Dampingi Titi Kamal Umrah, Christian Sugiono Ngopi di Pelataran Masjidil Haram: Netizen Yakin Sudah Mualaf karena Ini
Potret Titi Kamal Saat Umrah (Instagram/@tiri_kamall)
11:08
3 Februari 2024

Dampingi Titi Kamal Umrah, Christian Sugiono Ngopi di Pelataran Masjidil Haram: Netizen Yakin Sudah Mualaf karena Ini

Momen umrah Titi Kamal bersama Christian Sugiono masih terus menjadi sorotan netizen Kini, dalam foto terbaru yang diunggah di Instagram, terlihat keduanya telah berada di Mekkah untuk menjalani ibadah umrah. 

Titi Kamal memperlihatkan momen di mana dirinya berada di dalam Masjidil Haram dan memotret Ka'bah dalam jarak dekat. Pada foto lainnya, bintang film Ada Apa dengan Cinta? tersebut juga memotret sang suami saat tengah menikmati sajian di sebuah restoran di pelataran Masjidil Haram.

Namun saat itu, Christian Sugiono tampak tak mengenakan baju ihram melainkan kemeja kotak-kotak putih. Ayah dua anak tersebut tampak meminum minuman di sebuah cangkir dengan pandangan ke arah jendela. 

Momen Christian Sugiono mendampingi Titi Kamal umrah ini pun menimbulkan berbagai komentar. Tak sedikit yang masih bertanya-tanya tentang agama pria 42 tahun tersebut.

Christian Sugiono Ngopi di Pelataran Masjidil Haram (Instagram/@titi_kamall)Christian Sugiono Ngopi di Pelataran Masjidil Haram (Instagram/@titi_kamall)

Namun sebagian orang menganggap jika Christiam Sugiono sudah menjadi mualaf, sebab ia bisa memasuki Kota Suci Mekkah yang terlarang bagi non-muslim.

"Christian udah mualaf ya? Ketinggalan info nih," komentar seorang warganet.

"Gue kira mereka nikahnya beda agama, jadi masing-masing gitu. Baru tau," komentar warganet lain.

"Kayaknya udah pernah dulu liat di Twitter gitu katanya emang udah ikut agama istri," timpal salah satu warganet.

"Kalo masih Kristen nggak bisa masuk ke Madinah dan Mekkah. Namanya tanah harom selain Islam nggak bisa masuk nggak akan terbit visa kecuali nyolong," tambah warganet yang berbeda.

Seperti diketahui, dalam Al-Quran Allah SWT melarang non-muslim untuk menginjakkan kaki di kota tersebut yang tertulis dalam Surat At-Taubah ayat ke-28. 

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Larangan ini juga dibuat untuk menjaga kesucian Masjidil Haram. Jika Mekkah dan Madinah menjadi area bebas masuk dan dijadikan tempat wisata, maka dikhawatirkan juga memicu ketidakkondusifan. Ini akan mengganggu kesungguhan dalam beribadah atau bahkan ibadah haji dan umrah.

Apa hukuman yang akan diberikan untuk non-muslim yang nekat datang ke Makkah?

Dilansir dari Arab News, bagi umat non-Muslim yang kedapatan menerobos masuk ke Mekkah dan Madinah, mereka akan ditangkap pihak berwenang dan diinterogasi. Ada juga beberapa kasus yang masuk ke pengadilan hingga hakim memvonis hukuman berdasarkan hasil penyelidikan motif para penyusup.

Hukuman akan diberikan sesuai dengan maksud dan niat orang tersebut. Jika para penyusup itu kedapatan berhubungan dengan organisasi teroris, ganjaran yang akan dikenakan yakni hukuman mati. Eksekusi mati merupakan tingkat hukuman maksimal di Arab Saudi.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #dampingi #titi #kamal #umrah #christian #sugiono #ngopi #pelataran #masjidil #haram #netizen #yakin #sudah #mualaf #karena

KOMENTAR