Karolina Shiino Gadis Keturunan Ukraina Raih Gelar Miss Japan Munculkan Kontroversi
Miss Japan Karolina Shiino 
07:20
28 Januari 2024

Karolina Shiino Gadis Keturunan Ukraina Raih Gelar Miss Japan Munculkan Kontroversi

Lahir dari ayah dan ibu Ukraina, pindah ke Jepang usia 5 tahun dan jadi warga negara Jepang, kini Karolina Shiino (26) jadi Miss Japan.

Statusnya sebagai Miss Japan ini menimbulkan kontroversi yang hangat jadi buah bibir di Jepang. Mengapa?

Karolina Shiino menjdi Miss Japan setelah juri final Miss Japan Contest 2024 memutuskan dia berhak menyandang gelar ini.

Juara utama diberikan kepada Karolina Shiino yang berusia 26 tahun.

Lahir di Ukraina, ia datang ke Jepang ketika ia berusia 5 tahun dan telah tinggal di Jepang sejak saat itu.

"Saya pikir saya telah melakukannya dengan cukup baik hanya dengan terpilih sebagai finalis, dan saya tidak bisa berhenti menangis serta terkejut dan bahagia sekali ketika nama saya dipanggil di paling akhir dan menjadi juara." ungkap Shiino diwawancarai pers belum lama ini.

Kriteria penilaian untuk kompetisi ini adalah keindahan Jepang yang dapat dilihat dari dalam, luar, dan perilaku, dan ini adalah pertama kalinya orang Jepang dengan akar luar negeri memenangkan Grand Prix.

Meskipun demikian kontroversi atas penghargaan Karolina muncul di mana-mana.

Ada pendapat negatif seperti "Aneh bahwa minoritas mewakili Jepang" dan "Jika Anda memiliki kecantikan Jepang, saya ingin Anda memilih seseorang yang terlihat murni Jepang."

Di sisi lain, ada juga suara-suara lain seperti, "Sisi dalam Jepang yang indah dievaluasi" dan "Para atlet olahraga nasional yokozuna, ozeki, dan tim nasional Jepang semuanya adalah orang-orang yang dinaturalisasi."

"Miss Japan adalah kontes yang menempatkan banyak penekanan pada bagian dalam, bukan hanya penampilan, dan saya pikir batin saya atau kepribadian saya Jepang diakui resmi di acara tersebut," ungkap Shiino.

"Alasan mengapa saya memutuskan untuk berpartisipasi adalah karena saya ingin melihat apakah saya bisa lulus sebagai orang Jepang dan apakah saya bisa dievaluasi, dan apakah saya bisa membantu orang lain yang memiliki masalah yang sama dengan mengikuti kontes ini, tambahnya.

Pikiran Karolina Shino

Karolina Shiino mengungkapkan pikirannya tentang Jepang.
Shiino telah tinggal di Jepang sejak dia berusia 5 tahun.

"Ketika saya menyadarinya, saya berpikir dalam bahasa Jepang dan saya mengenali diri saya sebagai Jepang, tetapi saya memiliki celah, "Saya kurang melihat Jepang saat kecil itu," ungkapnya.

Memenangkan penghargaan ini telah membuatnya merasa "diakui," katanya.

"Ini bukan kategori baru orang Jepang, tapi saya berharap orang-orang akan menyadari bahwa tidak apa-apa memiliki orang Jepang seperti Karolina Shiino."

Kentaro Wada, direktur eksekutif Asosiasi Miss Jepang, yang menyelenggarakan kontes, menjelaskan, "Kami mengatakan bahwa dengan menyelaraskan tiga kebajikan interior, penampilan, dan perilaku, kita dapat memperoleh daya tarik yang melibatkan orang-orang di sekitar kita."

Pemikiran seperti apa yang berani Anda tambahkan "ke-Jepang-an" pada pesona yang melibatkan orang-orang di sekitar Anda?

Tambah Wada, "Saya pikir orang Jepang adalah orang dengan banyak budaya yang menarik, seperti upacara minum teh dan merangkai bunga. Jika itu masalahnya, saya pikir pengembangan lebih lanjut untuk generasi berikutnya adalah bentuk paling khas dari Jepang. "

Kontes Miss Jepang

Dengan kata lain, ia menjelaskan bahwa kontes ini bukan hanya tentang penampilan, seperti warna kulit atau wajah, tetapi "kami ingin memilih orang-orang yang menggunakan kekuatan mereka untuk meningkatkan citra masyarakat Jepang."

Akira Igarashi, seorang profesor di Sekolah Pascasarjana Ilmu Pengetahuan Manusia Universitas Osaka, mengatakan bahwa orang Jepang cenderung mengenali Jepang sebagai orang Jepang dengan urutan sebagai berikut: "kesadaran menjadi Jepang," "kebangsaan Jepang," "tempat lahir," "Jepang," "tempat tinggal," "leluhur," "menghormati sistem hukum Jepang," dan "kepercayaan Buddha dan Shinto."

Mengenai kepribadian Jepangnya,"Misalnya, bahkan jika saya kembali ke Ukraina sekarang, saya tidak punya tempat karena saya hampir tidak dapat berbicara bahasa Ukraina dan memiliki pola pikir Jepang yang berbeda. Ketika orang mengatakan bahwa mereka bukan Jepang karena penampilan, mereka merasa tidak tahu harus berbuat apa," ungkap Shiino.

Dia juga berkata tentang dirinya sendiri, "Saya sudah memikirkannya sejak lama, dan itu adalah tujuan seumur hidup. Sebelum saya mengatakan sesuatu, saya memikirkan apakah saya akan membuat orang itu merasa tidak nyaman, jadi saya tidak mengemukakan pendapat saya. Ibu saya berkata, "Itu benar-benar Jepang. Saya pikir inilah yang membuat saya unik Jepang."

Penyiar lepas Ami Shibata menunjukkan bahwa "kisah Jepang dicampur dengan kisah kebangsaan." "Ketika orang mengatakan 'karakter Jepang,' mereka membayangkan wajah seperti Asia dan suasana seperti Jepang, dan perbedaan dalam komunikasi dan nilai-nilai di sini mengarah pada suara-suara kritis."

Namun titik pertikaian lainnya adalah "naturalisasi".

Jepang tidak mengizinkan kewarganegaraan ganda, jadi jika Anda menjadi warga negara naturalisasi, Anda adalah orang Jepang.

Dalam hal ini, argumennya adalah naturalisasi harus dihapuskan. Bagaimanapun, tertulis bahwa kesetaraan di hadapan hukum tentu saja terbatas pada ras dan asal keluarga bagi orang-orang Jepang. Kita harus menciptakan masyarakat yang menerima bahwa orang yang dinaturalisasi adalah warga negara Jepang, tambah Ami.

"Ke-Jepang-an" adalah berbagai hal. Penulis dan jurnalis Toshihisa Sasaki berkata, "Ketika orang berbicara tentang Jepang yang sebenarnya, mereka tidak sering berbicara tentang kebangsaan, dan ada banyak orang asing di dunia sumo, tetapi mereka tampaknya lebih Jepang daripada kita. Jadi saya pikir itu gradasi."

"Jika kita dapat berbagi semacam filosofi umum seperti "Saya suka Jepang" atau "Saya suka suasana budaya Jepang," saya pikir tidak apa-apa untuk mengikatnya dengan Jepang. Kita harus lebih mengakui itu," tambah Sasaki.

Wada berkata, "Asosiasi Miss Jepang terus memikirkan dan memperbarui apa artinya menjadi Jepang, dan pada akhir kompetisi tahun ini, ketua kontes berkata," Keunikan Jepang bukanlah sesuatu yang tinggal di penampilan atau darah, tetapi di hati. Saya pikir penting untuk memiliki cara berpikir, perasaan, dan hati yang peduli dengan negara dapat dikategorikan Jepang."

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #karolina #shiino #gadis #keturunan #ukraina #raih #gelar #miss #japan #munculkan #kontroversi

KOMENTAR