Introvert hingga Empati, Orang yang Menjadi Korban Bullying di Sekolah Biasanya Menunjukkan 6 Sifat Ini Saat Dewasa
Introvert adalah salah satu sifat orang yang menjadi korban bullying di sekolah (freepik)
19:22
16 Oktober 2024

Introvert hingga Empati, Orang yang Menjadi Korban Bullying di Sekolah Biasanya Menunjukkan 6 Sifat Ini Saat Dewasa

 

 – Beberapa pengalaman hidup bisa membentuk kita lebih dari yang lain. Misalnya korban perundungan di sekolah dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama hingga dewasa.

Bagi mereka yang menjadi sasaran perilaku ini, kepribadian mereka saat dewasa sering kali merupakan cerminan dari perjuangan mereka di masa lalu. Namun, tidak semuanya negatif artinya mereka sering kali mengembangkan sifat-sifat tertentu yang membedakan mereka.

Berikut adalah delapan sifat yang biasanya ditunjukkan oleh orang dewasa yang tidak populer atau diganggu selama masa sekolah mereka sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Rabu (16/10) :

  1. Meningkatnya kepekaan

Ketika seseorang menjadi sasaran perundungan selama tahun-tahun pembentukan dirinya, mereka sering kali mengembangkan kepekaan yang tinggi terhadap tindakan dan perkataan orang lain.

Kepekaan yang meningkat ini tidak selalu merupakan sifat yang negatif. Sebaliknya, hal itu dapat membuat orang-orang ini menjadi sangat berempati dan pengertian.

Mereka sering kali menjadi orang pertama yang menyadari ketika seseorang sedang berjuang atau dalam kesulitan dan biasanya lebih dalam bersedia untuk mendengarkan atau mengulurkan tangan untuk membantu.

Namun, kepekaan yang meningkat ini juga dapat membuat mereka lebih rentan untuk menanggapi sesuatu secara pribadi atau merasa tersakiti oleh komentar yang asal-asalan.

  1. Rasa ketahanan yang kuat

Orang-orang yang pernah diganggu atau dipinggirkan sering kali mengembangkan rasa ketahanan yang kuat. Rasa ketahanan itu seperti otot yang semakin kuat dengan setiap kesulitan yang mereka hadapi.

  1. Pemecahan masalah secara kreatif

Orang-orang yang pernah diganggu atau tidak populer di sekolah sering kali mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang unik. Sebagai cara untuk mengatasi keadaan mereka, mereka belajar untuk berpikir di luar kotak dan menghasilkan solusi kreatif.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang pernah menghadapi kesulitan di masa lalu cenderung berpikir kreatif dan memecahkan masalah dengan lebih efektif.

  1. Kecenderungan introvert

Banyak orang dewasa yang pernah diganggu atau tidak populer di sekolah cenderung introvert. Sifat ini tidak menunjukkan bahwa mereka antisosial atau tidak suka ditemani.

Sebaliknya itu berarti mereka menikmati kebersamaan dengan diri mereka sendiri dan menemukan pelipur lara dalam kesendirian. Saat tumbuh dewasa, individu mungkin merasa lebih aman atau lebih tenang saat sendirian yang menyebabkan mereka lebih suka menyendiri di kemudian hari.

  1. Empati yang mendalam terhadap orang lain

Dalam menghadapi kesulitan, sebagian orang tidak hanya mengembangkan ketahanan atau keterampilan memecahkan masalah. Mereka juga mengembangkan rasa empati yang mendalam terhadap orang lain.

Setelah mengalami rasa sakit dan kesulitan secara langsung, mereka sering kali memiliki pengalaman bawaan tentang bagaimana rasanya berada dalam kesulitan.

Rasa empati mendalam ini sering kali membuat mereka menjadi pribadi yang sangat penyayang. Mereka biasanya adalah orang-orang yang akan berusaha keras untuk membantu orang lain yang akan membela mereka yang diperlakukan tidak adil.

  1. Kemampuan untuk menenangkan diri sendiri

Tumbuh dalam lingkungan yang membuat mereka merasa dikucilkan atau menjadi sasaran, banyak individu belajar untuk mengandalkan diri mereka sendiri demi kenyamanan.

Kemandirian ini sering kali menghasilkan kemampuan luar biasa untuk menenangkan diri di masa dewasa. Baik melalui meditasi, olahraga, membaca atau bentuk perawatan diri lainnya.

Intinya mereka telah mengembangkan strategi untuk mengatasi stres dan tekanan emosional. Mereka memahami pentingnya menjaga kesehatan mental mereka.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #introvert #hingga #empati #orang #yang #menjadi #korban #bullying #sekolah #biasanya #menunjukkan #sifat #saat #dewasa

KOMENTAR