Waktu Terbaik untuk Makan Buah Menurut Ahli Gizi, Berikan Manfaat yang Lebih Baik dan Mudah Dicerna Tubuh
Ilustrasi waktu terbaik untuk makan buah./Pexels
06:42
12 Oktober 2024

Waktu Terbaik untuk Makan Buah Menurut Ahli Gizi, Berikan Manfaat yang Lebih Baik dan Mudah Dicerna Tubuh

Satu buah apel sehari mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan buah harian. Tidak hanya itu, kalian juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Ahli gizi setuju bahwa waktu terbaik untuk mengonsumsi buah sama pentingnya untuk memastikan buah tersebut dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Waktu yang optimal untuk mengonsumsi buah-buahan umumnya dianggap sebelum matahari terbenam.

Menurut Ahli Gizi Ternama, Shikha Agarwal yang dikutip dari Vogue India, hal ini sejalan dengan ritme alami tubuh.

Untuk mendorong pencernaan yang lebih baik dan meningkatkan penyerapan nutrisi selama jam-jam aktif.

Mengonsumsi buah-buahan yang tepat secara konsisten pada jam-jam ini akan berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat dengan memaksimalkan manfaat apa saja dari buah yang dimakan.

Mengapa tidak boleh makan buah saat perut kosong?

Memilih makan buah saat perut kosong, terutama sebagai makanan pertama di pagi hari, akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah yang cepat.

Menurut Shikha, untuk memulai hari dengan lebih seimbang, pertimbangkan untuk memasukkan beberapa lemak atau protein sebelum mengonsumsi buah.

Hal ini tidak hanya untuk membantu menstabilkan gula darah tetapi juga memastikan kadar energi yang berkelanjutan sepanjang pagi.

Mengadopsi pendekatan yang seimbang ini akan mendukung peningkatan regulasi gula darah dan pelepasan energi yang lebih konsisten sepanjang hari.

Tak hanya itu, ahli gizi ini juga memperingatkan agar tidak mengonsumsi buah segera setelah makan.

Jika kebutuhan kalori sudah terpenuhi, hal ini akan menyebabkan konversi fluktosa menjadi simpanan lemak untuk digunakan nanti.

Waktu terbaik untuk makan buah

Jika kalian ingin memastikan bahwa kadar nutrisi dalam buah dapat diterima secara utuh dan konsisten dari siang hingga malam, ada baiknya mempertimbangkan jenis buah yang dikonsumsi. Dilansir dari Vogue India, inilah panduan waktu makan buah terbaik:

1. Pagi hari

Mulailah hari dengan dorongan energi dan antioksidan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti beri, pisang, dan buah jeruk yang kaya vitamin C. Apel custard juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengawali pagi.

2. Sore

Pada waktu itu, kalian bisa memilih buah yang dapat mendukung pencernaan tanpa membebani sistem tubuh sebelum tidur.

Beberapa pilihan buahnya seperti apel dan pir yang kaya serat menjadi pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi sebelum tidur.

3. Malam

Jika setelah makan malam kalian bisa mempertimbangkan buah-buahan yang berpotensi dapat membantu tidur di malam hari.

Buah ceri, kiwi, dan srikaya dikenal memiliki kandungan melatonin yang dapat memastikan tubuh dapat tertidur lelap.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waktu #terbaik #untuk #makan #buah #menurut #ahli #gizi #berikan #manfaat #yang #lebih #baik #mudah #dicerna #tubuh

KOMENTAR