Calon Ibu Merapat! Simak 7 Kategori Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita
Ilustrasi: 7 kategori makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. (Pexels)
14:52
7 Oktober 2024

Calon Ibu Merapat! Simak 7 Kategori Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

– Memiliki anak tentunya menjadi salah satu harapan bagi setiap pasangan yag telah menikah, terutama bagi kaum wanita. Karena bagi mereka, anak merupakan sumber kebahagiaan di tengah keluarga kecil tersebut.

Namun, tidak semua pasangan dapat memiliki anak dengan mudah. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan wanita menjadi sulit hamil, seperti gangguan pada rahim, infertilitas pada pria, penyakit, hingga gaya hidup yang tak sehat, yaitu pola makan.

Selain karena kondisi medis, pola makan juga berperan besar dalam menjaga kesehatan, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Karena itu, mengonsumsi makanan yang sehat juga menjadi faktor penting untuk menjaga kesuburan.

Melansir laman Bunker IVF Hospital, Senin (7/10), berikut adalah 7 kategori makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

1. Makanan yang kaya asam folat

Makanan yang mengandung asam folat sangat direkomendasikan sebagai makanan peningkat kesuburan wanita. Asam folat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan mengurangi cacat saraf pada bayi baru lahir.

Makanan yang kaya akan asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, asparagus, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

2. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan asam lemak omega-3 memiliki dampak positif langsung pada kesuburan wanita. Lemak ini meningkatkan ovulasi dan menyebabkan peningkatan kadar progesteron dalam tubuh wanita.

Makanan yang kaya akan omega-3, seperti salmon, minyak hati ikan kod, tiram, ikan teri, biji rami, kacang kenari, dan kacang kedelai.

3. Makanan yang kaya vitamin D

Makanan yang kaya akan vitamin D dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil, pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Dua cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 20 menit sehari dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Makanan yang tinggi akan vitamin D, seperti bayam, kangkung, okra, kacang kedelai, dan ikan seperti tuna, makarel, salmon, telur, dan keju.

4. Makanan yang kaya vitamin C

Makanan yang kaya akan vitamin C membantu meningkatkan kadar asam askorbat dalam tubuh. Asam askorbat diketahui dapat meningkatkan produksi progesteron. Selain itu, vitamin C juga baik untuk pria yang menderita infertilitas.

Beberapa sumber vitamin C alami yang luar biasa, seperti jeruk, pepaya, ubi jalar, stroberi, tomat, dan kiwi.

5. Makanan kaya serat

Serat makanan membantu metabolisme dan pembuangan hormon berlebih seperti estrogen dan hormon lain yang tidak ditemukan di alam. Serat pada dasarnya menjaga keseimbangan dan kadar hormon darah dalam tubuh. Kelebihan hormon apa pun dapat memengaruhi kesuburan wanita.

Salah satu cara wanita dapat menjaga keseimbangan ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat untuk meningkatkan kesuburan.

Ada beberapa sumber yang dapat digunakan untuk mendapatkan asupan serat harian yang direkomendasikan.
Salah satunya adalah memasukkan biji rami ke dalam makanan Anda, atau tambahkan ke sereal atau roti. Selain itu, pisang, jeruk, apel, dan sayuran hijau juga merupakan makanan penambah kesuburan yang kaya serat.

6. Makanan yang kaya akan protein nabati

Protein yang berlebihan dari sumber berbasis daging dapat meningkatkan kemungkinan infertilitas pada wanita. Protein berbasis tumbuh-tumbuhan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan berpotensi meningkatkan kesuburan.

Protein nabati juga membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu Anda mempertahankan berat badan ideal.
Makanan sumber protein nabati yang meningkatkan kesuburan pada wanita, seperti kacang lentil, buncis, almond, quinoa, kacang tanah, kedelai, dan tempe.

7. Makanan yang kaya lemak alami dan rendah lemak trans

Menurut sebuah penelitian oleh Harvard School of Public Health, wanita yang mengonsumsi lebih banyak lemak trans jauh lebih menderita masalah terkait ovulasi daripada wanita yang secara aktif menghindari lemak trans.

Lemak trans, seperti dalam keripik kentang, gorengan, kari berminyak, pizza, kue, dan semua makanan cepat saji.

Hindari lemak trans dan makanan cepat saji. Sebaliknya, perkaya tubuh dengan makanan yang meningkatkan kesuburan dan lemak sehat, seperti santan, alpukat, telur utuh, dan kacang-kacangan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #calon #merapat #simak #kategori #makanan #untuk #meningkatkan #kesuburan #wanita

KOMENTAR