang berasal dari dapil "neraka" Jawa Barat I seperti Melly Goeslaw, Junico Siahaan, hingga Atalia Praratya.

Namun, pencalonan Rasyid sebagai caleg DPR RI ini pun menuai kontroversi. Banyak warganet yang kembali mengungkit kejadian kecelakaan yang melibatkan Rasyid di tahun 2013 hingga menewaskan dua korban jiwa.

Lalu, seperti apa sosok Rasyid sebenarnya? Simak inilah profil dan rekam jejak Rasyid Rajasa selengkapnya.

Profil Rasyid Rajasa

Pria bernama lengkap Muhammad Rasyid Amrullah Rajasa ini merupakan putra bungsu dari politisi Hatta Rajasa. Rasyid pun pernah menikah dengan seorang wanita bernama Adara Taista pada tahun 2017 silam. Sayangnya, belum genap satu tahun keduanya menikah, Adara Taista meninggal dunia di Tokyo pada Mei 2018 akibat kanker kulit yang dideritanya selama hampir 1 tahun.

Rasyid pun kerap mengunggah foto mendiang sang istri hingga saat ini dan mengaku tak ada yang bisa menggantikan mendiang sang istri.

Rekam Jejak Rasyid Rajasa

Rasyid pun sempat menempuh pendidikan di University of East London jurusan Business Management pada tahun 2010 dan lulus pada tahun 2014. Ia pun kembali ke Indonesia pada tahun 2014 dan memulai karirnya sebagai wirausaha.

Ia juga telah menyelesaikan pendidikannya di Brunel University dan UNIPREP Jakarta.

Rasyid pun tercatat pernah memegang beberapa jabatan strategis di berbagai perusahaan, seperti Co-Founder of PT Duta Perikanan Utama, Generating Cash Flow Manager di PT Reethau Cipta Energi, dan Direktur Arthindo Group.

Pada tahun 2022, Rasyid pun melanjutkan pendidikan magisternya di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Selama menempuh studi di Bandung, Rasyid pun juga aktif menjabat sebagai Ketua DPP PAN Kota Bandung sejak tahun 2022 lalu. Hal ini pun membuat Rasyid memilih dapil Jawa Barat I sebagai dapil pencalonan dirinya sebagai caleg DPR RI.

Kasus kecelakaan tahun 2013

Meskipun punya latarbelakang yang mentereng, namun warganet pun kerap mengaitkan Rasyid dengan kejadian kecelakaan yang melibatkannya di tahun 2013 lalu.

Kejadian yang terjadi di Tol Jagorawi pada tanggal 1 Januari 2013 itu bermula ketika Rasyid selepas merayakan tahun baru di salah satu cafe di Kemang melewati jalan Tol Jagorawi dengan kecepatan tinggi sekitar pukul 05.45. Saat berada di KM 33, mobil BMW yang dikemudikan Rasyid tiba-tiba menabrak sebuah mobil SUV Luxio yang ditumpangi 5 orang.

Nahas, dua dari lima penumpang mobil Luxio tersebut meninggal dunia di tempat.

Hal ini pun membuat Rasyid harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia pun diadili oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur dan divonis penjara 6 bulan percobaan pada Maret 2013.

Kasus kecelakaan hingga menewaskan dua korban jiwa ini sempat heboh karena dianggap tidak adil, terlebih lagi status Rasyid sebagai anak dari pejabat negara Hatta Rajasa menjadi bulan-bulanan publik.

Hal ini pun kembali diungkit warganet saat Rasyid mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI. Rasyid pun berhasil mendapatkan 16.440 suara dari hasil quick count KPU dalam pemilu 2024 ini dan kemungkinan besar berpotensi lolos untuk masuk ke Senayan.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #rekam #jejak #rasyid #rajasa #anak #hatta #rajasa #jadi #gunjingan #karena #berpotensi #lolos #senayan

KOMENTAR